Siapa Bilang Stroke Itu Mendadak? Kenali Isyaratnya!

18 January 2010

Nomor Tiga

Rasanya tak ada yang tak kenal stroke. Penyakit ini sering disebut-sebut sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Hal ini memang benar, karena stroke memegang kedudukan nomor tiga setelah kanker dan jantung. Data statistik di Amerika menyebutkan terdapat 700.000 kasus stroke baru setiap tahunnya. Ini artinya setiap 45 detik, ada satu orang Amerika yang terkena stroke. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada 500.000 penduduk terkena stoke. Dari jumlah tersebut, 2,5%-nya meninggal dan sisanya cacat ringan maupun berat. Tingginya tingkat kejadian penyakit ini sudah sewajarnya membuat kita waspada dan berusaha untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

 

Apa Itu Stroke?

Stroke termasuk penyakit kardiovascular yang mempengaruhi peredaran darah ke otak. Apabila terjadi stroke, maka bagian tertentu dari otak tidak mendapatkan aliran darah atau oksigen. Lambat laun bagian otak tersebut akan menjadi inactive atau mati. Akibatnya bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak tersebut tidak dapat bekerja secara baik atau ikut menjadi inactive.

Secara praktis, serangan stroke ini dapat dibagi dua. Pertama, Ischemic Stroke yang disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir lancar ke otak. Penyumbatan ini terjadi akibat adanya timbunan lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh menyempit. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini. Kedua, hemorrhagic stroke yang disebabkan pembuluh darah melemah dan kemudian pecah sehingga darah mengumpul di daerah sekitar otak tersebut. Hampir 70 persen kasus haemorrhagic stroke terjadi pada penderita hipertensi.

 

Ministroke, Isyarat Stroke

Tak banyak yang tahu tentang mini stroke, padahal sebetulnya sebelum stroke terjadi, tubuh telah memberikan isyarat berupa mini stroke. Mini stroke atau yang disebut juga Transient Ischemic Attacks (TIA) memberikan tanda-tanda yang sama pada saat terjadinya ischemic stroke. Hanya saja penyumbatan (blood clot) tidak berlangsung lama dan hilang begitu saja. Sesudah itu mekanisme tubuh kembali normal. TIA terjadi biasanya sekitar kurang lebih 5 menit dan tidak menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang yang pernah mengalami stroke sepertiganya telah mengalami pendahuluan berupa ministoke dalam kurun waktu 7 hari sebelum serangan terjadi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa itu mini stroke. Oleh karena itu, jika Anda merasakan salah satu atau lebih gejala di bawah ini, segeralah ke dokter untuk mendapat perawatan :

1. Mati rasa atau merasa lemas di bagian muka, lengan atau kaki secara mendadak, terutama di satu sisi tubuh saja
2. Kesulitan untuk berbicara, mengerti, atau bingung secara tiba tiba
3. Kesulitan untuk melihat dengan satu atau dua mata secara mendadak
4. Kesulitan berjalan, pusing atau hilangnya keseimbangan/koordinasi tubuh secara mendadak
5. Pusing yang timbul secara mendadak tanpa penyebab yang jelas

 

Masih Bisa Sembuh

Stroke merupakan persoalan yang serius karena dampaknya yang tak ringan. Dampak penyakit ini bervariasi, tergantung pada lokasi penyumbatan dan seberapa banyak jaringan otak yang terpengaruh. Kerusakan yang parah bisa menimbulkan kematian, sedangkan kerusakan yang permanen akan menimbulkan gangguan mulai dari penglihatan, bicara, bahasa, kelumpuhan, kordinasi tubuh, penurunan kemampuan kognitif sampai kehilangan memori.

- Stroke di Otak Kanan Stroke di Otak Kiri
- Paralysis di sisi kiri tubuh Paralysis di sisi kanan tubuh
- Masalah penglihatan Kesulitan berbicara
- Mempunyai sikap cepat, banyak ingin tahu Mempunyai sikap berhati hati, lamban
- Hilang memori Hilang memori


Lalu apakah penderita stroke masih bisa sembuh secara sempurna? Menurut penjelasan dr. Sutarto Pd, SpS, dokter spesialis syaraf dan konsultan neurologi RSPAD Gatot Subroto dalam suatu media, penderita stroke masih dapat sembuh secara sempurna asalkan ditangani dalam jangka waktu 6 jam atau kurang dari itu. Namun, bila lewat dari waktu tersebut tindakan yang perlu dilakukan adalah pemulihan. Tindakan pemulihan ini penting untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke.

Dr Ng Yee Sien, konsultan dari Departemen Pemulihan di Rumah Sakit Umum Singapura menyebutkan bahwa upaya untuk memulihkan kondisi kesehatan penderita stroke sebaiknya dilakukan secepat mungkin, idealnya dimulai 4-5 hari setelah kondisi pasien stabil. Tiap pasien membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pasien. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan.

Stroke seringkali menyebabkan penderitanya mengalami stres dan depresi, bahkan beberapa dari mereka berusaha memungkiri dirinya sendiri bahwa mereka menderita stroke. Untuk itu dukungan dari keluarga, shabat dan rekan-rekan sangat dibutuhkan dalam proses pemulihan ini (lis/ptr)

Recent Posts

Tags



Comments

  1. khoirun nisa

    May 8, 2012, 12:20 am

    ayah saya menderita stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah pada otak bagian kanan sehingga tangan dan kaki kiri tidak dapat digerakkan.
    Treatment seperti apa yang tepat untuk dilakukan agar ayah saya dapat sembuh?
    Berapa besar harapan untuk kesembuhannya? terima kasih, mohon dijawab..

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Dear Nisa,
    Seperti penjelasan pada artikel diatas maka tindakan yang perlu dilakukan adalah pemulihan. Tindakan pemulihan ini penting untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke. Dan utk hal ini bisa kamu konsultasikan dengan ahli medis terkait ya..

    Salam,
    Tropicana Slim

  2. matius kristia

    November 9, 2012, 10:28 pm

    mohon dijelaskan tindakan pemulihan bagi stroke ringan

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Dear Matius,
    Untuk pemulihan stroke, Kami sarankan untuk memperbaiki gaya hidup sehat. Namun untuk info selangkapnya silahkan konsultasi dengan ahli medis terkait untuk mendapatkan treatment terbaik yang sesuai dengan kondisi tsb.

    Salam,
    Tropicana Slim

  3. michael

    November 10, 2012, 7:20 pm

    Apakah pecahnya pembuluh darah di otak, harus di operasi supaya sembuh ?
    Terima kasih infonya.

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Dear Michael,
    Mengenai hal ini silahkan konsultasikan langsung dengan ahli medis terkait ya.

    Salam,
    Tropicana Slim

  4. Rahimi Adullah

    November 22, 2012, 2:57 pm

    saya hadapi stroke sudah 3 tahun, jalan tidak stabil,mata keras,otak denyut dan sakit kepala siang/mlm kanan sahaja.(stroke kanan). bagaimana hendak hilang sakit kepala.

  5. admintropicana

    November 22, 2012, 5:09 pm

    @Rahmi Adullah: Pertanyaanmu sudah Kami balas via email ya. Silahkan di check.

    Salam,
    Tropicana Slim

  6. hangestiya

    December 9, 2012, 5:21 pm

    masih ada harapan untuk sembuhkan ??
    sdh bnyk usaha dilakukan tp hasil nihil ..
    gmn dg sakit perut yg sampai terasa panas ??
    muntah2, buang air besar darah ??
    mimisan ,, pusing di setap malam ,, dan sering merasa lemas ??

  7. admintropicana

    December 10, 2012, 1:18 pm

    @Hangestiya : Pertanyaanmu sudah di balas via email ya.

    Salam,
    Tropicana Slim

  8. angel

    December 27, 2012, 12:24 pm

    sebenarnya kenapa peredaran darah ke otak bisa tidak lancar?
    kl karena timbunan lemak di darah,saya tidak gemuk.bahkan berat saya hanya 40kg. saya masih umur 21tahun.Tapi saya amat sering mengalami 4gejala dr mini stroke tsb…
    mohon bantuannya.

  9. admintropicana

    December 27, 2012, 4:32 pm

    @Angel : Jawaban dari pertanyaanmu sudah Kami kirim via email ya. Silahkan di check.

    Salam,
    Tropicana Slim

  10. anugrahsuci

    January 10, 2013, 6:03 pm

    mama saya sudah dari bulan 5/2012 stroke, pecah pembulkuh darah, d operasi sebelah kanan, dan efeknya sbelah kirinya lemah,tangan dan kaki kirinya kaku. sampai saat ini masih melakukan fisioterapi drumah, namun belum banyak kemajuan, karena masih belum bs bergerak juga. bagaimana pengobatan yang tepat bwt mama saya..

    terimaksih banyak

  11. admintropicana

    January 14, 2013, 5:29 pm

    @Anugrah : Tropicana Slim kirim saran ke email mu. Coba di check ya 🙂

    Salam,
    Tropicana Slim

  12. wempy

    January 25, 2013, 1:33 am

    hidup sehat yang harus dijalankan apa aja? makan2an yang baik untuk pemulihan apa aja. tks

  13. admintropicana

    January 25, 2013, 3:51 pm

    @Wempy : Penjelasannya Tropicana Slim kirim via email ya. Terimakasih.

    Salam,
    Tropicana Slim

  14. rony yuda

    February 13, 2013, 10:54 pm

    mau tanya, bila sebelumnya sudah menderita stroke apakah kecapekan itu dapat menyebabkan serangan stroke kembali muncul?
    makasih..

    1. admintropicana

      February 14, 2013, 6:30 pm

      @Rony: penjelasannya Kami sampaikan via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  15. hirosima

    February 20, 2013, 5:35 pm

    kasus nya sama dengan yg di atas, stroke sudah 2 tahun jalan tidak seimbang, kaki kanan tangan kanan sangat lemah, bisa bergerak namum tidak ada tenaga untuk pegang gelas, apa masih dapat di sembuh kan? tolong di email kan

    1. admintropicana

      February 21, 2013, 3:36 pm

      @Hirosima : sudah Kami email ya. Silahkan di check 🙂

      Salam,
      Tropicana Slim

    2. suci

      April 28, 2013, 9:28 pm

      Ibu saya juga mengalami hal yang sama, tangan dan kaki sebelah kanan sangat lemas, mohon sarannya

  16. Shinta

    February 20, 2013, 9:18 pm

    Menjelang tidur semalam, saya tiba-tiba lupa mendadak dengan apa yang saya sedang pikirkan sedetik sebelumnya. keadaan ini terjadi sekitar beberapa menit. setiap saya mencoba memikirkan sesuatu, otak saya tidak dapat memberikan informasi apa yang sedang saya pikirkan sedetik sebelumnya. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Apakah ini juga salah satu isyarat stroke? Mohon bantuan jawabannya. Terima kasih

    1. admintropicana

      February 22, 2013, 1:19 pm

      @Shinta : Kami coba bantu jelaskan via email ya..

      Salam,
      Tropicana Slim

  17. prawiro

    February 23, 2013, 7:29 am

    Sudah 2 bln trahr tangan kiri sya sperti di ikat. Terasa panas seperti tdk ada lagi aliran darah masuk k tangan, dan sesekali aga susah bicara. Apa itu tnda stroke? Truz bgmana cara mengatasinya. Mksh sblumnya.

    1. admintropicana

      February 23, 2013, 2:52 pm

      @Prawiro : penjelasannya Kami sampikan via email ya. Silahkan di check.

      Salam,
      Tropicana Slim

  18. andy

    February 28, 2013, 10:55 pm

    Selamat Malam Dok..
    Ibu saya baru 3 hari terkena stroke..
    Hasil diagnosa ct scan terdapat penyumbatan
    pada otak sebelah kiri tetapi tidak
    sampai batang otak.. Bagian tubuh
    sebelah kanan tidak berfungsi.. Mohon sarannya utk langkah-2 fisio terapi di rumah apa
    yang harus dilakukan karena ibu saya di rawat di rumah sehingga bisa
    kembali normal..
    Sebelum dan sesudahnya saya
    mengucapkan terima kasih.

    1. admintropicana

      March 1, 2013, 5:42 pm

      @Andy: Setiap penderita stroke membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Informasi selengkapnya kami infokan via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  19. irianto

    March 4, 2013, 10:35 am

    saya penderita stroke sebulan yg lalu keluar dari RS. dampak fisik yg saya alami saat ini, jari tangan sebelah kiri tidak dapat digerakkan. untuk menormallkan kembali fungsi jari tangan saya, bisakah dilakukan dengan terapi pijat reflexy, terapi urut dll?. terima kasih jawabannya

    1. admintropicana

      March 4, 2013, 8:30 pm

      @Irianto : Pendapat Kami, kami kirim ke emailmu ya..

      Salam,
      Tropicana Slim

  20. wawan

    March 5, 2013, 11:34 pm

    Selamat malam dok. Saya mengalami kesemutan pada lengan dan kaki seblah kiri, juga rasa lemas pada bagian tersebut. Pada kepala sebelah kiri saya rasakan sakit pada satu titik seperti di tusuk. Apakah hal tersebut merupakan gejala stroke? mohon bantuannya, terima kasih.

    1. admintropicana

      March 7, 2013, 4:12 pm

      @Wawan: Gejala stoke sangat beragam. informasi selengkapnya silahkan check emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  21. ari

    March 6, 2013, 11:43 pm

    Ibu saya mengalami mati rasa di kaki kanan, dan juga susah untuk menelan, apakah itu termasuk gejala stroke? Bagaimana cara penyembuhannya, terutama agar bisa menelan makanan dengan lancar

    1. admintropicana

      March 7, 2013, 4:13 pm

      @Ari: Mati rasa dan kesulitan menelan memang merupakan salah satu gejala awal stroke (ministroke). Info selengkapnya silahkan check di emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  22. wandy

    March 17, 2013, 12:46 am

    Selamat malam,

    Mama saya sudah hampir 1 tahun, terkena serangan stroke, penyumbatan otak sebelah kanan, biasanya mama saya masih bisa berbicara dengan lancar, tetapi 2 hari yang lalu, mama saya seperti hilang ingatan, sulit mengucapkan kata-kata yang sederhana, sering sakit kepala dan susah tidur saat malam hari, pertanyaan saya, apakah penyebab nya dan bagaimana cara menanganinya, terimakasih

    1. admintropicana

      March 18, 2013, 9:43 am

      @Wandy: Stroke merupakan penyakit kardiovascular yang mempengaruhi peredaran darah ke otak. Akibat yang ditimbulkan beragam. Info selengkapnya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  23. Ririn

    March 17, 2013, 7:29 pm

    apakah penderita stroke (peceh pembuluh darah)n disertai jantung yang bekek bisa membawa penyajit komplikasi lainnya seperti radang paru dan pendarhan lambung? sehingga hal ini memperburuk kondisi pasien? mohon penjelasannya, ayah saya mengalami hal itu. Kemungkinan sembuh berapa persen dok? terimakasih

    1. admintropicana

      March 18, 2013, 10:49 am

      @Ririn: Dampak penyakit stroke bervariasi, tergantung pada lokasi penyumbatan dan seberapa banyak jaringan otak yang terpengaruh. Info selengkapnya silahkan check emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  24. tingting

    March 21, 2013, 12:24 pm

    saya wanita umur 50 thn, saya agak overweight, rutin minum obat darah tinggi dan kolestrol walau kolestrol sy diambang batas saja. darah tinggi saya juga cuma 140 dan saya merasa gak nyaman,jadi kalau minum obat darah tinggi rutin, saya tensinya cuma 110-120 dan saya merasa nyaman
    saya sering mengalami kram kaki kanan,betis kanan dan tangan kanan kadang ngilu2 terutama bagian pundak kanan
    apakah ini gejala stroke?? mohon penjelasannya makasih

    1. admintropicana

      March 21, 2013, 1:00 pm

      @Ting Ting : penjelasannya kami balas via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  25. Puan Noor Bt Ismail

    March 25, 2013, 12:11 am

    Salam dok,tanggal 7 mac.suami saya kena strok ringan,sebalah otak kiri disahkan doktor sel otaknya mati,ganguan mata kanannya terganggu terutamanya disiang hari…jika buka dua2 belah mata,dia akan nampak dua objek,memorinya terganggu,kadang2 off,adakalanya memorinya bagus.saya nak tahu lama mana ia akan pulih.hari ke 3 semasa kejadian dia bisa bicara lancar.fizikal ok.mohon di jawab.thanks…

    1. admintropicana

      March 25, 2013, 9:00 am

      @Puan : Penderita stroke masih dapat sembuh secara sempurna asalkan ditangani secepat mungkin dalam jangka waktu tertentu. Info selengkapnya silahkan lihat di email mu ya 🙂

      Salam,
      Tropicana Slim

  26. Titan Eka Tilamaya

    March 25, 2013, 10:06 am

    Dear dokter,
    Seminggu yg lalu ayah sy tiba2 seperti pikun, kejadian yg baru saja dialami jd lupa semua. Sudah dikonsultasikan dokter dan dilakukan CT Scan, ternyata hasilnya ada penyumbatan di otak besar. Oleh dokter sudah diberi obat (sy lupa obatnya apa saja). Resikonya stroke dan harus berhati2 agar tidak boleh jatuh.
    Sy tidak tau berapa persen penyumbatan krn kebetulan tidak mendampingi saat konsultasi. Namun dokter menyarankan agar 5 hari setelah ini harus dilakukan CT Scan kembali.
    Yg saya tanyakan:
    1. Bagaimana cara untuk kembali melancarkan pembuluh darah yg indikasinya tersumbat dan butuh berapa lama, dok?
    2. Apakah Quacker Oat terbukti berhasil untuk menurunkan kolesterol (krn kolesterol ayah sy kmrn 256)? Makanan apa saja yg boleh dikonsumsi ayah sy, dok?
    3. Terapi apa saja dan perlakuan apa saja yg sebaiknya dilakukan untuk berobat jalan, dok?
    4. Bagaimana kemungkinan untuk penyembuhan penyakit tsb?
    Terima kasih banyak atas saran dr dokter. Sy sangat menunggu e-mail balasannya.
    Salam sehat,
    Titan Eka Tilamaya

    1. admintropicana

      March 25, 2013, 10:30 am

      @Titan : Tindakan pemulihan sangat penting dilakukan untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke. Namun setiap penderita membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Penjelasan selengkapnya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  27. steven

    March 25, 2013, 7:04 pm

    apakah hasil ct scan dapat memberikan informasi bahwa seseorang sudah pernah beberapa kali terkena mini stroke. terima kasih

    1. admintropicana

      March 26, 2013, 8:53 am

      @Steven : Hasil CT Scan pada orang yang sudah pernah mengalami mini stroke memang menunjukkan adanya penyempitan pembuluh darah akibat plak-plak, sehingga mungkin bisa menjadi info mini stroke yang pernah terjadi.

      Salam,
      Tropicana Slim

  28. wandy

    March 27, 2013, 8:27 pm

    saya mau tanya lagi, mamah saya sejak serangan ke2, seperti kehilangan memori nya, apakah ada terapi yang mampu untuk mengembalikan memori mama? jika ada, terapi apa yang harus saya cari, thx

  29. descha polii

    March 29, 2013, 9:24 pm

    Malam Dok, sy ingin bertanya. Apakah hasil CTscan itu dapat dikatakan akurat ? ayah sy mengalami stroke,hasil ctscan menyatakan adanya penyumbatan di otak sebelah kanan. Sisi sebelah kiri pd tangan bisa merasa sentuhan tapi tidak kuat mengangkat.kakipun demikian.kepala pusing,mata tdk bisa focus jika melihat satu titik,bicara jelas,tapi agak sedikit mbelibet. Tekanan darah paling stabil 140/90 , 150/100, ( paling tinggi 190/130(hanya 1x saja). ), apakah itu krn hipertensi? Atau adakah faktor lain yg jadi penyebabnya ya? Sekian, terimakasih atas jawabannya dok.

    1. admintropicana

      March 30, 2013, 9:14 am

      @Descha : CT Scan merupakan satu jenis pemeriksaan penunjang medis yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Info selengkapnya silahkan check emailmu ya

      Salam,
      Tropicana Slim

    2. Nanang Kustantiyo

      May 12, 2013, 8:45 pm

      Pagi Dok
      Saya menderita Stroke sebelah kiri 2 bulan yang lalu waktu itu tensi 110-170 (saya punya riwayat hipertensi kira-kira sudah 2 tahunan. alhamdulillah sekarang saya bisa mandi dan berjalan pelan-pelan, tapi rasanya kaku, kadang kepala tegang kala ada yang tidak dicocoki baik waktu melihat atau mendengar sesuatu.
      yang saya tanyakan
      1. Apakah sumbatan di pembuluh darahku sudah hilang atau bisa tersumbat lagi?
      2. Bagaimana supaya kakunya kaki tangan bisa hilang? carrannya gimana Dok.
      3. Berapa bulan normalnya saya boleh beraktifitas seperti menyetir mobil dan motor?
      4. Saya takut kena serangan kedua. Gimana Dok

      1. admintropicana

        May 16, 2013, 1:44 pm

        @Nanang: Kamu mungkin saja bisa sembuh seperti sedia kala, tetapi memang membutuhkan proses. Selengkapnya check emailmu ya.

        Salam,
        Tropicana Slim

  30. Kliyem

    April 5, 2013, 7:28 am

    paha kaki saya serasa mati rasa sudah sekitar 6 bulan

    kata dokter karena penymbatan pembuluh darah, apakah saya mempunya resiko stroke ?
    jika ada resiko, tingikah kemungkinannya ?

    1. admintropicana

      April 5, 2013, 8:53 am

      @Kliyem : Mati rasa atau merasa lemas di area kaki memang merupakan salah satu gejala mini stroke. Namun utnuk memastikannya segeralah ke dokter/ ahli medis terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

      Salam,
      Tropicana Slim

  31. Wito

    April 9, 2013, 9:01 am

    Saya menderita sakit kepala 3 hari,saat diperiksa dokter dia bilang “pembuluh darah otak sedikit”apakah ini sama dengan stroke ?mohon balasanya,makasih

    1. admintropicana

      April 9, 2013, 9:31 am

      @Wito: Pembuluh darah otak yang sedikit tidak sama dengan stroke. Info selengkapnya check emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  32. r0ndack

    April 14, 2013, 9:58 pm

    sebenarx apakah ada perbedaan antara stroke kanan dan kiri dlm tingkat kesembuhanx, mksd saya harapan yg ada ??
    krn beraneka ragam opini yg bredar di masyarakat ada yg bilang kiri lebih mungkin di sembuhkan ada yg bilang kanan lbh bsr harapanx..
    trimaksh

    1. admintropicana

      April 15, 2013, 8:41 am

      @Rondack: Informasi yang kamu terima tidak benar. Penjelasan selengkapnya kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  33. steven

    April 17, 2013, 11:38 am

    Yth Pengelola ,
    salam kenal, saya terkena stroke diawal tahun 2012, sempat terbiarkan slama 12 jam karena dibawa ke rumah sakit yg salah ( tidak memiliki dokter ahli syaraf dan fasilitas penanganan stroke) sebelum dibawa ke rmh sakit yg tepat. Saya dirawat inap slama +/- 20 hari dengan terpasang selang makanan di mulut krn blum mampu menelan makanan. Saat ini sudah lebih dari 1 tahun sisi sebelah kiri saya masih lumpuh meski sudah bisa berjalan menggunakan tongkat ceker ayam ( kaki kiri/ yg lumpuh bisa diangkat tapi blum kuat menopang badan, sedangkan tangan kiri blum bisa digerakkan sama sekali, walau tidak sekaku dulu krn skr sdh bisa terjuntai lemas.

    Saat ini usia saya +/- 34 tahun. Pertanyaan saya, apakah ada eks pasien stroke dgn kondisi/ kasus yg sama atau lebih parah dari saya yg telah pulih sempurna?, setidaknya bisa mandiri dan tanpa bantuan tongkat atau alat lain? Metode apa yg bisa disarankan kpd saya?
    Sebelumnya terimakasih banyak Pak/Ibu atas waktunya merespon surat ini.

    1. admintropicana

      April 17, 2013, 12:11 pm

      @Steven : Tingkat recovery atau kesembuhan stroke ditentukan oleh tingkat keparahan stroke yang terjadi, kecepatan penanganan (semakin cepat semakin baik), kemampuan tim terapis dan keinginan untuk sembuh penderita stroke itu sendiri. Namun karena kondisi setiap individu berbeda-beda, maka sebaiknya konsultasikan dengan ahli medis terkait ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  34. dody irawan

    April 17, 2013, 1:01 pm

    saya terkena stroke tgl 7 februari lalu.dirawat seminggu.masuk ICU 2 hari.karena ada pendarahan di otak kanan saya.setelah seminggu di rumah sakit.hasil CT Scan saya mengekil.dan diperboleh kan pulang.pertengan maret lalu.saya cek kembali.hasil CT Scan saya sudah tidak ada pendarahan.
    pada serangan dan setelahnya.saya masih bisa menggerakan anggota badan saya baik kaki atau tangan.tetapi berkurang dalam pengontrolannya.dan sensorik saya berkurang.
    saya mau tanya..walaupun motorik dan sensorik saya sudah sangat membaik dalam peningkatannya.kenapa dalam 2-3 minggu ini ada rasa panas di sisi luar tangan kiri saya dan kaki saya terutama di lutut.bisa dibantu infonya penghilangnya ataupun menguranginya.
    oh iya..utk info usia saya 35 tahun.,dan saat kena serangan , sy tidak pusing dsbnya.dan saya sedang nyetir saat itu.
    tks,
    salam utk semua

    1. admintropicana

      April 18, 2013, 12:28 pm

      Hai Dody,

      Penjelasan selengkapnya kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  35. ifa

    April 20, 2013, 10:54 am

    Selamat Pagi Dok, Beberapa tahu yang lalu Bapak saya pernah mengalami Stroke ringan dan sekarang secara fisik sudah sembuh tapi dampak setelah itu bapak saya sering mengalami sakit kepala dan katanya kepalanya terasa berat padahal terkadang tensi tidak terlalu tinggi dan obat hypertensipun hampir sering dikonsumsi, apa penyebab sakit kepalanya ! apakah disebabkan msh adanya penyubatan pada otak ?

    1. admintropicana

      April 21, 2013, 12:29 pm

      Hai Ifa,

      Penjelasan selengkapnya kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  36. yudianto

    April 22, 2013, 7:54 pm

    saya sering merasa pusing dan lemas,,sampai kadang terasa kebas sebelah badan kiri,kebanyakan kalo saya ngangkat barang yang berat…apakah itu termasuk strokemini.?…terimakasih

    1. admintropicana

      April 23, 2013, 11:15 am

      Hai Yudianto,

      Penjelasan selengkapnya kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

      1. dandy

        May 4, 2013, 11:02 am

        tangan kiri sy sangat lemas , dan tidak bisa diperintah sesuai yg sy mau…. baru 2 hari yg lalu sampai detik sy post commentke tropicana slim ini . jika sy mau memeriksakan diri…. harus kemana nih ?? sy sangat merasa tdk nyaman dengan keadaan sy ini….tolong saran dan pndt nya dong. mksh sesudah dan sebelumnya 🙂

        1. admintropicana

          May 16, 2013, 1:55 pm

          @Dandy: Tangan yang terasa lemas, dan kehilangan koordinasi memang merupakan gejala dari stroke, tapi dapat juga menjadi tanda lain. info selengkapnya check email ya.

          Salam,
          Tropicana Slim

  37. jessisca

    April 25, 2013, 7:54 pm

    Papa saya sudah kena serangan stroke 3x. Skrg lumpuh setengah badan sebelah kiri. Suda fisioterapi tp blum ada perubahan. Bgm pengobatan yg tepat untuk memulihkan kondisinya?dan juga matanya merah dansering terasa perih,apa sebabnya dan sebaiknya apa yang hrs dilakukan?terima kasih.

    1. admintropicana

      April 30, 2013, 4:02 pm

      @Jessica: Untuk mencegah terjadinya serangan stroke berulang, Kamu dapat mulai perlahan-lahan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Beberapa tips lainnya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  38. jhelJulian

    April 28, 2013, 10:56 am

    Dok…Sy punya nenek…
    kata dokter SpS dan SpD
    Stroke…Trus dri hsil CT Scan pecah pembuluh darahnya…mengakibtkan lumpuh pd tangn kanan dan Kaki kanan..kira2 lgkah buat memulihkn apa ajj pak….??

    1. admintropicana

      May 1, 2013, 10:37 am

      @Jhel: Di saat pasca-stroke memang dapat terjadi efek yang berbeda-beda untuk setiap individu. Hal ini tergantung banyak hal, termasuk keparahan stroke, bagian yang terkena stroke dan kondisi kesehatan nenek kamu sebelum terkena stroke. Info selengpanya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  39. Nuni Yustini

    May 1, 2013, 1:58 am

    bulan september 2012 ayah saya terkena stroke ringan kaki kiri dan tangan kiri sulit bergerak serta mulut berbicara. setelah melakukan pengobatan secara medis yang begitu panjang Alhamdulillah sekarang sudah pulih kembali. tangan kiri dan kaki kirinya sudah bisa digerakkan,begitupun dapat berbicara dengan baik.
    Namun kemarin ini ayah saya mengalami sakit di bagian kaki kiri tepatnya bagian alas kaki, apakah itu ada hubungannya dengan stroke ayah saya sebelumnya?
    minta saran juga untuk perawatan sehabis mengalami stroke, seperti gaya hidup, apa saja yang mesti dilakukan dan makanan serta minuman apa yang boleh (harus) dan yang tidak boleh. makasih dok sebelumnya. ditunggu sekali jawabannya..

    1. admintropicana

      May 1, 2013, 10:32 am

      @Nuni: Penjelasannya Kami kirim ke email mu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  40. Marisan

    May 7, 2013, 3:50 pm

    Maaf saya penderita stroke, saya mengalami serangan pada maret 2012 yang membuat tubuh sebelah kiri lumpuh. Sekarang sudah dapat di gerakan tapi tangan dan kaki kiri masih kram sehingga kaku saat di gerakan. Selaput mata kanan jg turun hingga menutup bola mata sehingga mengalami gangguan penglihatan. Terapi apakah yg dapat saya lakukan terimakasih atas saran dan bantuannya.

    1. admintropicana

      May 16, 2013, 1:12 pm

      @Marisan: Untuk sekarang, kamu dapat mulai perlahan-lahan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, diantaranya dengan menghindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng, istirahat cukup, dsb. Selengkapnya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  41. andyra

    May 8, 2013, 4:39 pm

    ayah saya kena stroke hemoragik, pecah pembululuh darah sebelah kiri, bagian extremitas normal gx ada yg lumpuh, tp mengalami kesulitan bicara dan seperti orang amnesia…
    Penanganan yg tepat bagaimana ya? Mohon pencerahan…
    Ayah saya kena stroke’y baru 10hri ini…

    1. admintropicana

      May 16, 2013, 1:18 pm

      @Andyra: Ayah kamu mungkin saja bisa sembuh seperti sedia kala, tetapi memang membutuhkan proses. Info selengkapnya check emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  42. Rudolf

    May 10, 2013, 2:47 pm

    Dear Tropicana Slim,
    Ayah saya mengalami stroke 9 bulan lalu akibat pecah pembuluh darah menyebabkan bagian sebelah kiri tubuhnya, terutama tangan dan kaki tidak dpt digerakkan. selain itu juga menderita hipertensi dan diabetes. Seminggu setelah serangan, sudah diijinkan dokter menjalani pemulihan di rumah. Berbagai terapi dan obat sudah dilakukan, tapi tidak banyak perubahan.
    Mohon penjelasannya, metode pengobatan/pemulihan yang tepat untuk ayah saya. Apakah dari gejala serangan, dokter dapat langsung membedakan antara stroke yang disebabkan penyumbatan dengan pecah pembuluh darah? Terima kasih atas bantuannya.

    1. admintropicana

      May 16, 2013, 1:41 pm

      @Rudolf : penjelasannya Kami kirim via email. Silahkan di check ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  43. Talhah Lukman Ahmad

    May 10, 2013, 7:12 pm

    Ayah saya mengalami stroke. sudah dua kali dirawat. Awalnya mulai membaik namun akhir-akhir ini beliau tidak bisa berkomunikasi dengan baik, berbicara terbata-bata dan kehilangan memori/ingatannya. Apakah dapat sembuh seperti sedia kala ? bagaimana pula penanganannya ? Mohon informasinya. Terima Kasih.

    1. admintropicana

      May 16, 2013, 11:45 am

      @Talhah: Penjelasannya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  44. try sano manalu

    May 13, 2013, 10:55 pm

    sekitar 1 tahun yg lalu ibu saya tiba-tiba kurang enak badan pada sore hari, terus pada malam hari nya sekitar jam 10 an ibu saya pengen ke kamar mandi tapi ntah knapa ibu saya tidak bisa menggerakkan badan nya ,badan sebelah kirinya lumpu total hingga skarang apa yg menyebab kan hal itu apa kah itu struk??

    1. admintropicana

      May 16, 2013, 11:15 am

      @Try: informasi selengkapnya kami kirim ke email mu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  45. ervan m

    May 24, 2013, 6:29 pm

    mau tanya,
    kenapa kok ayah saya tiba2 bisa hilang ingatan. Apakah itu salah satu gejala stroke?
    Ayah saya habis kerja trus kecapekan.

    1. admintropicana

      August 13, 2013, 2:18 pm

      @Ervan : Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh stroke ialah kehilangan ingatan. Namun kehilangan memori/kehilangan ingatan bisa disebabkan banyak hal seperti otak yang mengalami kerusakan trauma, penyakit, faktor usia dsb. Selengkapnya Kami kirim ke emailmu. Silahkan di check.

      Salam,
      Tropicana Slim

  46. adi

    May 27, 2013, 8:14 am

    Saya sering merasa tubuh sy tidak stabil saat berjalan… dan kadang terasa tegang di bagian kepala belakang terutama bagian tengkuk… n tekanan darah sy pernah nyampe 150/100 kira2 apa ya penyebabnya dok….? sekedar info sy beraktivitas bekerja di depan komputer, dok sehari bisa sampe 4 ato 5 jam…. apakah mgkn krn pengruh aktivitas sy yg kebanyakan di depan komputer…??

    1. admintropicana

      August 13, 2013, 2:27 pm

      @Adi : Jika dilihat dari aktivitasmu kemungkinan tegang di bagian kepala belakang yg kamu rasakan dikarenakan otot yang menegang dan menyebabkan aliran darah tidak lancar. Beberapa tips Kami kirim ke emailmu.

      Salam,
      Tropicana Slim

  47. mujiono

    May 28, 2013, 9:53 pm

    saya sering kesemutan keala pusing nglihat tidak fokus…

    1. admintropicana

      May 30, 2013, 9:45 am

      @Mujiono: Jika kamu saat ini merasakan gejala seperti sering kesemutan di bagian kepala dan melihat dengan tidak focus, mungkin saja merupakan gejala struk. Namun selengkapnya kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  48. reny

    May 30, 2013, 4:19 pm

    selamat sore.
    bapak saya sakit stroke dan sudah 10 hari d rawat di rumah sakit. tapi sampai sekarang belum ada perkembangan, masih belum bisa bicara dan menggerakkan tubuh bagian kanan. apa perlu dilakukan tindakan operasi ? dan jika dilkakukan kira-kira berapa persen tingkat keberhasilannya ?
    terima kasih.

    1. admintropicana

      June 4, 2013, 9:09 am

      @Reny: Untuk perlu atau tidaknya tindakan operasi, kamu bisa konsultasikan dengan pihak medis yang merawat ayahmu, karena tiap pasien membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pasien.

      Salam,
      Tropicana Slim

  49. aya dwiputra

    June 3, 2013, 7:36 pm

    ibu saya tiba2 mengalami lupa atas keadaan yang baru saja terjadi. misal: baru saja mandi tp lupa sudah mandi atau belum, baru saja minum tp malah menanyakan gelas yang ada dihadapannya punya siapa, bsru saja menanyakan sesuatu hal beberapa saat kemudian menanyakan lagi hal yang sama. apakah ini juga gejala ministroke? ke dokter specialis apa yang pas untuk konsultasi? atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    1. admintropicana

      June 4, 2013, 9:37 am

      @Aya: Penjelasannya Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  50. reggi renaldy

    June 10, 2013, 9:56 pm

    saya sering merasakan pusing yang amat sakit di kepala terutama kepala belakang dan biasanya sering secara tiba” dan pulihnya bisa beberapa jam, lalu saya sering merasakan badan mendadak lemas pandangan agak kabur,jantung terpacu cepat. apakah itu tanda” dari stroke ?
    terima kasih

    1. admintropicana

      June 13, 2013, 8:50 am

      @Reggi: penjelasannya cek di email mu ya 🙂

      Salam,
      Tropicana Slim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *