Selain Menyenangkan, Bersepeda Miliki Segudang Manfaat

22 July 2020

Anda mungkin sering melihat, beberapa rekan Anda akhir-akhir ini membagikan aktivitas bersepeda akhir pekan di media sosialnya. Atau bahkan Anda juga salah satunya?

Bersepeda menjadi salah satu olahraga  favorit saat pandemi ini karena selain menyenangkan, bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

 

  1. Bersepeda meningkatkan aktivitas fisik harian

Bersepeda dapat meningkatkan aktivitas fisik harian kita, yang mana aktivitas fisik ini pada dasarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut sebuah review tahun 2016, mereka dengan aktivitas fisik yang tinggi memiliki resiko terkena penyakit kardiovaskular, stroke, kanker usus, dan kanker payudara yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki aktivitas fisik rendah.

 

  1. Turunkan risiko terkena diabetes.

Luangkan waktu minimal 60 menit untuk bersepeda di akhir pekan setiap minggu, maka Anda sudah menurunkan risiko diabetes hingga 28%. Tentunya dengan tetap menjaga asupan gula harian, ya.

 

  1. Meningkatkan performa olahraga dan kapasitas jantung.

Bersepeda 2-3 kali setiap setiap minggunya dapat meningkatkan performa olahraga dan kapasitas jantung hingga 8-10.5%.  

 

  1. Menurunkan tekanan darah.

Bagi Anda yang memiliki hipertensi, bersepeda secara rutin dalam 3 bulan ternyata dapat menurunkan tekanan darah sistole sampai 4.3%. Penurunannya lebih signifikan lagi, sampai 11.8%, pada mereka yang bersepeda rutin selama 6 bulan.

 

  1. Meningkatkan kepadatan tulang.

Bersepeda dapat meningkatkan kepadatan tulang pada bagian bawah tubuh. Tulang yang kuat, jauhkan Anda dari pengeroposan tulang.

 

  1. Meningkatkan fungsi kognitif lansia.

Bagi Anda yang sedang menikmati hari tua, bersepeda bisa jadi pilihan yang baik. Studi terhadap 100 orang tua (usia 50-83 tahun) yang bersepeda 30 menit (minimal 3x seminggu) selama 2 bulan menunjukkan fungsi kognitif yang meningkat. Fungsi kognitif memiliki peranan penting untuk cara berpikir dan kemampuan mengingat.

                                       

Bersepeda memang memiliki banyak manfaat, tapi bukan berarti tanpa risiko. Saat bersepeda, gunakan alat pengaman lengkap  sesuai standar dan tetap berhati-hati agar tehindar dari kecelakaan. Saat memilih rute bersepeda, hindari jalanan ramai tengah kota, dan pilih tempat yang sejuk untuk terhindar dari polusi kendaraan. Tidak lupa untuk tetap jaga jarak dan tidak bergerombol saat bersepeda.

Mari bersepeda!

Recent Posts


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *