Panduan Baking dengan Tropicana Slim Classic Refill

KARAKTERISTIK HASIL BAKING MENGGUNAKAN Tropicana Slim Classic Refill

Hasil baking yang menggunakan pemanis rendah kalori akan cenderung memiliki tekstur cenderung lebih padat dan kurang mengembang, dibandingkan hasil baking yang menggunakan gula pasir. Hal ini terjadi karena gula pasir memiliki kemampuan membentuk dan menjaga kestabilan foam pada produk bakery, ketika dicampurkan dengan protein atau lemak pada tahap sponge mixing atau creaming.

Warna hasil baking yang menggunakan pemanis rendah kalori akan cenderung lebih pucat dibandingkan hasil baking yang menggunakan gula pasir. Hal ini terjadi karena pada proses baking dengan pemanis rendah kalori, reaksi pencoklatan Maillard (reaksi pencoklatan saat molekul gula sederhana dan protein dipanaskan pada suhu tertentu) akan cenderung terhambat.

Oleh karena itu, penggunaan pemanis rendah kalori sangat ideal untuk produk bakery yang tidak memerlukan proses pengembangan tinggi atau warna coklat, seperti misalnya brownies, crepe, atau sweet ciabatta.

 

TIPS #1: GUNAKAN PAN UKURAN KECIL

Secara umum, adonan yang dibuat dengan pemanis rendah kalori akan cenderung memiliki stabilitas buih/foam yang lebih rendah. Karena itu, menggunakan pan dengan ukuran lebih kecil akan membantu adonan kue mengembang lebih baik. Mengapa demikian?  Luas permukaan penguapan air pada pan ukuran kecil lebih rendah, sehingga adonan bisa mengembang lebih tinggi.

 

TIPS #2: LAPISI ADONAN DENGAN LEMAK

Warna hasil baking yang menggunakan pemanis rendah kalori akan cenderung lebih pucat karena terhambatnya reaksi pencoklatan Maillard dan karamelisasi. Oleh karena itu, melapisi adonan dengan lemak (butter) bisa menjadi alternatif solusi untuk menghasilkan permukaan adonan (roti) yang berwarna coklat.

 

TIPS #3: WAKTU PANGGANG LEBIH SINGKAT

Secara umum, waktu pemanggangan produk bakeri yang menggunakan pemanis rendah kalori akan lebih singkat. Hal ini terjadi karena pemanggangan cukup menunggu adonan hingga matang dan tidak perlu menunggu produk hingga berwarna kecoklatan.

 

TIPS BAKING MENGGUNAKAN YEAST

Untuk resep roti yang menggunakan pemanis rendah kalori, segera campurkan (dry) yeast/ragi dengan air hangat dengan bahan baku tepung terigu. Ragi mampu menggunakan senyawa karbohidrat dari tepung terigu untuk menghasilkan gas/rongga pada adonan roti. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencampur ragi dengan pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir.

 

TIPS PENAMBAHAN SUSU PADA PRODUK BAKING COKELAT

Secara prinsip, penambahan susu bubuk pada produk baking cokelat dengan pemanis rendah kalori akan membuat lelehan cokelat memiliki tekstur yang lebih smooth/halus.

Product Used