Obesitas Memperparah Infeksi COVID-19

24 April 2020

Kegemukan tidak hanya meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, tapi juga meningkatkan risiko gejala dan komplikasi yang lebih parah jika seseorang terjangkit virus COVID-19. Fakta ini disampaikan oleh The European Association for the Study of Obesity yang menyebutkan, seberapa besar risiko keparahan komplikasi bagi mereka yang mengalami kegemukan.

Data penelitian menunjukkan bahwa penderita obesitas berisiko 2 kali lebih tinggi untuk membutuhkan perawatan khusus (acute care), dan berisiko 1,8 kali lebih tinggi untuk membutuhkan perawatan kritis (critical care). Risiko tersebut semakin bertambah apabila tingkat obesitasnya semakin parah. Penyebabnya diyakini berkaitan dengan lebih umum ditemukannya gangguan metabolik, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan pada penderita obesitas. Seperti diketahui dari penelitian sebelumnya, gangguan-gangguan kesehatan ini mempengaruhi tingkat keparahan pasien COVID-19.

Sebelum terlambat, ayo kita jaga berat badan agar terhindar dari kegemukan. Atur pola makan menjadi lebih sehat dan rutin berolahraga. Sementara di masa pandemik COVID-19 ini, kita juga dianjurkan untuk menjaga kebersihan secara maksimal. Misalnya, rajin cuci tangan, pakai masker saat ke luar rumah, lebih sering membersihkan permukaan benda, dan tetap mengaplikasikan physical distancing. Jaga kebersihannya, jaga juga berat badannya.

Recent Posts


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *