Lebarannya Selesai, Diet Kembali Dimulai

15 June 2020

Bulan suci Ramadan baru saja kita lewati bersama. Lebaran identik dengan makanan minuman yang menggiurkan dan menggugah selera, dan seringkali membuat kita lupa diri. Akibatnya, tanpa kita sadari asupan kalori yang masuk ke tubuh kita meningkat dan berat badan kita bertambah. Jika pola hidup tinggi kalori seperti ini terus berlangsung dalam jangka waktu panjang, risiko obesitas bisa meningkat, diikuti dengan berbagai risiko penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Inilah alasan yang sangat penting untuk kembali ke pola hidup sehat dan menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan bisa dilakukan melalui pembatasan asupan kalori, salah satunya dengan menjaga asupan lemak harian.

Tahukah Anda, pada jumlah yang sama, lemak mengandung kalori yang lebih besar dibandingkan nutrisi lainnya. Lemak mengandung 9 kalori/gram, dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan karbohidrat dan protein yang masing-masing mengandung hanya 4 kalori/gram.

Bagaimana dengan kandungan lemak dalam makanan kita sehari-hari?

  • 1 potong cheese cake mengandung sekitar 2 sendok makan lemak
  • 1 porsi dada ayam geprek mengandung sekitar 2,5 sendok makan lemak
  • 1 potong tahu goreng isi mengandung sekitar 1 sendok makan lemak
  • 1 porsi kentang goreng mengandung sekitar 2 sendok makan lemak
  • 4 sendok santan mengandung sekitar 1 sendok makan lemak

Mari kita mulai menghitung kira-kira total asupan lemak kita hari ini. Memang berapa batas asupan lemak setiap hari? Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas anjuran konsumsi lemak atau minyak per hari adalah 67 gram, atau setara dengan hanya 5 sendok makan.

Simak beberapa tips praktis berikut, untuk membatasi asupan lemak harian:

  1. Biasakan untuk selalu membaca label gizi pada kemasan

Pertimbangkan kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Pilih makanan yang kaya nutrisi dan hindari makanan dengan kadar lemak tinggi.

  1. Pilih produk yang lebih rendah lemak

Anda tetap bisa menikmati masakan yang nikmat tanpa rasa bersalah dengan memilih bahan masakan yang lebih rendah lemak. Salah satunya adalah Tropicana Slim Santan Less Fat yang lebih rendah lemak, membuat kreasi masakan Anda tetap nikmat, gurih, dan bebas khawatir.

  1. Kurangi makanan yang digoreng

Makanan yang mengalami proses penggorengan (deep fried) menyebabkan banyak minyak yang terserap ke dalam makanan tersebut. Pilih opsi memasak yang lebih sehat seperti menumis.

  1. Pilih bagian daging yang lebih rendah lemak

Ketika memilih dan mengolah daging, pilih bagian daging yang lebih rendah lemak, misalnya daging ayam bagian dada. Buang bagian kulitnya, karena kulit mengandung lemak yang tinggi.

  1. Lengkapi dengan pola hidup sehat

Selain membatasi asupan lemak, lengkapi dengan aktif berolahraga minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup, serta rajin mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur kaya akan vitamin mineral yang bermanfaat untuk tubuh, serta tinggi serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama.

Menurunkan berat badan tidak mustahil untuk dilakukan. Dengan mindset yang tepat, pola hidup yang sehat dan teratur serta membatasi asupan lemak harian, berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat sangat mungkin untuk dicapai.

Recent Posts


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *