Waspadai Diabetes Tipe 2 pada Anak!

21 August 2015

Kesehatan adalah salah satu hal yang berharga dalam hidup. Bukan Anda saja yang harus menjaga kesehatan karena umur yang semakin bertambah, anak-anak juga perlu menjalankan pola hidup sehat sedini mungkin. Gaya hidup kurang sehat dan konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kandungan gula ternyata bisa meningkatkan risiko  diabetes melitus  pada anak-anak.

 

Anak yang jarang melakukan aktivitas fisik, lebih senang duduk di depan televisi atau bermain gadget, serta sangat menyukai makanan manis dan makanan berlemak sangat akan lebih berisiko terkena diabetes melitus. Kelebihan asupan kalori pada tubuh akan disimpan sebagai cadangan lemak. Jika dibiarkan, hal ini akan berujung pada obesitas.

 

Anak kecil yang tubuhnya gemuk memang sangat menggemaskan dan lucu. Akan tetapi, hal ini juga menjadi salah satu hal yang patut Anda waspadai. Usia belia bukanlah halangan bagi penyakit diabetes melitus untuk menyerang. Anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan, ada baiknya dibantu untuk menurunkan berat badannya sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu berat badan berlebih pada anak-anak. Beberapa di antaranya adalah melakukan aktivitas fisik bersama keluarga, mengganti cemilan tinggi gula dengan buah, mengganti beras putih dengan berah merah untuk diet  sehat sekeluarga. Beras merah mengandung serat lebih banyak sehingga diserap tubuh lebih perlahan dan tidak mengakibatkan lonjakan gula darah yang terlalu tinggi. Selain itu, beras merah juga memberikan efek mengenyangkan lebih lama dibandingkan beras putih

 

Sekarang, mulailah mengajak anak-anak untuk mengenal dan mengonsumsi makanan sehat serta rajin melakukan aktivitas fisik di waktu senggang. Siapkan buah hati Anda menjadi generasi muda yang sehat dan bersemangat untuk masa depan yang lebih cerah!

 

 

Source:
webmd.com/diabetes/guide/type-2-diabetes-in-children
webmd.com/diabetes/tc/type-2-diabetes-in-children-topic-overview
mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes-in-children/basics/definition/con-20030124
Diakses pada : 15 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *