Waspada, Penyakit Jantung Usia Muda!

4 September 2015

“Ah kan masih muda, gak mungkin lah kena penyakit jantung !”, rasanya kalimat ini sering terujar dari sebagian orang-orang di sekitar Anda. Sebagian besar orang menilai bahwa orang dengan usia muda tidak mungkin memiliki penyakit jantung. Padahal, penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali untuk orang yang masih relatif muda. Kondisi jantung yang tidak sehat dan gaya hidup menjadi penyebab utama penyakit jantung pada masa muda. Bahkan faktanya, kini  penyakit jantung terjadi pada usia yang semakin muda. Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung yang mungkin menyerang.

 

Jantung adalah sistem kardiovaskular tubuh manusia. Tugas utama dari organ tubuh ini adalah memompa darah dan menyuplai oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Penyakit kardiovaskular yang kerap dialami membuat jantung dan pembuluh darah tidak mampu bekerja dengan baik:

 

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit ini biasanya sudah dialami bahkan pada bayi yang baru lahir. Gejala penyakit jantung  bawaan pada anak biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang sangat lemah dibanding anak-anak lain seusianya. Penyakit jantung bawaan ini meliputi kondisi katup jantung yang kurang baik, cacat septum, atau cacat jantung. Solusinya adalah anak harus bergantung pada pengobatan medis dalam jangka panjang atau melakukan transplantasi jantung.


Aterosklerosis

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol akibat gaya hidup yang tidak sehat. Tumpukan lemak dan kolesterol menyebabkan penyempitan arteri dan darah tidak dapat mengalir dengan baik.


Aritmia

Kondisi ini disebabkan oleh irama jantung yang tidak normal. Jantung terus memompa dengan intensitas abnormal. Gejala penyakit jantung aritmia adalah sering merasa lelah, pusing, susah makan hingga pingsan.


Angina

Gejala penyakit jantung angina adalah dada terasa sakit. Hal tersebut diakibatkan karena jantung tidak memiliki suplai darah yang cukup.


Serangan Jantung

Tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak juga dapat terkena serangan jantung. Kondisi ini terjadi karena adanya gumpalan darah atau penyumbatan yang menghambat aliran darah ke jantung.

 

Selain penyakit jantung bawaan, beberapa jenis penyakit jantung pada usia muda dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Menjalankan gaya hidup sehat bukan hanya memberikan kebugaran pada tubuh, namun dapat mencegah penyakit jantung. Hidup sehat lebih lama tentunya sangat menyenangkan. Stay healthy  !

 

Source:
healthline.com/health/heart-disease/in-children
kidshealth.org/kid/grownup/conditions/heart_disease.html#
Diakses pada 27 Februari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *