Waspada Diabetes pada Si Kecil!

3 August 2015

Anak-anak tentu menyukai makanan manis seperti permen, cokelat dan es krim. Bahkan, orang tua kerap kali menjadikan makanan manis sebagai reward untuk anaknya apabila si kecil berhasil melakukan hal positif. Namun, tahukah Anda bahwa risiko diabetes juga dapat mengintai si kecil? Makanan manis yang sering dikonsumsinya dapat membuat risiko diabetes tersebut semakin bertambah.

 

Ciri-ciri diabetes  pada si kecil tak selalu terdeteksi dengan cepat. Apabila dahulu anak-anak hanya berisiko terkena diabetes tipe 1, kini mereka berisiko terkena diabetes tipe 2. Hal tersebut diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan manis. Ciri-ciri penyakit diabetes pada anak hampir sama dengan yang dialami oleh orang dewasa.

 

Untuk menghindari risiko diabetes tipe 2 pada anak-anak, para orang tua dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1. Bantu anak untuk mempertahankan berat badan yang ideal, sehingga tidak obesitas.
2. Batasi porsi makan anak agar tidak berlebih. Ajarkan kebiasaan untuk berhenti makan sebelum kenyang.
3. Ajari anak untuk mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan berbagai macam makanan manis yang biasa disukai anak.
4. Batasi kebiasaan menonton TV, main komputer dan gadget. Dorong anak untuk melakukan aktivitas gerak yang lebih menyehatkan.

 

Apabila Anda menyadari adanya ciri-ciri diabetes pada si kecil, seperti penyusutan berat badan secara tiba-tiba, mudah lelah dan sering lapar, segeralah memeriksakannya pada dokter. Ingat, diabetes pada si kecil dapat dicegah dan dihindari dengan menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

 

 

Source:
tropicanaslim.com/awas-risiko-diabetes-mengintai-si-buah-hati
nlm.nih.gov/medlineplus/diabetesinchildrenandteens.html
Diakses pada 27 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *