Wanita Juga Berisiko Terkena Penyakit Jantung

9 April 2015

“Ah, tapi penyakit jantung kan hanya dialami sebagian besar pria. Kita sebagai wanita tak usah cemas.” Siapa bilang bahwa penyakit jantung hanya dapat mengancam pria? Data dari WHO menunjukkan bahwa penyakit jantung dapat menjadi penyebab utama kematian (tidak hanya pada pria) namun juga pada wanita. Bahkan, prevalensi penyakit jantung pada wanita lebih tinggi dibandingkan kanker serviks dan payudara.

 

Jika Anda berpikir bahwa gejala penyakit jantung hanya dialami oleh wanita lanjut usia, itu pun salah besar. Wanita pada usia muda juga dapat merasakan gejala penyakit jantung. Dibandingkan dengan pria pada usia yang sama, penyakit jantung yang dialami oleh kaum hawa memiliki risiko tingkat kematian 2-3 kali lebih besar!

 

Walaupun wanita juga memiliki risiko penyakit jantung, bukan berarti tidak ada cara mencegah penyakit jantung bagi kaum hawa. Selalu ada solusi untuk segala permasalahan, begitu pula solusi untuk menghindari penyakit mematikan ini. Berikut adalah solusi yang tepat untuk menghindari penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner:

  1. Hindari atau kurangi kebiasaan merokok.
  2. Periksa tekanan darah secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat.
  3. Kontrol kadar kolesterol dalam darah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori.
  4. Rutin berolahraga atau meningkatkan aktivitas fisik.
  5. Jaga berat badan agar tetap ideal dan tidak melebihi berat badan normal.

 

Sebelum gejala penyakit jantung menyerang diri Anda, alangkah baiknya jika mulai saat ini juga Anda melakukan cara untuk mencegah penyakit jantung. Salah satu cara mencegah penyakit jantung pada wanita adalah menjauhkan pikiran dari stress. Saat mengalami stress, sistem imunitas dalam tubuh akan terganggu. Stress juga dapat berimbas pada tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan keseimbangan hormon. Apabila tekanan darah tinggi, kolesterol meningkat, dan gula darah juga meningkat, bukan sesuatu yang tidak mungkin jika Anda terkena serangan jantung.

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/penyakit-jantung-bukan-hanya-mlik-pria

tropicanaslim.com/penyakit-jantung-koroner-mengapa-ditakuti-banyak-orang

http://www.texasheart.org/HIC/Topics/HSmart/women.cfm

Diakses pada 12 Juli 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *