Ubah Gaya Hidup untuk Kurangi Risiko Diabetes

28 March 2016

Diabetes merupakan masalah kesehatan yang tidak dapat dianggap sepele. Sayangnya, tidak semua orang tanggap terhadap penyakit satu ini. Banyak yang lebih memilih untuk mengobati daripada mencegah. Padahal, mencegah jauh lebih mudah daripada harus mengobati. Cara mencegah diabetes dapat dimulai dengan mengubah gaya hidup sehari-hari. Bagaimana caranya? Simak tips hidup sehat  berikut ini!

 

Tanpa kita sadari gaya hidup sehari-hari dapat meningkatkan risiko diabetes. Untuk menghindari diabetes, ikuti cara mencegah diabetes dengan mengubah gaya hidup berikut ini:

 

Miliki Berat Badan Normal

Obesitas adalah salah satu penyebab utama diabetes. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kelebihan berat badan, Anda harus mencari cara untuk menurunkan berat badan hingga ideal. Usahakan untuk melakukan diet rendah kalori yang dikombinasikan dengan diet rendah lemak.

 

Jangan Malas Berolahraga

Apa yang Anda lakukan saat hari libur? Apakah bermalas-malasan sambil menonton film dan bermain ponsel? Nah, hindari kebiasaan tersebut dan mulailah berolahraga. Luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.

 

Kurangi Minuman Manis

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis dan bergula tinggi, seperti soda,, teh atau kopi manis, dapat memicu risiko diabetes. Biasakan diri untuk minum air putih atau minuman tanpa gula.

 

Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Malas makan buah dan sayur adalah kebiasaan buruk yang tidak sehat. Jika ingin terhindar dari diabetes, konsumsi buah dan sayur setiap hari. Asupan serat dari buah dan sayur dapat membantu mengurangi glukosa darah.

 

Cara mencegah diabetes  cukup mudah, bukan? Anda hanya perlu mengubah kebiasaan buruk sehari-hari menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Mulai hidup sehat Anda dari sekarang!

 

 

Source:

everydayhealth.com/diabetes/type2/preventing.aspx

my.clevelandclinic.org/health/diseases_conditions/hic_Diabetes_Basics/hic_Understanding_Pre-Diabetes/hic_Pre-Diabetes_and_Lifestyle_Changes_to_Prevent_Type_2_Diabetes

Diakses pada 26 Juni 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *