Turunkan Darah Tinggi dengan Yoga

17 November 2015

Mengidap penyakit darah tinggi memang membuat Anda harus menjalankan pola hidup sehat dengan lebih teratur. Di samping mengontrol asupan makanan sehat, Anda juga bisa menjalankan beberapa aktivitas fisik ringan agar tubuh tetap bugar. Salah satu aktivitas fisik ringan yang bisa dilakukan oleh para penderita hipertensi adalah olahraga yoga.

 

Lebih dari sekadar aktivitas fisik yang melatih kelenturan otot-otot tubuh, olahraga yoga ternyata bisa menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi.Dr. Debbie Cohen dari Universitas Pennsylvania melakukan studi mengenai efek yoga terhadap 58 pria dan wanita pengidap tekanan darah tinggi dengan rentang umur antara 38-62 tahun. Para responden dibagi menjadi 3 kelompok, yakni kelompok yang menjalani diet khusus darah tinggi, kelompok yang melakukan yoga secara rutin, dan kelompok yang mengombinasikan diet khusus darah tinggi dan yoga.

 

Hasil penelitian tersebut bisa dibilang sangat menakjubkan. Para responden yang menjalankan olahraga yoga rutin3 kali setiap minggu selama 24 minggu pengamatan mengalami penurunan tekanan darah yang cukup berarti. . Olahraga yoga terbukti efektif melancarkan aliran darah sekaligus memangkas kelebihan kalori dalam tubuh. Karena para penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengalami kegemukan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan, , olahraga yoga adalah alternatif cara menurunkan darah tinggi yang tepat.

 

Tanpa melakukan gerakan-gerakan fisik yang melelahkan, olahraga yoga bisa menjadi salah satu aktivitas fisik yang membuat tubuh menjadi lentur sekaligus melancarkan peredaran darah. Jangan lupa untuk mempraktikkan yoga bersama dengan instruktur yang handal dan berpengalaman. Jadi, apakah Anda tertarik untuk rutin berolahraga yoga?

 

 

Source:

medicalnewstoday.com/articles/260699.php

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20130515/yoga-may-help-ease-high-blood-pressure-study-finds

Diakses pada 16 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *