Tropicana Slim Ikut Serta dalam Kampanye Jakarta Lawan Diabetes

28 April 2016

Dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Dunia 7 April 2016 dan Hari Diabetes Nasional  18 April 2016, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berkolaborasi dengan Tropicana Slim menyelenggarakan kampanye ‘Jakarta Lawan Diabetes’. Kegiatan yang didukung oleh PD Pasar Jaya ini diadakan dalam bentuk deteksi dini diabetes di 25 pasar tradisional yang tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta.

Kampanye ‘Jakarta Lawan Diabetes’ diadakan karena Indonesia  saat ini menempati peringkat 7 penderita diabetes terbanyak di dunia. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia juga menunjukkan peningkatan dari 5,7% pada tahun 2007 menjadi 6.9% pada tahun 2013. Angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia  meningkat dari 49,9% di tahun 2001 menjadi  59,5% di tahun 2007. Beberapa penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian diantaranya hipertensi (31,7%), penyakit jantung (7,2%), kanker/tumor (4,3%), dan diabetes mellitus (1,1%). Sedangkan 3 penyakit penyebab kematian utama di Jakarta adalah hipertensi, diabetes mellitus (DM) dan penyakit kardiovaskular (stroke, jantung, dsb). Oleh karena itu, bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Dunia yang mengangkat tema diabetes, Kementerian Kesehatan juga mengangkat tema “Cegah, Obati, dan Lawan Diabetes” pada peringatan Hari Diabetes Nasional tahun ini.  

 

Cek Kesehatan
Kegiatan pengecekan kesehatan dalam kampanye ‘Jakarta Lawan Diabetes’

 

Dalam kegiatan ‘Jakarta Lawan Diabetes’, masyarakat dapat melakukan cek gula darah sebagai deteksi dini diabetes, melakukan pemeriksaan indeks masa tubuh, tekanan darah, dan melakukan konsultasi dengan dokter serta petugas kesehatan. Pemeriksaan-pemeriksaan tersebut penting dilakukan untuk mengetahui faktor risiko timbulnya penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung dan stroke.

 

Konsultasi Dokter
Masyarakat juga dapat berkonsultasi dengan dokter dan petugas kesehatan

 

dr. Lily S. Sulistyowati, MM., Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, berharap bahwa melalui kampanye ini masyarakat dapat mengetahui pencegahan dan pengendalian diabetes sedini mungkin. Hal ini juga bersinergi dengan apa yang dilakukan oleh Tropicana Slim untuk terus dapat mengedukasi masyarakat, berinovasi, dan menginisiatif keseimbangan hidup dan pola hidup sehat.

“Momen Hari Diabetes Nasional menjadi penting untuk memulai edukasi mengenai diabetes. Dan edukasi ini tidak hanya terhenti dengan deteksi dini diabetes di 25 pasar tradisional di DKI Jakarta saja, tapi juga akan kami lengkapi dengan pemasangan materi edukasi mengenai diabetes di lebih banyak lokasi yang terjangkau masyarakat.”ujar Susana, Head of Nutrition Brand Tropicana Slim.

 

 

 

 

 

 



Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *