Tomat, Makanan sehat untuk Jantung Anda

17 August 2015

Tak hanya dapat diolah menjadi aneka macam hidangan (seperti sup, saus, dan jus), tomat juga banyak dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Nah, apa saja kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam tomat? Bagaimana dengan manfaatnya?

 

Walaupun mengandung kalori yang rendah, yaitu sekitar 22 Kalori pada sebuah tomat berukuran sedang, kandungan nutrisi pada tomat justru sangat tinggi. Zat gizi yang terkandung pada tomat pun bervariasi seperti:

1. Serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.
2. Berbagai jenis vitamin termasuk vitamin A, vitamin C, dan asam folat.
3. Alpha-lipoic acid yang diperlukan di dalam metabolisme gula menjadi energi.
4. Choline yang diperlukan untuk fungsi sistem syaraf dan dapat membantu mengurangi peradangan.
5. Senyawa-senyawa antioksidan seperti lycopene, beta-carotene, dan lutein yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

 

Kombinasi berbagai zat nutrisi pada tomat ini pun menyebabkan tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, tomat dapat dikatakan sebagai salah satu makanan sehat untuk jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus tomat dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah di penderita diabetes. Hal ini diyakini bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, lycopene yang banyak terkandung pada tomat juga diketahui bermanfaat dalam memperbaiki fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung.

 

Selain mengonsumsi tomat sebagai makanan sehat untuk jantung, mengikuti pola hidup sehat jelas penting untuk menjaga jantung Anda. Membatasi asupan gorengan dan lemak, rutin berolahraga, serta menghindari stress jelas akan bermanfaat!

 

 

Source:
webmd.com/diabetes/news/20040817/tomato-juice-for-cardiovascular-health
medicalnewstoday.com/articles/273031.php
Diakses pada 20 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *