Hidup Sehat Pasca Berlibur

14 August 2013

Suasana bahagia berlibur dan kumpul keluarga membuat kita cenderung makan lebih banyak. Apalagi biasanya saat hari raya, muncul masakan-masakan khusus yang menjadi ciri khas hari raya tersebut yang jarang ditemui dalam kesempatan lain. Banyaknya variasi makanan dan ‘kewajiban’ mencicip hidangan di rumah kerabat seringkali membuat kita tanpa sadar makan berlebih.

 

Setelah makan berlebih di saat liburan, bagaimana strategi kita kembali ke jalan yang benar alias kembali ke pola hidup sehat? Jangan-jangan strategi ini justru membuat kita akhirnya makan lebih banyak?

 

Wah, hari ini sudah makan rendang 3 potong, opor ayam 2 porsi, kue kering 2 toples. Besok gak usah sarapan, deh

Mengingat betapa banyak kita makan di hari-hari liburan tak jarang mnimbulkan keinginan melewatkan makan pagi atau makan siang esoknya. Faktanya, hal itu justru dapat membuat kita makan berlebih di kesempatan lain. Daripada skip sarapan, lebih baik kurangi kalori dengan makan dalam porsi lebih kecil. Pastikan selalu ada buah dan sayur yang kaya serat setiap kali makan1.

TIPS

Agar tidak makan berlebih, mulailah dengan sayur di setengah piring kita atau mulailah dengan sup sayur (tentunya bukan sup dengan krim ya)2. Untuk sarapan, praktisnya kita bisa mengonsumsi susu tanpa lemak dan buah. Protein dalam susu terbukti dapat memberikan rasa lebih kenyang dan kita khawatir kelebihan kalori dari lemak.

 

‘Kemarin-kemarin makan banyak banget, hari ini ikut kelas 3 kali berturut-turut deh’

Mengingat makanan yang dimakan selama libur juga bisa memacu kita berolahraga lebih keras daripada biasanya setelah liburan. Masalahnya, kita justru akan terlalu kelelahan dan akibatnya akan lebih sulit untuk memulai kembali berolahraga.

TIPS

Mulailah dengan olahraga dengan intensitas yang biasa kamu lakukan, kemudian tambahkan jalan kaki 15 menit setiap selesai makan. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan orang yang berjalan kaki 15 menit setiap selesai makan memiliki pengaturan gula darah yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak melakukan kebiasaan tersebut2.

 

Kuncinya, kembalilah ke pola hidup sehat Anda secara perlahan. Sederhana bukan? Let’s get back on (healthy) track! Selamat beraktivitas kembali!

 

References

  1. WebMD. 2010. Diet 911: After You Overeat. http://www.webmd.com/diet/features/what-to-do-after-overeating [Diakses 13 Agustus 2013]
  2. Three 15-min bouts of moderate postmeal walking significantly improves 24-h glycemic control in older people at risk for impaired glucose tolerance. Diabetes Care Publish Ahead of Print, published online June 11, 2013.
  3. MedicineNet.com. 2003. 10 Ways to Turn Down Your New Year's Appetite. http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=56745 [Diakses 13 Agustus 2013]


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *