Tips untuk Jantung Lebih Sehat

30 July 2015

Memiliki jantung yang sehat adalah idaman setiap orang. Berbagai usaha dilakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung . Mengonsumsi vitamin atau obat untuk kesehatan jantung memang perlu. Namun, itu semua bukan jaminan untuk mencegah penyakit jantung. Anda juga harus melakukan perubahan ke pola hidup yang lebih sehat untuk mencegah penyakit ini.

 

Cara mencegah penyakit jantung tidak perlu mahal. Beberapa aktivitas dan perubahan sehat dalam kehidupan sehari-hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung dalam diri Anda. Berikut adalah beberapa tips kesehatan agar jantung lebih sehat dan terhindar dari penyakit:

1. Dengarkan musik sambil bergerak.
Apakah Anda gemar mendengarkan musik? Sesekali cobalah untuk mendengarkan musik sambil menari. Kegiatan tersebut akan meningkatkan denyut jantung Anda sekaligus membakar kalori dalam tubuh.

2. Tertawa terbahak-bahak.
Tertawa juga mampu membuat jantung Anda lebih sehat. Pasalnya, pada saat tertawa, stres akan berkurang dan risiko kerusakan endothelium, jaringan yang membentuk lapisan pembuluh darah, juga menurun.

3. Hindari konsumsi garam.
Hipertensi sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung. Oleh karena itu, kurangi konsumsi garam sehari-hari dan ganti dengan rempah-rempah lain yang lebih sehat.

4. Konsumsi cokelat, kacang-kacangan, dan ikan.
Kacang-kacangan seperti almond atau walnut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dark chocolate juga kaya akan flavonoid yang dapat mencegah risiko penyakit jantung. Di samping itu, beberapa jenis ikan, seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung sepertiga kali.

5. Hindari kebiasaan merokok.
Rokok merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Untuk menghindari penyakit jantung, tentunya Anda dapat menghindari kebiasaan merokok.

6. Terapi hewan peliharaan.
Bermain dengan hewan peliharaan dipercaya dapat meningkatkan fungsi jantung manusia. National Institutes of Health (NIH) meneliti bahwa terapi dengan bermain bersama hewan peliharaan dapat mengurangi angka kematian karena penyakit jantung.

7. Kurangi asupan lemak.
Cobalah untuk memotong asupan lemak pada kalori harian sebanyak 30%. Hal tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada diri Anda.

 

Tips kesehatan  untuk jantung Anda juga harus didukung dengan olahraga secara teratur. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kesehatan jantung dan tekanan darah secara berkala untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat.

 

 

Source:
webmd.com/heart/features/12-tips-for-better-heart-health
healthline.com/health-slideshow/healthy-heart-tips
Diakses pada 17 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *