Tips Sukses Mengurangi Konsumsi Garam

24 September 2015

Mengurangi konsumsi garam adalah salah satu usaha yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, usaha tersebut nyatanya tidak mudah. Diet rendah garam  adalah solusi untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari. Akan tetapi, masih banyak garam tersembunyi dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Lantas, bagaimana cara efektif agar berhasil mengurangi konsumsi garam?

 

Untuk berhasil mengurangi konsumsi garam dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah tips yang berhasil dirangkum dari American Heart Association dan National Kidney Foundation untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah garam:

1. Gunakan daging segar untuk diolah menjadi makanan. Hindari penggunaan daging dalam kemasan, seperti ham dan sosis. Daging dalam kemasan mengandung garam yang cukup tinggi sebagai pengawet.

2. Jauhkan botol garam dari meja makan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebiasaan menambahkan garam meja pada makanan yang hendak dikonsumsi.

3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Hindari penggunaan buah dan sayur kalengan karena produk tersebut sama dengan daging dalam kemasan, yakni mengandung garam yang cukup tinggi.

4. Perhatikan label informasi nilai gizi pada kemasan produk yang hendak dibeli. Pilih makanan dan minuman yang rendah natrium.

5. Ganti penggunaan garam untuk menyedapkan masakan dengan rempah-rempah, seperti bawang putih.

6. Saat berada di restoran, mintalah pada pelayan untuk menggunakan sedikit garam pada makanan yang Anda pesan.

 

Diet rendah garam ini membutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu agar Anda terbiasa tidak mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Diet rendah garam dinyatakan berhasil bila Anda telah mengalami perubahan yang signifikan, misalnya Anda merasa makanan ringan yang dulu biasa dikonsumsi menjadi sangat asin.

 

 

Source:

kidney.org/news/ekidney/june10/Salt_june10

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/tips-to-reduce-salt-intake

Diakses pada 6 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *