Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

22 May 2015

Usaha menurunkan darah tinggi tidak selalu bergantung pada obat-obatan. Beberapa tips menurunkan darah tinggi secara alami bahkan dapat membantu Anda untuk memperolah tekanan darah yang normal. Cara-cara alami ini dapat berupa perubahan gaya hidup. Cara ini juga dapat memberikan efek yang signifikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda menjadi normal.

Tidak hanya untuk penderita hipertensi yang ingin membuat tekanan darahnya menjadi normal, tips menurunkan darah tinggi secara alami ini juga dapat diterapkan bagi Anda yang tidak menderita hipertensi untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Berikut adalah beberapa tips menurunkan darah tinggi secara alami:


Melakukan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) diet
Rencana makan ini meliputi konsumsi buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak secara teratur. DASH terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 8-14 poin.


Mengurangi konsumsi garam
Batasi penggunaan garam yang mengandung natrium agar tidak lebih dari 2.400 miligram per hari atau hanya 1 sendok teh garam. Usaha ini dapat menurunkan tekanan darah hingga 2-8 poin.


Latihan fisik
Lakukan aktivitas fisik setiap hari selama kurang lebih 30 menit per hari, maka tekanan darah akan turun sebanyak 4-9 poin. Artinya, Anda tidak perlu olahraga ekstrem untuk menurunkan tekanan darah.


Mengurangi konsumsi alkohol
Batasi konsumsi alkohol secara bertahap. Buat Anda yang bukan pecandu alkohol, tentu usaha ini akan lebih mudah.

 

Tips menurunkan darah tinggi secara alami ini dapat membantu Anda memperoleh tekanan darah yang normal. Setelah tekanan darah menjadi normal, Anda tetap dapat menggunakan tips-tips ini untuk mengontrol tekanan darah Anda.

 

Source :
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/features/treating-hypertension-naturally
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/natural-7/tips

Diakses pada 14 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *