Tips Menurunkan Kolesterol dengan Efektif

22 April 2015

Kadar kolesterol yang tinggi identik dengan penyakit jantung. Untuk menurunkan kolesterol atau menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, pola makan yang sehat dengan diimbangi aktivitas fisik rutin jelas penting. Dan untuk hasil lebih optimal, tambahan asupan fitosterol juga dapat membantu.

 

Apa itu fitosterol? Fitosterol merupakan jenis lemak yang berasal dari sumber makanan nabati. Fitosterol dapat ditemukan pada kacang-kacangan serta minyak nabati seperti minyak sawit, minyak kedelai, minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari. Penelitian menunjukkan bahwa fitosterol ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus dan meningkatkan ekskresi garam empedu.

 

Selain fitosterol, pola hidup sehat tetap tidak boleh dilupakan. Simak tips-tips di bawah ini yang tidak kalah penting untuk membantu menurunkan kolesterol:

 

  • 1. Buat target penurunan kolesterol

Anda perlu melakukan tes kolesterol terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa memulai usaha penurunan kolesterol guna mencapai batas normal.

 

  • 2. Tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik atau olahraga rutin diyakini dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) hingga 10%. Mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan cepat, dan tingkatkan secara bertahap.

 

  • 3. Batasi konsumsi lemak jenuh

Untuk menurunkan kolesterol, tak hanya makanan kolesterol tinggi saja yang perlu dihindari. Makanan yang mengandung banyak lemak jenuh juga perlu dibatasi, sebagai contoh daging merah dan mentega.

 

  • 4. Konsumsi ikan yang mengandung omega 3

Omega 3 dikenal sebagai asam lemak penurun kolesterol. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan seperti salmon dan tuna sebagai sumber omega 3.

 

  • 5. Makan lebih banyak serat

Buah, sayur, oat, kacang-kacangan, dan bijian utuh dikenal baik untuk kesehatan manusia karena kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, mereka juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

 

Untuk menurunkan kolesterol, Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, usaha dan kesabaran Anda jelas akan terbayar dengan mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

 

Source:

tropicanaslim.com/fitosterol-musuh-si-kolesterol

webmd.com/cholesterol-management/features/11-tips-to-cut-your-cholesterol-fast?page=3

Diakses pada 26 August 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *