Tips Mengontrol Kolesterol Selama Liburan

4 March 2016

Liburan identik dengan makanan lezat dan bersantai. Pada umumnya, makanan-makanan lezat mengandung tinggi kalori dan kolesterol. Namun, hal itu bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan enak selama liburan. Yuk, simak tips mengontrol kolesterol selama liburan berikut ini!

 

Berikut tips-tips melakukan diet rendah lemak  untuk menurunkan kolesterol selama masa liburan:

 

1. Hati-Hati dengan Minuman Anda!

Saat liburan, sebagian besar orang cenderung bersantai sambil menikmati minuman manis. Bahkan, beberapa pesta yang dilaksanakan untuk menyambut liburan menyuguhkan berbagai macam minuman beralkohol. Batasi konsumsi minuman manis atau beralkohol selama liburan, sebagai gantinya konsumsi air mineral yang lebih sehat.

 

2. Pandai Memilih Makanan

Sesekali Anda dapat menikmati makanan berlemak saat liburan. Namun, imbangi pula dengan makan buah dan sayur. Konsumsi pula makanan yang bisa membantu Anda menurunkan kolesterol , seperti gandum dan kacang-kacangan, selama musim liburan.

 

3. Pilih Makanan Pembuka yang Sehat

Appetizer sarat akan keju dan lemak. Untuk mengontrol kolesterol, Anda dapat mengganti hidangan pembuka yang terbuat dari keju dengan kacang almond yang kaya lemak tak jenuh tunggal.

 

4. Selipkan Olahraga Saat Liburan

Siapa bilang tidak bisa berolahraga saat liburan? Anda tetap dapat menyelipkan kegiatan berolahraga pada saat liburan. Misalnya, bermain voli di pantai atau berenang di tempat wisata yang menyediakan kolam renang.

 

5. Hindari Stres

Stres dapat datang kapan saja, termasuk saat liburan. Oleh karena itu, hindari stres ketika berlibur. Stres adalah salah satu faktor pemicu meningkatnya kolesterol.

 

Tips mengontrol kolesterol selama liburan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh diri sendiri. Ajak keluarga, teman dan kerabat untuk turut melakukan tips ini selama liburan, ya. Stay healthy!

 

 

Source:

everydayhealth.com/high-cholesterol/ways-to-manage-high-cholesterol-during-the-holidays.aspx

webmd.com/cholesterol-management/features/holiday-foods-for-the-cholesterol-conscious

Diakses pada 19 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *