Tips Mempertahankan Gula Darah Agar Tetap Normal

9 September 2015

Mempertahankan gula darah normal ternyata gampang-gampang susah. Pasalnya, Anda akan menjumpai berbagai macam godaan ketika sedang berusaha menjaga kadar gula darah tetap normal. Godaan tersebut datang melalui berbagai hal, seperti kebiasaan snacking, keinginan mencoba dessert yang menarik, hingga rasa malas untuk berolahraga. Padahal, menjaga gula darah normal sangatlah penting untuk menghindari risiko penyakit diabetes.

 

Cara menjaga agar gula darah tidak meningkat cukup mudah. Pada tips kesehatan  kali ini, Anda akan diajak untuk mempertahankan gula darah normal melalui cara-cara berikut:

1. Berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat mengganti dengan olahraga lain dengan durasi waktu yang sama.
2. Perbanyak konsumsi serat yang berasal dari buah, sayur, dan kacang-kacangan. Karena serat lambat dicerna, maka aliran glukosa ke dalam darah akan tetap stabil.
3. Batasi kebiasaan snacking dan kurangi konsumsi makanan manis yang tinggi gula.
4. Minumlah susu rendah lemak dan bebas gula.
5. Miliki waktu tidur malam yang cukup, yakni tidak kurang dari 6 jam dan tidak lebih dari 8 jam.
6. Jaga berat badan tetap ideal untuk menghindari obesitas.

 

Di samping itu, Anda juga perlu memantau kadar gula darah Anda. Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin untuk membantu usaha Anda dalam menjaga gula darah tetap normal.

 

 

Source:
healthywomen.org/content/article/how-maintain-healthy-blood-sugar
nlm.nih.gov/medlineplus/ency/patientinstructions/000086.htm
Diakses pada 2 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *