Tips Memasak untuk Diet Rendah Lemak

14 April 2015

Rasanya sudah tidak asing kalau konsumsi lemak harus dibatasi karena memiliki kalori yang tinggi. Namun, hal ini tidak tidak serta merta memberikan saran untuk menghilangkan komponen lemak dari pola makan Anda. Lemak terdiri dari 2 jenis, yakni lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Meski memiliki nilai kalori yang sama, keduanya memiliki efek yang berbeda pada tubuh. Lemak jenuh seperti dari mentega, margarin, dan lemak hewani bisa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebaliknya, lemak tak jenuh seperti dari kacang-kacangan dan alpukat, dapat menurunkan  kadar kolesterol total dan LDL, hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi kesehatan. So, pastikan asupan lemak yang Anda bersumber dari lemak sehat dan pastikan asupannya tidak berlebihan.

 

Menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dapat dicapai dengan diet rendah lemak. Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh adalah salah satu cara mencapai hidup lebih sehat. Alternatif yang mudah dilakukan adalah mengonsumsi makanan rendah lemak atau makanan dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat.

 

Bagi Anda yang ingin memasak sendiri menu makanan untuk memulai diet rendah lemak, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buang semua bagian daging yang berlemak. Begitu pula jika Anda mengonsumsi ayam atau bebek, sebaiknya buang kulitnya.
  2. Apabila Anda memasak hidangan berkuah seperti sup, kari, atau soto, simpanlah hidangan tersebut di dalam kulkas sebelum dikonsumsi. Setelah beberapa saat, keluarkan dan buang lemak berwarna putih yang mengapung pada kuah makanan tersebut.
  3. Bila biasanya Anda menambahkan keju, mentega, butter, atau saus krim untuk melezatkan makanan, cobalah untuk menggantinya dengan jus lemon atau rempah-rempah dari sayuran. Lebih rendah lemak, tentu lebih sehat.
  4. Cobalah untuk mengganti ayam goreng yang biasa dikonsumsi dengan ayam rebus, ayam tim atau ayam panggang.

 

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi memang selalu berhasil menggoda selera Anda. Namun, Anda juga harus sadar akan bahaya yang mengintai di baliknya. Yuk, kurangi konsumsi lemak jenuh untuk hidup yang lebih sehat!

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/all-about-fat

webmd.com/women/reducing-dietary-fat

Diakses pada 13 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *