Tips Memangkas Kalori Makanan Panggang

26 August 2015

Mengurangi asupan kalori harian adalah salah satu resep diet yang cukup ampuh. Kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, bila kalori yang masuk dalam tubuh lebih dari yang dibutuhkan, kalori tersebut akan tertimbun menjadi lemak. Tak hanya itu saja, kalori yang berlebih dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

 

Untuk menghindari asupan kalori yang berlebih, sebagian besar orang memilih menu makanan yang dipanggang dibanding yang digoreng. Akan tetapi, Anda masih perlu waspada dalam menyantap menu panggangan ini. Hal ini karena beberapa menu panggangan menyimpan kalori tersembunyi. Kalori makanan  yang di panggang ini biasanya berasal dari bumbu atau saus yang digunakan saat memanggang makanan tersebut.

 

Agar diet rendah kalori yang sedang Anda jalankan berhasil, cobalah untuk lebih cermat dalam mengolah makanan yang hendak dikonsumsi. Berikut adalah tips memanggang yang dapat digunakan sebagai resep diet  rendah kalori Anda:

1. Kurangi Gula
Dalam memanggang kue, Anda perlu mengurangi ¼ bagian dari takaran gula yang ditulis pada resepnya. Solusi lainnya adalah mengganti gula yang biasa digunakan dengan gula rendah kalori.

2. Ganti Tepung Terigu dengan Tepung Gandum Utuh
Tepung terigu yang digunakan dalam adonan kue atau roti juga bisa Anda substitusi dengan tepung gandum utuh. Tepung ini lebih kaya serat sehingga lebih rendah kalorinya.

3. Kurangi Lemak Jenuh dan Lemak Trans
Mengurangi lemak saat memanggang ayam atau daging adalah upaya yang efektif dalam memangkas kalori. Apabila Anda terbiasa menggunakan margarin saat memanggang makanan, kini Anda dapat menggantinya dengan minyak zaitun atau canola sebagai pilihan yang lebih sehat

4. Gunakan Bahan Pengganti Telur
Telur adalah salah satu bahan pokok dalam adonan kue. Untuk mengurangi kalori dari telur, Anda bisa mengurangi porsi penggunaan kuning telur atau pilih resep-resep yang bisa menggunakan putih telur saja.

5. Gunakan Bahan Rendah Kalori sebagai Tambahan
Apa bahan tambahan yang biasa Anda gunakan untuk memanggang kentang? Keju atau krim? Gantilah bahan-bahan tersebut dengan bahan yang lebih rendah kalori. Misalnya, Anda dapat mengganti keju dan krim dengan sayuran seperti jagung dan buncis.

 

Memangkas kalori saat menjalani diet dapat dilakukan dengan menyantap menu panggangan rendah kalori ini. Usaha tersebut dapat mengurangi berat badan secara efektif dan memberi pengaruh positif pada kesehatan Anda. Selamat mencoba!

 

 

Source:
nutrition.about.com/od/askyournutritionist/f/potato.htm
webmd.com/diet/features/10-ways-to-cut-calories-in-baking-recipes
Diakses pada 26 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *