Tips Makan Sushi Yang Baik Bagi Kesehatan

20 January 2016

Siapa yang tak kenal sushi? Makanan khas dari Jepang ini memang cukup digemari di Indonesia. Berbagai restoran Jepang menyajikan menu sushi yang diolah sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sushi atau nasi yang digulung bersama lauk dan sayuran ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan diet sehat . Akan tetapi, apakah makan sushi memang baik untuk kesehatan?

 

Bahan baku sushi adalah beras. Namun, jumlah kalori makanan  pada sushi tidak hanya berasal dari nasi putih, tetapi dari lauk yang digunakan. Anda tetap dapat memperoleh manfaat sushi bagi kesehatan dengan mengikuti tips berikut ini:

 

1. Mulai dengan Menyantap Edamame

Sebagai makanan pembuka, pilih edamame yang rendah kalori dan tinggi protein. Fusion sushi biasanya mengandung natrium atau garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pilih edamame tanpa garam agar tidak menambah asupan natrium Anda.

 

2. Pilih Teh Hijau

Pilihlah minuman yang lebih sehat dan bermanfaat, seperti teh hijau.

 

3. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Beberapa restoran sushi sudah ada yang menawarkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Untuk mencegah asupan kalori berlebih, Anda dapat memilih nasi merah untuk sushi yang hendak dikonsumsi.

 

4. Pilih Lauk Segar yang Sehat

Dibanding memilih sushi yang menggunakan lauk tempura goreng, alangkah baiknya jika Anda memilih lauk ikan segar, seperti tuna atau salmon. Jenis ikan tersebut mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

 

5. Hindari Penambahan Mayones

Hindari menu sushi yang menggunakan mayones atau spicy mayones, seperti spicy tuna roll. Mayones mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi, sehingga membuat sushi Anda menjadi kurang sehat.

 

6. Perbanyak Buah dan Sayuran

Beberapa buah dan sayuran, seperti alpukat dan mentimun, kini sudah umum digunakan sebagai bahan dasar sushi. Selain menjadi sumber serat, buah dan sayuran dalam sushi juga bergizi.

 

7. Hindari Sushi yang Digoreng

Sushi yang fresh dengan bahan sashimi tentu lebih sehat dibanding sushi yang digoreng. Sushi yang digoreng akan menjadi makanan yang mengandung lemak jenuh.

 

Menikmati sushi di restoran Jepang memang asyik. Namun, mengolah sushi sendiri tentu lebih menyenangkan. Anda juga dapat memilih bahan-bahan segarnya sendiri dan mengolah sushi secara sehat!

 

 

Source:

everydayhealth.com/food-pictures/what-to-order-at-sushi-counter.aspx#01

besthealthmag.ca/best-eats/healthy-eating/the-health-benefits-of-sushi#eURp6yYEEtUXehPL.97

chealth.canoe.com/channel_section_details.asp?text_id=4496&channel_id=44&relation_id=48473

Diakses pada 17 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *