Tips dan Motivasi untuk Sukses Melakukan Diet

25 May 2015

Ada banyak alasan untuk membuat Anda gagal melakukan diet, termasuk kurangnya motivasi terhadap diri sendiri. Aktifitas diet memang tidak menyenangkan. Mulai mengonsumsi makanan rendah lemak hingga aktivitas fisik yang harus dilakukan. Oleh karenanya, diet yang dilakukan tersebut tidak berlangsung lama, yakni hanya beberapa minggu saja. Bagaimana cara membuat diri sendiri semangat untuk melakukan diet?

Salah satu cara untuk membuat Anda bersemangat untuk melakukan diet adalah dengan memotivasi diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips dan motivasi untuk sukses melakukan diet.


Menetapkan tujuan berdiet
Cari tahu tujuan Anda melakukan diet. Selain untuk mendapatkan berat badan ideal, tentu ada tujuan lain. Misalnya, untuk tampil menawan dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbul karena obesitas. Tempatkan tujuan tersebut di benak Anda untuk memberi semangat diet pada diri sendiri.


Perlahan tapi pasti
Diet dengan memperoleh hasil yang instan hanya dapat diperoleh kala mengonsumsi obat-obatan. Namun, ketika Anda melakukan diet sehat, seperti diet rendah lemak , butuh waktu cukup lama untuk memperoleh hasilnya. Akan tetapi, tubuh Anda akan tetap sehat karena tidak perlu mengonsumsi obat-obatan.


Reward
untuk diri sendiri
Setelah bersusah payah melakukan diet, tidak ada salahnya untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Misalnya, setelah mencapai berat badan yang diinginkan, maka Anda akan menghadiahi diri sendiri barang atau hal yang disukai. Namun, usahakan reward tersebut tidak berhubungan dengan makanan.


Perbanyak minum air putih
Untuk membantu Anda mengatasi rasa lapar saat diet, perbanyaklah minum air putih. Bila Anda kurang menyukai air putih, Anda dapat memberikan irisan atau sari lemon pada air putih tersebut.


Kurangi kebiasaan ngemil
Kebiasaan ngemil umumnya dilakukan saat santai di malam hari setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, kurangi ngemil secara bertahap. Buat peraturan bahwa Anda tidak boleh makan diatas pukul 8 malam.


Miliki rencana pemeliharaan
Menurut sebagian besar orang, menurunkan berat badan jauh lebih mudah dibanding mempertahankannya. Susunlah sebuah strategi untuk tetap menjaga berat badan saat atau sesudah berdiet untuk mempertahankan berat badan ideal tersebut.


Mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi serta menggantinya dengan makanan rendah lemak merupakan usaha yang cukup baik untuk berdiet. Namun, Anda harus tetap beri motivasi terhadap diri sendiri agar tidak gagal di tengah jalan saat melakukan diet.

 

Source :
webmd.com/diet/features/diet-motivation-tips
webmd.boots.com/diet/guide/15-best-diet-tips-ever

Diakses pada 14 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *