Tetap Jalankan Diet Rendah Garam Saat Makan di Luar

6 May 2015

Pernahkah Anda bertanya, berapa banyak rata-rata konsumsi garam Anda per hari? Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang di dunia mengonsumsi garam lebih dari 6 gr per hari dan di Asia mencapai lebih dari 12 gr. Padahal, batas konsumsi garam yang disarankan adalah 5 gr garam (sekitar 2000 mg natrium) atau setara dengan 1 sendok teh saja. Melebihi itu, risiko hipertensi bisa mengintai Anda.

Dalam hal ini, diet rendah garam menjadi sangat dianjurkan, salah satunya dengan memasak makanan kita sendiri sehingga kita bisa menentukan jumlah garam yang akan dikonsumsi. Namun, apakah diet rendah garam hanya bisa dilakukan di rumah? Bagaimana dengan di restoran?

Berikut adalah beberapa tips memilih makanan untuk diet rendah garam ketika Anda sedang berada di restoran:

 

  1. Bertanya dan memintalah! Meskipun tidak semua restoran dapat memenuhi permintaan yang satu ini, tidak ada salahnya menanyakan kandungan garam dalam menu yang ada. Selain itu, Anda juga dapat meminta untuk mengurangi penggunaan garam pada menu masakan yang Anda pesan.
  2. Mintalah agar salad, spaghetti, steak, atau sandwich pesanan Anda dipisahkan dari sausnya. Ingatlah bahwa saus juga mengandung garam. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan sendiri seberapa banyak saus yang ingin Anda konsumsi.
  3. Ketika ingin menyantap pizza atau burger, pilihlah topping berupa sayuran dibandingkan dengan sosis, keju, pepperoni, ataupun Perlu Anda ketahui, sosis dapat mengandung natrium hingga 480 mg atau setara dengan 24% kebutuhan harian.
  4. Go for plain rice! Pilihlah nasi putih atau nasi merah polos dibandingkan dengan nasi goreng karena natrium masih bisa Anda peroleh juga dari lauk pauk Anda.
  5. Umumnya, garam dan kecap juga disediakan di meja restoran. Tetapi, hati-hati! Cicipi makanan Anda sebelum ditambahi garam kembali.

 

Mudah bukan melakukan diet rendah garam di luar rumah? Mengurangi konsumsi garam akan membantu mengurangi risiko hipertensi. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pengurangan konsumsi garam oleh seluruh penduduk Amerika Serikat sebesar 3 gr per hari dapat membantu mengurangi 6% kasus baru penyakit jantung dan 3% kematian. Jadi, jangan ragu untuk melakukan diet rendah garam demi kesehatan jantung Anda!

 

 

Source:

  1. British Medical Journal 2009; 339:b4567
  2. N Engl J Med 362: 590-9.
  3. uk/Livewell/Goodfood/Pages/cut-down-salt.aspx
  4. com/diet/features/5-easy-ways-to-cut-back-on-salt?page=3

Diakses pada 16 September 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *