Teh Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah?

15 July 2015

Teh merupakan salah satu minuman yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini terutama berkaitan dengan banyaknya senyawa aktif, sebagai contoh: senyawa antioksidan dan polisakarida, yang terkandung pada teh. Dan kini, penelitian menunjukkan bahwa teh tampaknya dapat bermanfaat  bagi penderita diabetes sebagai salah satu cara menurunkan gula darah.

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian teh hijau dan teh hitam selama 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tikus yang menderita diabetes. Selain dapat bermanfaat sebagai salah satu cara menurunkan gula darah, konsumsi teh pada tikus ini juga dapat menghambat timbulnya salah satu gangguan yang umum timbul akibat diabetes yaitu katarak pada mata. Nah, seberapa banyak teh yang dibutuhkan? Dosis yang digunakan pada penelitian ini diketahui setara dengan 4.5 gelas teh per hari untuk manusia.

 

Salah satu komponen pada teh yang diduga terlibat dalam pengaturan kadar gula darah adalah senyawa polisakarida yang terkandung di dalamnya. Senyawa polisakarida di dalam teh diyakini memiliki aktivitas serupa dengan beberapa jenis obat diabetes yang dapat menghambat pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan teh dipercayai sebagai ‘obat’ bagi penderita diabetes di Jepang dan China.

 

Meskipun hasil penelitian ini tampak menjanjikan sebagai cara menurunkan gula darah  yang efektif, masih diperlukan studi dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa teh mampu menurunkan kadar gula darah di manusia. Selain itu, tetap perlu diingat bahwa bagi penderita diabetes, menjaga asupan makanan dan rutin berolahraga tetaplah cara terbaik untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

 

 

Source:

webmd.com/diabetes/news/20090730/black-tea-may-lower-blood-sugar

webmd.com/diabetes/news/20050420/black-tea-green-tea-good-for-diabetes

Diakses pada 27 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *