Tauge: Alternatif Menu Diet Rendah Kalori

2 November 2015

Sedang menjalankan diet rendah kalori, tapi bingung menentukan menu yang akan dikonsumsi hari ini? Cobalah untuk menyantap tauge untuk menu diet rendah kalori Anda. Jenis sayur ini cukup mudah dijumpai dan harganya pun relatif terjangkau. Di Indonesia sendiri, tauge digunakan untuk berbagai jenis makanan daerah, seperti soto, pecel atau rujak.

 

Jenis tauge yang paling banyak dijumpai tentunya tauge dari kacang hijau. Menurut jurnal Plant Foods for Human Nutrition, tauge dari kacang hijau terbukti memiliki kandungan fenolik dan antioksidan total yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kacang hijau biasa.

 

Jumlah kalori makanan  yang terdapat pada satu porsi tauge adalah 30 kalori. Sementara itu, seporsi tauge mengandung 2 gram lemak, 4 gram protein, dan 6 gram karbohidrat. Beberapa tips diet juga merekomendasikan menu tauge sebagai hidangan yang sehat. Hal tersebut dikarenakan tauge mengandung enzim yang cukup tinggi serta bebas kolesterol.

 

Di samping itu, tauge juga mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, fosfor, mangan dan kalium. Selain direkomendasikan untuk tips diet  rendah kalori, tauge juga memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah masalah rambut dan kuku yang disebabkan karena kekurangan gizi
2. Mengurangi gejala menapouse yang dikarenakan oleh aktivitas fitoestrogen
3. Membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol
4. Membantu mengurangi lemak pada hati dan mencegah disfungsi hati

 

Tentunya, semua manfaat tauge diatas tetap harus didukung bersama dengan pola hidup yang baik dan aktivitas fisik yang seimbang. Sekarang, sudah tahu kan manfaat positif dari tauge? Jadi, tidak perlu ragu untuk memilih tauge sebagai menu diet rendah kalori yang sehat, terjangkau, dan bergizi.

 

 

Source:

http://www.healthcastle.com/sprouting-grains-and-seeds-home

ic.steadyhealth.com/bean_sprouts_and_benefits_for_our_health.html

ic.steadyhealth.com/mung_bean_sprouts.html

Diakses pada 4 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *