Anda Super Tasters? Hati-Hati dengan Asupan Gula Anda!

15 June 2010

super-tastersMerasa penasaran kenapa ada beberapa orang tertentu yang tidak menyukai teh? Atau cenderung menambahkan gula lebih banyak pada kopi mereka? Mungkin mereka adalah super tasters!

Beberapa orang dilahirkan sebagai tasters. Tasters yaitu orang yang dapat mendeteksi rasa pahit pada senyawa 6-n-prophylthiouracil (PROP), sedangkan super tasters merupakan tasters yang memiliki kepekaan sangat tinggi terhadap rasa pahit tersebut. Adapun non-tasters tidak dapat mendeteksi rasa pahit pada senyawa PROP1,2. Penelitian menunjukkan bahwa selain dapat merasakan rasa pahit pada PROP, tasters dan super tasters pun memiliki kepekaan rasa lebih tinggi dibandingkan non-tasters2.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tergolong super tasters cenderung tidak menyukai makanan yang memiliki rasa agak pahit seperti sayuran, susu kedelai, teh, coklat, dan kopi1. Karena itulah, mereka cenderung menutupi rasa pahit pada makanan atau minuman dengan menambahkan gula3.

Hal inilah yang patut diwaspadai! Pasalnya, karena lebih peka terhadap rasa pahit, super tasters cenderung menambahkan gula relatif lebih banyak dibandingkan non-tasters3. Apabila hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin para super tasters mengalami kelebihan konsumsi gula, dan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes!

Data statistik menunjukkan bahwa 70% dari populasi umum merupakan tasters4. Karena prevalensinya yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda atau keluarga Anda merupakan tasters atau super tasters dan tanpa disadari memiliki konsumsi gula yang cukup tinggi. Karena itu, gantilah gula Anda dengan pemanis rendah kalori atau tanpa kalori! Pemanis rendah kalori memiliki kalori yang jauh lebih rendah dan terkontrol dengan rasa manis yang sama sehingga lebih aman untuk kesehatan Anda dan orang-orang terkasih Anda. Tropicana Slim, terdepan dalam memaniskan Indonesia.

References

  1. Drewnowski., A, S.A. Henderson, and A.B. Fornell. 2001. Genetic Taste Markers and Food Preferences. Drug Metabolism and Deposition 29 (4): 535-538.
  2. Drewnowski., A, et. al. 1999. Taste and Food Preferences as Predictors of Dietary Practices in Young Women. Public Health Nutrition 2 (4): 513-519.
  3. Ly, A. and A. Drewnowski. 2001. PROP (6-n-propylthiouracil) Tasting and Sensory Responses to Caffeine, Sucrose, Neohesperidin Dihydrohalcone and Chocolate. Chem. Senses 26: 41-47.
  4. Tepper, B.J. and R.J. Nurse. 1997. Fat perception is Related to PROP Taster Status. Physiology & Behaviour 61 (6): 949-954.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *