1

Gula vs Diabetes

  

Gula.
Apa yang terbayang di pikiran Anda ketika membaca atau mendengar kata “gula”?
Manis? Enak? Atau bahkan kalori, kegemukan,risiko diabetes?

Ingin tahu lebih lanjut, yuk berkenalan dengan si manis yang satu ini!

Fakta Gula #1: Suka Rasa Manis: Bawaan Sejak Lahir

Jika Anda pernah mendengar kata “sweet tooth”, mungkin istilah ini ada benarnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir paling menyukai rasa manis dibandingkan rasa lain. Para bayi tersebut pun merespon rasa manis lebih cepat dibandingkan dengan yang lain1. Tak heran, kesukaan Anda terhadap rasa manis ternyata bersifat bawaan.

Fakta Gula #2: Gula = Sumber Kalori

Gula tak hanya manis tapi juga langsung dapat memberikan energi2. Satu sendok makan gula mengandung 45 kalori, atau setara 10menit jogging. Tak heran kita merasa bersemangat setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis!

The down side: Karena gula juga dapat memberikan kalori, disarankan dikonsumsi dalam porsi sewajarnya. Penyebabnya, kelebihan gula dapat berdampak pada kelebihan kalori yang mengakibatkan kegemukan atau diabetes3!

Quick Tips: Ingin batasi konsumsi gula tapi ingin mendapat energi? Coba teh! Kandungan kafeinnya ampuh membuat kita terus bersemangat! Untuk mendapat sensasi manis tanpa kalori berlebih, kamu juga bisa menggunakan pemanis rendah atau tanpa kalori.

Fakta Gula #3: Gula Bikin Kecanduan?

Gula bikin kecanduan atau addiction? Masa sih?
Studi terbaru: ternyata gula dapat mempengaruhi otak dengan efek yg sama seperti ditimbulkan morfin, alkohol dan zat lain yg membuat ketagihan4,5! Caranya? Saat kita makan makanan manis, otak akan memproduksi dopamine yg membuat kita happy. Tak heran kita ingin makan manis saat stress. Nah, karena lidah kita sudah terbiasa dgn rasa manis, tanpa sadar kita menaikkan dosis gula sehingga makanan atau minuman kita menjadi lebih manis lagi4,6. Sama seperti kecanduan!

The down side: Karena kita terbiasa makan manis, konsumsi gula jadi berlebih. Akibatnya: kegemukan plus peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lain!

Quick Tips: Cegah kecanduan gula! Caranya: kontrol asupan gula agar tidak lebih dari 25 gram, atau 3-4 sendok makan per hari2. Another tips: enyahkan hasrat ngemil cake atau cookies dengan mengunyah permen karet bebas gula atau buah segar. Yuk hidup sehat tanpa gula berlebih!

Fakta Gula #4: Gula berlebih = Diabetes?

Sadly yes. Gula merupakan karbohidrat sederhana yang mudah diserap tubuh. Karena cepat diserap, cepat pula Anda merasa lapar2. Terus merasa lapar dan diimbangi banyak makan tanpa diimbangi olahraga tentu berdampak pada kelebihan kalori, yang akan disimpan sebagai lemak. Padahal, kelebihan lemak membuat sel tubuh tidak peka terhadap insulin, dan mengakibatkan diabetes!

Fakta Gula #5: Anda BISA mencegah kelebihan konsumsi gula

Rule of thumb:
Ingin terus menikmati makanan manis tapi ingin terhindar dari kegemukan dan diabetes? Anda bisa mencoba menggunakan pemanis pengganti gula. Pemanis ini hanya memiliki sedikit, bahkan tanpa kalori. Gunakan juga produk-produk yang rendah kalori dan rendah gula untuk menjaga asupan gula dan kalori Anda. Sweet, with no worries.

Tropicana Slim dengan rangkaian produk bebas gula dan rendah kalori memberikan rasa manis, tanpa kuatir kalori berlebih.

Ingin tahu lebih lanjut? Cek artikel Info Sehat lainnya!

References:

  1. American Dietetic Association. 2006. Complete Food and Nutrition Guide. John Wiley and Sons, New Jersey.
  2. Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Umum Gizi Seimbang. Jakarta: Departemen Kesehatan.
  3. Drewnowski A, et. al. 1999. Taste and food preferences as predictors of dietary practices in young women. Public Health Nutrition 2 (4): 513-519.
  4. Benton D. 2010. The plausibility of sugar addiction and its role in obesity and eating disorders. Clinical Nutrition 29: 288–303.
  5. Avena NM, Rada P, Hoebel BG. 2008. Evidence for sugar addiction: Behavioral and neurochemical effects of intermittent, excessive sugar intake. Neuroscience and Biobehavioral Reviews 32: 20–39.
  6. Avena NM, Rada P, Hoebel BG. 2009. Sugar and fat bingeing have notable differences in addictive-like behavior. J Nutr 139: 623–628.
Tags: , , , , , , ,

RELATED POST

6 Nutrisi Bermanfaat untuk Tubuh Anda
Penyakit Diabetes: Fakta dan Mitos – Bagian 2
Lelah dan kantuk? Coba Cara ini!

22 Responses to Gula vs Diabetes

  • ana says:

    saya pernah baca tropicana slim mengandung sorbitol jagung, dimana sorbitol memiliki efek laksatif bila dikonsumsi berlebihan. Jadi berapa gr maksimal mengkonsumsi gula tropicana?

    kemudian, yang saya tahu bahwa apabila kita mengkonsumsi gula, maka tubuh kita akan melepas insulin. sementara klo kita mengkonsumsi pemanis buatan. otak kita mengira itu gula sehingga melepas insulin, namun ternyata tidak ada gula, mengakibatkan insulin yang sudah diproduksi tidak digunakan sehingga hormon kita jadi tidak bagus. Setahu saya tropicana slim itu kan pemanis buatan? Apakah tropicana slim memberikan efek yang sama atau tidak? atau justru proses yang saya sebutkan sebelumnya keliru?

  • admintropicana says:

    @Ana : penjelasan dari pertanyaanmu kami balas via email ya. Silahkan di check.

    Salam,
    Tropicana Slim

    • Rahman says:

      Saya mengkonsumsi rutin tropicana slim yang strip biru (DIABTX), sejak 3 tahun belakangan ini, saya juga membutuhkan jawaban seperti ana. Terimakasih.

  • Andi says:

    admin, saya minta jawaban pertanyaan Ibu Ana dikirim via emali saya.. saya membutuhkan jawaban dengan pertanyaan yang sama..terimakasih..

  • admintropicana says:

    @Praja : Kami kirim via email ya :)

    Salam,
    Tropicana Slim

  • Cicik says:

    Apakah gula dr tropicana slim baik untuk balita ya?? untuk membuat teh untuk balita??..
    Thx ya…

  • yamin says:

    saya juga ingin jawaban di atas ya

  • arman says:

    saya juga mau jawaban yg dari pertanyaan ANA.

  • bayu says:

    tolong penjelasan ibu ana juga dikirim ke email saya. soalnya saya konsumsi tropicana diabetic tp sayanya ga diabetes terima kasih.. terima kasih

    • andry says:

      efek laksatif itu apa ya kl boleh tahu? dampaknya apa? dan seberapa besar dampaknya trhadap tubuh bila mengkonsumsi tropicana slim scara berlebihan?

  • Yenny says:

    Buat anak 2yo aman?berapa batas konsumsinya?ditunggu emailnya..thanks ^^

  • saleha says:

    salam…
    saya ingin bertanya, seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi tropicana slim dalam sehari?
    apakah tropicana berdampak negatif pada ginjal?
    apakah sama tropicana slim dengan pemanis buatan lain nya?

  • yay says:

    saya juga ingin penjelasan ibu ana di kirim ke email saya,dan saya juga komsumsi tropicana clasis dan penderita pra diabetes…terima kasih

  • adam says:

    Saya mau juga dpt inbox mail jawaban dari pertanyaan saudar/i Ana ,thanx

  • Sofian says:

    Sy sdh lama mengkonsumsi gula tropicana, kalau boleh pertanyaan mbak ana tsb diatas sy minta jawabannya lewat email juga. Trims.

Leave a Reply

Jawaban comment akan dikirim ke e-mail pribadi kamu.
Pastikan alamat e-mail yang tertulis sudah benar. Email tidak akan dipublikasikan.

Required fields are marked *

*


5 × = forty