Sudahkah Anda Cukup Minum Air Putih Hari Ini?

12 August 2015

Minum air putih dalam jumlah yang cukup tak hanya bermanfaat untuk mengontrol metabolisme tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi. Lebih dari itu, ternyata minum cukup air putih secara rutin juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah. Sehingga, minum air putih dapat menjadi salah 1 cara mencegah diabetes yang sangat sederhana dan bisa dilakukan semua orang.

 

Dalam sebuah studi, para peneliti Perancis mencoba mengamati hubungan antara kebiasaan konsumsi air putih dengan kenaikan kadar gula darah pada 9 tahun berikutnya pada 3.615 pria dan wanita dengan kadar gula darah normal. Hasilnya, kelompok yang meminum air putih lebih banyak (>1.0 L per hari) memiliki risiko diabetes 21% lebih kecil pada beberapa tahun ke depan dibandingkan mereka yang mengonsumsi air kurang dari 0.5 L per hari.

 

Menurut pendapat James Gavin, chair of the Partnership for the Healthier America, kondisi kekurangan air putih memiliki dampak yang sama dengan orang yang mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol. Karena kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh sulit memproses asupan gula secara optimal. Bila hal ini berlangsung secara berlarut-larut, maka tingginya kadar gula darah berpotensi memicu timbulnya penyakit diabetes. Tak hanya itu, kondisi dehidrasi juga diduga terkait dengan regulasi hormon tubuh yang mengatur metabolisme gula di dalam tubuh.

 

Namun, studi kaitan antara minum air dengan risiko diabetes masih terbatas dan masih harus dipelajari lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya ‘kan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari? Mulailah kebiasaan sehat ini dari sekarang sebagai investasi kesehatan yang sangat berharga.

 

Jadi, sudahkah Anda cukup minum air putih hari ini?

 

 

Sources :
webmd.com/diabetes/news/20110630/drinking-water-may-cut-risk-of-high-blood-sugar
healthcentral.com/diabetes/h/does-drinking-water-help-lower-blood-glucose-level.html
Diakses pada : 19 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *