Siapa Bilang Stroke Itu Mendadak? Kenali Isyaratnya!

18 January 2010

Nomor Tiga

Rasanya tak ada yang tak kenal stroke. Penyakit ini sering disebut-sebut sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Hal ini memang benar, karena stroke memegang kedudukan nomor tiga setelah kanker dan jantung. Data statistik di Amerika menyebutkan terdapat 700.000 kasus stroke baru setiap tahunnya. Ini artinya setiap 45 detik, ada satu orang Amerika yang terkena stroke. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada 500.000 penduduk terkena stoke. Dari jumlah tersebut, 2,5%-nya meninggal dan sisanya cacat ringan maupun berat. Tingginya tingkat kejadian penyakit ini sudah sewajarnya membuat kita waspada dan berusaha untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

 

Apa Itu Stroke?

Stroke termasuk penyakit kardiovascular yang mempengaruhi peredaran darah ke otak. Apabila terjadi stroke, maka bagian tertentu dari otak tidak mendapatkan aliran darah atau oksigen. Lambat laun bagian otak tersebut akan menjadi inactive atau mati. Akibatnya bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak tersebut tidak dapat bekerja secara baik atau ikut menjadi inactive.

Secara praktis, serangan stroke ini dapat dibagi dua. Pertama, Ischemic Stroke yang disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir lancar ke otak. Penyumbatan ini terjadi akibat adanya timbunan lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh menyempit. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini. Kedua, hemorrhagic stroke yang disebabkan pembuluh darah melemah dan kemudian pecah sehingga darah mengumpul di daerah sekitar otak tersebut. Hampir 70 persen kasus haemorrhagic stroke terjadi pada penderita hipertensi.

 

Ministroke, Isyarat Stroke

Tak banyak yang tahu tentang mini stroke, padahal sebetulnya sebelum stroke terjadi, tubuh telah memberikan isyarat berupa mini stroke. Mini stroke atau yang disebut juga Transient Ischemic Attacks (TIA) memberikan tanda-tanda yang sama pada saat terjadinya ischemic stroke. Hanya saja penyumbatan (blood clot) tidak berlangsung lama dan hilang begitu saja. Sesudah itu mekanisme tubuh kembali normal. TIA terjadi biasanya sekitar kurang lebih 5 menit dan tidak menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang yang pernah mengalami stroke sepertiganya telah mengalami pendahuluan berupa ministoke dalam kurun waktu 7 hari sebelum serangan terjadi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa itu mini stroke. Oleh karena itu, jika Anda merasakan salah satu atau lebih gejala di bawah ini, segeralah ke dokter untuk mendapat perawatan :

1. Mati rasa atau merasa lemas di bagian muka, lengan atau kaki secara mendadak, terutama di satu sisi tubuh saja
2. Kesulitan untuk berbicara, mengerti, atau bingung secara tiba tiba
3. Kesulitan untuk melihat dengan satu atau dua mata secara mendadak
4. Kesulitan berjalan, pusing atau hilangnya keseimbangan/koordinasi tubuh secara mendadak
5. Pusing yang timbul secara mendadak tanpa penyebab yang jelas

 

Masih Bisa Sembuh

Stroke merupakan persoalan yang serius karena dampaknya yang tak ringan. Dampak penyakit ini bervariasi, tergantung pada lokasi penyumbatan dan seberapa banyak jaringan otak yang terpengaruh. Kerusakan yang parah bisa menimbulkan kematian, sedangkan kerusakan yang permanen akan menimbulkan gangguan mulai dari penglihatan, bicara, bahasa, kelumpuhan, kordinasi tubuh, penurunan kemampuan kognitif sampai kehilangan memori.

- Stroke di Otak Kanan Stroke di Otak Kiri
- Paralysis di sisi kiri tubuh Paralysis di sisi kanan tubuh
- Masalah penglihatan Kesulitan berbicara
- Mempunyai sikap cepat, banyak ingin tahu Mempunyai sikap berhati hati, lamban
- Hilang memori Hilang memori


Lalu apakah penderita stroke masih bisa sembuh secara sempurna? Menurut penjelasan dr. Sutarto Pd, SpS, dokter spesialis syaraf dan konsultan neurologi RSPAD Gatot Subroto dalam suatu media, penderita stroke masih dapat sembuh secara sempurna asalkan ditangani dalam jangka waktu 6 jam atau kurang dari itu. Namun, bila lewat dari waktu tersebut tindakan yang perlu dilakukan adalah pemulihan. Tindakan pemulihan ini penting untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke.

Dr Ng Yee Sien, konsultan dari Departemen Pemulihan di Rumah Sakit Umum Singapura menyebutkan bahwa upaya untuk memulihkan kondisi kesehatan penderita stroke sebaiknya dilakukan secepat mungkin, idealnya dimulai 4-5 hari setelah kondisi pasien stabil. Tiap pasien membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pasien. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan.

Stroke seringkali menyebabkan penderitanya mengalami stres dan depresi, bahkan beberapa dari mereka berusaha memungkiri dirinya sendiri bahwa mereka menderita stroke. Untuk itu dukungan dari keluarga, shabat dan rekan-rekan sangat dibutuhkan dalam proses pemulihan ini (lis/ptr)



Comments

  1. Muhammad Rozi

    June 11, 2013, 1:08 am

    Teman saya penderita hipertensi Tangan dan Kaki sebelah kiri tidak bisa di gerakan Dok, Pertanyaan Saya ; Apakah ini termasuk Stroke ? Kalau iya, seberapa parah kah Stroke teman saya ini ? Berapa lama waktu penyembuhannya ? Terima Kasih.

    1. admintropicana

      June 13, 2013, 8:53 am

      @Rozi: Mengenai kondisi temanmu, kami jelaskan via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  2. Tina

    June 11, 2013, 11:42 am

    kakak saya tiba – tiba separuh badannya sebelah kiri tidak bisa digerakkan, dan setelah dipijat ternyata rasa sakit itu malah tambah melebar. Sakit itu sudah sekitar 5hari.Itu gejala apa ya?
    Terimakasih

  3. agoes

    June 11, 2013, 4:27 pm

    ibu ku kena stroke pecah pembuluh darah sebelah kiri kemudian di operasi…
    Skarang masuk rumah sakit lagi..
    Pertanyaan aku Apakah akan terulang kembali dan apakah ada obat penyembuhannya,agar bisa kembali seperti sbelum terkena stroke.kata dokter seumur hidup harus minum obat,,terima kasih..mohon pencerahaannya…

  4. irma manorek

    June 20, 2013, 1:52 am

    Papa saya baru mulai tahun ini mungkin sudah ªϑª 3 kali, papa saya tiba-tiba kaku tangannya,diajak ngobrol ngk pernah menjawab, tidak ♍á◦º°˚˚°º◦ûûû makan sama sekakli, dan jadi agak bingung2. Dan itu terjadi biasanya pagi bisa smp sore,itu sakit apa ya

  5. triseptyansari

    June 22, 2013, 7:02 pm

    bagaimana cara mendiagnosa penyakit stroke

  6. koko sanjaya

    June 25, 2013, 12:41 am

    ibu saya baru saja mengalami stroke kanan pada 2minggu ini,hingga funsi tangan sebelah kanan tidak berfungsi,2hari setelah mengalami mulut ibu saya sebleh kanan tidak bisa berfungsi,namun setelah berobat melalui urut akhirnya mulut ibu sya kembali normal,

    skrg langkah ap yg harus saya ambil ???
    mohon bantuan dan penjelasannya Tropican slim.
    terima kasih

  7. ichen

    July 2, 2013, 1:38 pm

    maaf, ayah saya baru kemarin kena stroke. ada darah tinggi. tangan dan kaki kirinya gak bisa digerakkan. ini cara menanganinya bagaimana? kalau ada obatnya, tolong beritahu saya.
    karena ibu saya semalaman menangis karenanya.

  8. tika

    July 4, 2013, 10:34 pm

    minggu kmrn saat sy mandi tb2 merasa ruangan berputar & sy jatuh. tp cm berlangsung 1-2 menit aja. setelah itu kmbali normal. sy bingung knp bs begitu. apa itu gejala mini stroke? umur sy 28th dan tdk mempunyai penyakit berat slm ini. hasil check darah 2 bln yll bagus hanya hb rendah. mohon infonya via email. terima kasih sblmnya, tropikana.

  9. Rina

    July 5, 2013, 4:07 pm

    Selamat siang, Dok

    Kemarin, tanggal 04 Juli 2013, jam 3 sore, Pak De saya merasakan kaki kiri dan tangan kanan tidak bisa digerakan, jam 8 malam kami bawa kerumah sakit, dan setelah melakukan CT Scan, ternyata Pembuluh Darah Otak Kanan Pecah, Untuk Pulih kembali, cara apa yang harus dilakukan?
    Mohon informasinya.Terima kasih.

  10. arif

    July 7, 2013, 2:28 pm

    APAKAH STROKE HANYA MENYERANG KALANGAN LANSIA???,(dr usia berapa sampai berapa,yg paling berpeluang terkena serangan stroke)

  11. kikin

    July 16, 2013, 11:17 am

    saya terkena stroke ringan,… dan umur saya 29 thun.. apakah lama proses penyembuhannya.. saya benar benar shock.. tidak percaya,.. gara gara penyakit ini aktifitas saya terhambat… saya stres memikirkan… apa yang harus saya lakukan…

  12. yucuf

    July 21, 2013, 12:12 am

    mau tanya dok bapak saya usainya 65thn truss gini badannya lemes truss drop buat bergerak aj gk ada tenaga kira” ini kenapa dok yah dan bagaimana memulih kn tenanganya kembali agar bisa buat bergerak dan berjalan

  13. Riza Ofriadi

    July 21, 2013, 9:34 am

    Ibu saya 53thn terkena stroke iskemik 4bln yg lalu.Ada riwayat penyakit jantung rematik penyumbatan di salah satu katub jantung dan darah tinggi. Penyumbatan di otak sebelah kanan, akibatnya lumpuh di sebalah kiri,kaki dan tangan. sekarang sudah bisa berdiri sendiri,kaki sdh bisa menendang,tapi blm kuat utk mengangkat kaki ke atas. Jalan sdh bisa,tapi masih dibantu utk mengangkat telapak kaki. Tangan masih lemah,bisa digerakan gerakan kecil. Waktu serangan lgsg di bawa ke RS di jam pertama, setelah di rawat inap, fisioterapis selama lbh sebulan. Sekarang latihan sendiri dibantu adik2. sekarang sering terasa pegal di kaki, kalo berjalan dan latihan, apa ya penyebabnya? Latihan seperti apa utk meningkatkan kemampuan mengangkat kaki melawan gravitasi?, apakah obat syaraf masih efektif dimakan(piracetam,citicolin). Karna mengidap sakit jantung, tidak boleh terlalu capek , gimana menyiasati nya?Trimakasih

  14. agus

    August 1, 2013, 8:17 am

    Pagi dok, saya 41 tahun, desember 2012 divonis dokter kena gejala stroke, sudah di scan hasil normal tapi belum mri, keluhan sampai saat ini masih sering pusing dan kesemutan diseluruh tubuh termasuk muka walaupun tidak tertindih atau telipat, telapak tangan sering kram bila bawa sepeda motor. Pertanyaan apakah saya bener terkena stroke? Apakah ada obat pengecer darah atau stroke yang bagus. Trims

  15. syamsudin

    August 2, 2013, 12:16 pm

    ibu saya srdang mkan kemudian tersedak(keselek) lalu muntah muntah setelah itu beliau tidak bisa bicara apakah itu merupakan serangan struk? solusi apa yang terbaik atau referensi pengobatan yang baik sehinnga ibu saya bisa normal kembali

  16. EDY

    August 7, 2013, 8:32 pm

    Kepada admintropicana: Papa saya baru beberapa hari ini kena stroke, sama seperti kasus di atas, tangan dan kaki sebelah kanan tidak dapat digerakkan. Solusi untuk pemulihannya seperti apa yang disarankan? Thanks

  17. riris

    August 21, 2013, 2:03 pm

    tangan kadang kram dán bila digerakkan seperti kesemutan
    pusing dán sampai kemata bagian kanan

    kira kira menyakit apa yang saya derita??

  18. Subiyanto Hartanto

    September 1, 2013, 11:26 am

    Kakak saya terkena seranagan storke yg ke dua dan lumpuh total apakah nanti bisa puluh minimal bisa duduk dok

  19. budiman

    September 2, 2013, 10:55 pm

    dok bapak saya usainya 62thn badannya lemes bibirnya aga mereng lalu badannya kek drop buat bergerak aj gk ada tenaga kira” ini kenapa dok hasil tes darah semuanya normal. kumohon dok dibalas pertanyaan saya

  20. Minarno

    September 6, 2013, 12:36 pm

    Met siang dokter,usia saya 30thn,berat 46kg,tinggi 165cm.Sudah periksa dokter(cek up),semua normal tak ada penyakit.Tp tangan dan kaki kiri saya kok terasa lemas tak bertenaga.Susah diangkat,untuk berjalan.Tangan tidak bertenaga untuk menggenggam.Yang saya rasakan,cuma otot tangan dan kaki terasa pegal dan kaku.Apa ini jg trmasuk gejala stroke?Setiap periksa dokter selalu ganti obat,tapi sama saja masih sperti ini.Sudah sekitar 3 bulan.Kadang sembuh,tp kdang kambuh lgi.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  21. Minarno

    September 6, 2013, 12:42 pm

    Met siang dokter,usia saya 30thn,berat 46kg,tinggi 165cm.Sudah periksa dokter(cek up),semua normal tak ada penyakit.Tp tangan dan kaki kiri saya kok terasa lemas tak bertenaga.Susah diangkat,untuk berjalan.Tangan tidak bertenaga untuk menggenggam.Yang saya rasakan,cuma otot tangan dan kaki terasa pegal dan kaku.Apa ini jg trmasuk gejala stroke?Setiap periksa dokter selalu ganti obat,tapi sama saja masih sperti ini.Sudah sekitar 3 bulan.Kadang sembuh,tp kdang kambuh lgi.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  22. supri

    September 7, 2013, 8:33 pm

    dok,adik saya sdh 1 thun terserang tumor jiinak di otaknya dan stlh mnjalani terapi slama kurang lbih 6 bulan srg dah smbuh tapii ada pnyakit baru yaitu tangan dan kakii sblah kiiri tdk biisa di gerakkan.pnyakit apakah ini namanya dok ?,apakah msih ada harapan utk smbuh kmbali ?.mohon penjelasannya dok,, terimakkasih.

  23. jerry ferdinand

    September 11, 2013, 4:34 pm

    mohon sarannya dok, usia saya 43 th, sudah 3 hari ini saya merasakan kebas sebagian badan kiri dari telapak kaki sampai kepala. sebelum saya pernah juga merasakan hal yang sama tetapi tidak pernah selama ini (dibawah 1 jam). terima kasih.

  24. deny

    September 13, 2013, 7:15 am

    Ayah saya di diagnosa ad penyumbatan pembuluh darah, d otaknya,. Menyebabkan tngan ma kaki kanannya susah untuk digerakin,. Dan dya juga mengalami penyakit ginjal, dan sudah 2 kali cuci darah,. Sekarang ayah saya omongannya ngelantur kadang tidak sadar dengan omongannya,. Kalau boleh tau apa itu efek dari strokenya?? Trus langkah apa yang harus saya lakukan,. Terima kasih,.

  25. rinrin

    September 15, 2013, 10:03 pm

    mau tanya kalo sering sakit kepala,trus pusing mendadak rasa mau pingsan,sering kedinginan,mual,sering masuk angin.kalo mau pingsan pasti lagsung sesak nafas.apakah itu gejala stroke.apakah bisa sembuh.kalo kedokter,sebaiknya dokter bagian apa ya

  26. anam

    September 22, 2013, 7:17 pm

    Dok, sy mau tanya, Dimanakah sebenarnya letak pembuluh darah itu? Mohon jawabanya, T’ksih.

  27. titik

    September 24, 2013, 1:32 pm

    ibu saya 87 thn ,sdh 1,5 thn kena stroke mulanya nggak sadar setelah mendapat pertolongan sekarang memang jauh lebih baik cuma kakinya sering bengkak dan sulit berjalan ,perlu saya tambahkan beliau menderita jantung koroner .yg jadi pertanyaan kenapa sulit u/berjalan ? Thanks

  28. Roy Purnama

    September 24, 2013, 3:44 pm

    saya sering mengalami rasa nyeri di kepala bagian belakang sebelah kiri semenjak ada semacam ledakan dalam kepala di saat sy tidur dan kram di tangan kiri sampai kaki kiri bila sedang apa saja,,yg ingin sy tanyakan apa ini bagian dari gejala stroke dan bagaimana penanggulangannya?? Terima kasih atas jawabannya..

  29. yusefh

    September 25, 2013, 10:03 am

    Dok ibu sy kena stroke ringan kena sebelah kana sudah sembuh walau pun tidak total 100%,nah 3 bulan yg lalu ibu saya jatuh masuk rumah sakit sampai sekarang belum sembuh cuma terbaring saja,kata dokter yang memeriksa ibu sy pecah pembuluh darah di kepala dan kemungkinan berpengaruh pada pendengaran,samapai sekarang ibu saya belum juga sembuh khususnya mengerakan kepala terasa pusing luar biasa & tidak ada nafsu makan, terima kasih dok semoga dokter bisa bantu saya memberikan saran cara pengobatannya.

  30. reza

    September 30, 2013, 4:25 pm

    Selamat sore dokter, saya laki2 usia 38th, saya sering mengalami pusing sakit kepala, kehilangan keseimbangan, dan sering pegal di pundak dan bagian bawah leher belakang, saya juga mengalami sakit asam lambung…apakah saya dapat terkena stroke?
    terima kasih

  31. maria yan purwantari

    October 4, 2013, 10:52 am

    Siang dok, saya kadang merasa kaki kiri tiba tiba lemas. itu saya rasakan baru 1 bulan ini 2 x. tapi juga hanya beberapa menit saja. ya kurang lebih 1-2 menit. apa itu juga gejala strok dok? Terima kasih penjelasannya.

  32. Antoni

    October 5, 2013, 11:08 pm

    Saya mau Tanya Dok, badan saya 3 bulan terakhir ini lemas, sering BAK ujung Jari tangan Dan ujung jari kaki sering kesemutan. Perasaan tidak nyaman kalau di bawa berjalan sempoyongan kayak mau jatuh sudah cek KGD 300 mg apakah Itu penyakit gula atau stroke ?

  33. yanti

    October 12, 2013, 9:11 pm

    Malem dok,bp. Sy 56 th baru skitar 2minggu kena struk ringan , tangn,kaki sblh kiri ngg gerak, tensi drh nya 160,ada ambeien, asem uratnya,lg brobat jln, obat apa ya,dok, biar cpt bs gerak lg, mhn bantuannya tq.

  34. dede waruwu

    October 14, 2013, 11:36 am

    Dokter,
    saya mau bertanya, seminggu belakangan ini jari-jari tangan sebelah kiri saya (terlebih-lebih jari kelingking, jari manis, dan jari tengah) kurang dapat digerakkan dan seperti mati, dan perasaan seperti sedikit membengkak. Masih bisa digerakkan memang, tapi kurang bertenaga. Untuk memotong kuku jari sebelah kanan saya pun susah sekali.
    Hal ini membuat saya begitu sangat khawatir.
    Kira-kira apa penyebabnya itu Dokter? Dan bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.
    Tolong saya ya Dokter, saya butuh bantuan Dokter.
    Terimakasih Dokter.

  35. elham

    October 14, 2013, 6:51 pm

    Di paha kanan dekat lutut sering terasa seperti ada mata bor listrik yang menancap. Kira-kira 3,sampai 5 detik lalu hilang, dan tidak ada terasa saki apa-apa. Kadang dua tiga hari sekali muncul. Sakit apa ya dr? Mohon balasannya, tks

  36. julius

    October 17, 2013, 7:21 pm

    kemarin tiba tiba kaki kanan saya mati rasa dan saya jatuh, sekitar 5 menit tidak bisa gerak. apa itu termasuk ministroke dok ?

  37. armyphonesbb

    October 19, 2013, 3:05 pm

    ibu saya terkena penyakit gula dan darah tinggi,,
    lengan kiri tdk bisa digerakkan,,td pagi kaki kiri secara mendadak jg tdk bisa digerakkan dan sisi tubuh kiri juga kesulitan untuk berbicara dan sekarang sdh masuk rumah sakit,,apa yang harus kami lakukan Dok ?mohon pencerahan,,terimakasih

    1. muhammad amir

      October 19, 2013, 3:11 pm

      maaf nama saya muhammad amir bukan armyphonesbb terimakasih

      1. muhammad amir

        October 19, 2013, 3:19 pm

        ibu saya terkena penyakit gula dan darah tinggi, tangan kiri tidak bisa digerakkan,,
        tadi pagi kaki kiri mati rasa terutama di satu sisi tubuh saja, kesulitan untuk berbicara, dan sudah masuk rumasakit,, apa yg harus saya lakukan mohon pencerahan Dok,,terimakasih,,..

  38. lia

    November 19, 2013, 3:23 pm

    ibu saya punya penyakit diabtes, asamurat, kolestrol, dan sekarang seluruh badan ibu saya susah di gerakan, kaku dan terasa berat, ibu saya juga tidak mempunyai tenaga.
    pertanyaan saya apa ibu saya terkena stroke? kalau memang iya, seberapa parah kah stroke ibu saya? dan apakah ibu saya bisa sembuh?

  39. deli

    November 20, 2013, 12:53 pm

    ibu saya punya penyakit diabtes, asamurat, kolestrol, dan sekarang seluruh badan ibu saya susah di gerakan, kaku dan terasa berat, ibu saya juga tidak mempunyai tenaga
    pertanyaan saya apa ibu saya terkena stroke? kalau memang iya, seberapa parah kah stroke ibu saya? dan apakah ibu saya bisa sembuh?

  40. heri purwanto

    November 22, 2013, 6:16 pm

    Pak saya dalam masa pemulihan kena serangan stroke sebelah kiri dan sudah dapat berjalan kembali tapi blum seperti smula.
    kira kira butuh berapa lamakondisi saya normal kembali? saya masih terapi tusuk jarum ! minggu sekali.
    mohon pencerahaanya

  41. Mutiara

    November 22, 2013, 11:04 pm

    saya Mutiara, syaraf kaki saya tiba-tiba tidak bisa digerakan sehingga saya sering sulit untuk bergerak dan berbicara untuk beberapa menit. saya juga sering merasa pusing dan itu terjadi hampir setiap hari, otot disekitar muka juga bergerak sendiri mohon balasannya dok.

  42. Ana Kasidi

    November 28, 2013, 8:27 pm

    Bapak saya tiba2 tidak bisa bicara lidah kelu tidak bisa digerakkan … muntah – muntah terus hingga keluar dari hidung… apakah itu stroke ? sedang dalam penanganan dokter.. apa obatnya ? apa yg harus saya lakukan ? Dok terima kasih…

  43. Ruud

    December 6, 2013, 9:59 am

    Pagi dok, Usia saya 22 tahun, badan saya sering lemah, ketika berbicara terkadang gagap, apa yang mau di sampaikan lupa semua. aya ingat saya juga agak menurun…
    pertanyaanya apakah ini termasuk gejala mini stroke? Mohon penjelasannya Dok.
    Terimakasih

  44. syerli

    December 11, 2013, 10:53 am

    Dok keponakan saya umur 5th skarng gak bisa berdiri badannya lemas sudah hampir 2bulan, diagnosis awal terkena chikungunya dan smpat di rawat tapi tidak ada perubahan, itu penyebabnya apa y dok?

  45. Nanoe Rolin

    December 12, 2013, 3:53 pm

    Ibu saya tiba-tiba merasa kesemutan dan tidak bisa diangkat tangan sebelah kiri Dok, Pertanyaan Saya ; Apakah ini termasuk Stroke ? Bagaimana langkah untuk mengantisipasi atau menyembuhkannya dok? Mohon bantuan jawabannya dok. Terima Kasih.

  46. Mirhan

    December 13, 2013, 12:05 pm

    Dok, ayah saya kena strooke udah 1 tahun belm sebuh katanya kalo malem susah tidur.apakah itu efek dari obat yg diminum cara ngatasinya gimana .apakah sering migren itu pertanda strooke. Mohon penjelasannya. Dan banyak trimakasih.

  47. Mirhan

    December 13, 2013, 12:12 pm

    Tanya lagi dok, tangan saya kalo diangkat keatas cepat pegel.apakah itu tanda kekurangan vit b.trimakasih atas pencerahannya

  48. hermawan agus riyanto

    December 15, 2013, 1:31 pm

    dokter ,
    usaha dengan 25 agustus 2013 – 15 desember 2013.. jadi kaki kanan, tangan kanan, pipi….. tangan kaki susah digerakkan, mulut tidak bisa bicara lubih dari 2 kata…
    assalamualaikum…

  49. Hikmia Dewi Polhaupessy

    December 17, 2013, 12:26 am

    Teman saya penderita hipertensi Tangan dan Kaki sebelah kiri tidak bisa di gerakan Dok, Pertanyaan Saya ; Apakah ini termasuk Stroke ? Kalau iya, seberapa parah kah Stroke teman saya ini ? Berapa lama waktu penyembuhannya ? Terima Kasih.

  50. oktavia

    December 25, 2013, 9:51 am

    Pagi dokter,

    Saya mau bertanya.. Kepala saya. Sering skali sakit n klo dminumin obat warung sembuh, tp besok sakit lagi.. Dan juga badan saya terasa letih seperti kekurangan semangat hidup, tangan saya sering kali ksemutan, saya pun ngerasa ada perasaan was was atau ketakutan, apakah saya terkena ministroke dok…
    Terimakasih sebelumnya

    1. Renny oktaviani

      April 22, 2014, 11:41 am

      Dokter,
      Saya mau tanya ibu saya sekarang terkena stroke lg, udh sekitar 2 thun beliau sehat dari strokex dlu setengah bdan yang sebelah kanan mati ngk bsa di gerakkan, hal itu timbul lagi pa yg harus saya lakukan,,,,, , tlng dibantu ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *