11

Siapa Bilang Stroke Itu Mendadak? Kenali Isyaratnya!

  

Siapa Bilang Stroke Itu Mendadak? Kenali Isyaratnya! Hampir sebagian besar masyarakat percaya bahwa stroke terjadi secara mendadak. Padahal sebelum stroke terjadi, tubuh telah memberikan isyarat. Apakah isyaratnya? Temukan jawabnya pada artikel berikut!

Nomor Tiga
Rasanya tak ada yang tak kenal stroke. Penyakit ini sering disebut-sebut sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Hal ini memang benar, karena stroke memegang kedudukan nomor tiga setelah kanker dan jantung. Data statistik di Amerika menyebutkan terdapat 700.000 kasus stroke baru setiap tahunnya. Ini artinya setiap 45 detik, ada satu orang Amerika yang terkena stroke. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada 500.000 penduduk terkena stoke. Dari jumlah tersebut, 2,5%-nya meninggal dan sisanya cacat ringan maupun berat. Tingginya tingkat kejadian penyakit ini sudah sewajarnya membuat kita waspada dan berusaha untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

Apa Itu Stroke?
Stroke termasuk penyakit kardiovascular yang mempengaruhi peredaran darah ke otak. Apabila terjadi stroke, maka bagian tertentu dari otak tidak mendapatkan aliran darah atau oksigen. Lambat laun bagian otak tersebut akan menjadi inactive atau mati. Akibatnya bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak tersebut tidak dapat bekerja secara baik atau ikut menjadi inactive.

Secara praktis, serangan stroke ini dapat dibagi dua. Pertama, Ischemic Stroke yang disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir lancar ke otak. Penyumbatan ini terjadi akibat adanya timbunan lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh menyempit. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini. Kedua, hemorrhagic stroke yang disebabkan pembuluh darah melemah dan kemudian pecah sehingga darah mengumpul di daerah sekitar otak tersebut. Hampir 70 persen kasus haemorrhagic stroke terjadi pada penderita hipertensi.

Ministroke, Isyarat Stroke
Tak banyak yang tahu tentang mini stroke, padahal sebetulnya sebelum stroke terjadi, tubuh telah memberikan isyarat berupa mini stroke. Mini stroke atau yang disebut juga Transient Ischemic Attacks (TIA) memberikan tanda-tanda yang sama pada saat terjadinya ischemic stroke. Hanya saja penyumbatan (blood clot) tidak berlangsung lama dan hilang begitu saja. Sesudah itu mekanisme tubuh kembali normal. TIA terjadi biasanya sekitar kurang lebih 5 menit dan tidak menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang yang pernah mengalami stroke sepertiganya telah mengalami pendahuluan berupa ministoke dalam kurun waktu 7 hari sebelum serangan terjadi. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa itu mini stroke. Oleh karena itu, jika Anda merasakan salah satu atau lebih gejala di bawah ini, segeralah ke dokter untuk mendapat perawatan :
1. Mati rasa atau merasa lemas di bagian muka, lengan atau kaki secara mendadak, terutama di satu sisi tubuh saja
2. Kesulitan untuk berbicara, mengerti, atau bingung secara tiba tiba
3. Kesulitan untuk melihat dengan satu atau dua mata secara mendadak
4. Kesulitan berjalan, pusing atau hilangnya keseimbangan/koordinasi tubuh secara mendadak
5. Pusing yang timbul secara mendadak tanpa penyebab yang jelas

Masih Bisa Sembuh
Stroke merupakan persoalan yang serius karena dampaknya yang tak ringan. Dampak penyakit ini bervariasi, tergantung pada lokasi penyumbatan dan seberapa banyak jaringan otak yang terpengaruh. Kerusakan yang parah bisa menimbulkan kematian, sedangkan kerusakan yang permanen akan menimbulkan gangguan mulai dari penglihatan, bicara, bahasa, kelumpuhan, kordinasi tubuh, penurunan kemampuan kognitif sampai kehilangan memori.

Stroke di Otak Kanan Stroke di Otak Kiri
Paralysis di sisi kiri tubuh Paralysis di sisi kanan tubuh
Masalah penglihatan Kesulitan berbicara
Mempunyai sikap cepat, banyak ingin tahu Mempunyai sikap berhati hati, lamban
Hilang memori Hilang memori

Lalu apakah penderita stroke masih bisa sembuh secara sempurna? Menurut penjelasan dr. Sutarto Pd, SpS, dokter spesialis syaraf dan konsultan neurologi RSPAD Gatot Subroto dalam suatu media, penderita stroke masih dapat sembuh secara sempurna asalkan ditangani dalam jangka waktu 6 jam atau kurang dari itu. Namun, bila lewat dari waktu tersebut tindakan yang perlu dilakukan adalah pemulihan. Tindakan pemulihan ini penting untuk mengurangi komplikasi akibat stroke dan berupaya mengembalikan keadaan penderita kembali normal seperti sebelum serangan stroke.

Dr Ng Yee Sien, konsultan dari Departemen Pemulihan di Rumah Sakit Umum Singapura menyebutkan bahwa upaya untuk memulihkan kondisi kesehatan penderita stroke sebaiknya dilakukan secepat mungkin, idealnya dimulai 4-5 hari setelah kondisi pasien stabil. Tiap pasien membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan pasien. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan.

Stroke seringkali menyebabkan penderitanya mengalami stres dan depresi, bahkan beberapa dari mereka berusaha memungkiri dirinya sendiri bahwa mereka menderita stroke. Untuk itu dukungan dari keluarga, shabat dan rekan-rekan sangat dibutuhkan dalam proses pemulihan ini (lis/ptr)

Tags: , , , ,

RELATED POST

Nafsu Makan vs Rasa Lapar
Rahasia Panjang Umur (Bagian 1)
Hidup Sehat Pasca Berlibur

165 Responses to Siapa Bilang Stroke Itu Mendadak? Kenali Isyaratnya!

  • jonathan says:

    Dokter, ayah sy 3 minggu yg lalu terkena strok, tangan kanannya tdk dpt di gerakkan. Mohon informasi obat dan bagaimana cara penyembuhannya. Terima kasih.

  • sarah says:

    dok mau tanya, kalau sudah bangun jari-jari tangan kanan tiba” berdiri dan terasa kaku, tapi pas udah siang jari nya udah baik lagi
    itu tanda tanda apa ya ?

  • hermawan agus riyanto says:

    Penyakit Stroke
    (Sharing tentang Stroke)
    Hermawan A.Riyanto
    Hari sabtu, jam 9.30 wib
    Jl. Palem Kartika No. 35. Bambu Apus , Cipayung. Jakarta Timur , 081399083867

  • jumadi says:

    Dok,ibu saya kena serangan struk…angota tubuh sebelah kanan tdk berpungsi tangan dan kaki..sudah hampir 5 bulan belum juga sembuh…makan sudah ngak bisa…sekarang pun minum susah juga,,,apa yg harus saya lakukan…tolong dok trimakasih.

  • adit says:

    Halo.
    Ayah saya menderita vertigo. Setelah dilakukan pengecekan angiography di deteksi adanya pentumbatan di otak kiri 40%. Disarankan oleh dokter untuk pemasangan ring / stent. Mohon info kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Dan apakah ada alternativ lain selain melakukan hal tersebut.

    Terimakasih

  • Petrus Piro Koni says:

    Bapak/Ibu Dokter, saya mengalami / sering merasa keram di kaki bagian kiri, kadang kadang rasa nyeri dada bagian kiri atau sesak napas, tlng kasi tau obatnya atau mgkin ada jalan keluarnya, trims. Umur saya pd tgl 23 Maret 2014 46 tahun.

  • imam says:

    dok mau tanya ,,
    saya sering sakit kepala sebelah kiri dan sudah 3 tahun berlalu dok.
    saya sudah periksa di beberapa dokter spesialis saraf hasilnya sama saja , saya juga sudah cek lap CEEG dan BM tapi tidak terindikasi apa2 . tapi yang saya rasakan sering pusing dok dan kadang2 binggung . saya takut kalok itu gejala stroke
    mohon pencerahan dok
    makasih,,,

  • anggi says:

    Dear dokter…
    saya mengalami kram pada pada bibir kiri bagian atas,pandangan mata agak kabur,sakit kepala dan pusing apakah itu merupakan gejala mini stroke ? terima kasih

  • Indah Permatasari says:

    Dokter,, baru saja teman saya meninggal dunia. Kata dokter dy terkena stroke penyumbatan pembuluh darah otak. kejadianx mendadak, pagi msh minum kopi+ngrokok dan ngobrol dg istrix, tiba2 sprt tersedak batuk2,, dbwa k RS jm 10mlm meninggal. Kira2 apa yg menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah di otak dokter?trimakasih bnyk

  • muhamadawaludin says:

    Dok ibu saya jatuh dari tempat tidur, sekarang jadi stroke, tetapi darahnya tidak tinggi, apa ada faktor lain selain darah tinggi, apa bisa pulih kembali, ibu saya stroke cuma bagian kiri dok, obat herbal apa dok yang bisa nyembuhin stroke

  • ari says:

    Ayah saya stroke/terjadi penyumbatan d bagian otak kanan..
    1.obat herbal apa yang sekiranya manjur untuk penyembuhan?
    2.ada temen,menawarkan biodisc..terapi air dan penyinaran melalui media itu..bagaimana menurut dokter?
    3.bagaimana pendapat dokter tentang bekam?
    Terima kasih

  • aril says:

    selamat sore dokter,saya mau bertanya nih,,,tadi malam kan ayah saya makan makanan yang mengandung santan , pas pagi hari nya ayah saya mengeluh ,bahwa ada rasa nyeri kaku tak berdaya di bagian kaki kiri nya ,padahal sebelum dia makan makanan bersantan malam tadi, dia baik baik saja dok,,,,!! Pertanyaan saya adalah ,apakah ayah saya mengalami strok ringan ,atau hanya gejala nya dok..??? Dan apa yang harus saya lakukan dok ,???,,

    itu saja dokter,,sekian terimakasih.

  • evi says:

    Dokter, saya mau tanya apakah saya mengalami mini stroke atau kenapa gejalanya hampir mirip diatas, LDL saya 117 bln lalu, muka terasa kaku tangan kanan kaki kanan terasa kaku atau mati rasa, lemas hilang keseimbangan pusing berkunang2, mata terasa berat, kepala kanan sakit, leher pundak kanan terasa capek? & langkah pengobatan apa yg harus saya lakukan? & makanan2 apa yg harus saya konsumsi? Thanks

  • Bagas says:

    Dok saya mau Tanya telapak tangan kanan bagian tengahnya sakit sekali baal • kaku • Dan pada malam hari sangat terasA sakitnya jika pagi siang sore biasa saja tidak terlalu sakit » stiap malam tdk bisa tidur karena sakit skali mhon solusinya trimakasih

  • deni says:

    Siang, dok..
    2 hari lalu nenek saya tiba-tiba jatuh terkulai saat duduk di kursi, setengah sadar dan bicara pelo. Beberapa saat kemudian, saat ditanya katanya tidak apa-apa, tapi tidak bisa menggerakkan badan. Kaki kiri terasa pegal dan sakit. Dokter yang memeriksa bilang nenek saya kena stroke ringan dan disarankan untuk mulai latihan jalan. Yang ingin saya tanyakan, adakah hal yg harus dihindari (mis:makanan/minuman) agar stroke tidak kambuh lagi? Karena H+1, beliau ingin minum kopi.
    Terima kasih.

  • Rey says:

    Yth Dokter,
    Paman saya berumur 47 tahun.
    Didiagnosa menderita stroke otak sebelah kiri.
    Saat ini kondisinya seperti bingung dan lamban. Wajah dan mulut normal tidak ada pelo. Tidak ada masalah menelan, dan berbicara cukup jelas walau pelan. Tangan dan kaki kanan hanya bisa merasa rangsangan saja, tapi tidak bisa digerakkan.

    Apakah stroke yg diderita paman saya ini tergolong ringan atau berat, dan sampai saat ini dia masih tidak banyak bicara dan seperti kebingungan. Saat ini sedang dirawat dirumah sakit dan masuk hari ke-empat.
    Dan apa saran dari dokter agar paman saya bisa segera pulih kembali.

    Terimakasih.

  • Excel says:

    Slmt malm dokter. Saya mau tanya apa kah saya mengalami stroke.?
    Sudah hampir 4 tahun, saya mengalami penyakit ini:
    ~Tubuh sblah knan mati rasa, pegel, nyeri, lemes, kalau kna api rokok atau jarum, tdk langsung kaget.
    ~Leher sbelah kanan d blakang telinga agak bengkak, slebar koin 500 dan itu skit.
    ~Kepala sring skit.
    ~Gampang emosi, stres, n kdang” kebingungan.
    .saya mhon jwaban nya, dan solusi apa yg harus saya lakukan. Trima kasih

  • nita says:

    Dok mau tanya…
    Sesudah pulang dari pengajian, saat berjalan ibu saya merasa enteng bgt (dlm hati berpikir apakah sdh memakai sandal?).
    Setelah 2 hr, baru terasa kaki jd lemes. Lalu di bawa k rmh sakit hr sabtu.
    Kata dokter ibu kena gejala stroke.utk lebih jelasnya akan dilakukan scan.
    Scan dilakukan hr senin. Selama menunggu wktu scan, diputuskan utk rawat inap.
    Saat pertama x di rmh sakit, ibu masih bs ke kmr mandi walaupun di bantu (dibopong),,tp selama menerima perawatan dr pihak rumah sakit tubuh sebelah kiri (tangan, kaki dan muka) menjadi lemes dan semakin berat utk digerakkan.Utk buang air, tdk kuat jln k kmr mandi,jd memakai pispot.Saat mencoba berdiri dr ranjang,dan jongkok, kaki langsung lemes tdk bs menopang tubuh.
    Sampai hr ini (selasa) ibu msh dirawat d rmh skit, krn hr senin dokternya tdk masuk.
    Apakah itu stroke dan apa bs disembuhkan?
    Apa sebaikkya yg hrs dilakukan?
    Terima kasih dok…

  • Muchamad rizki says:

    Dok, Bapak saya kena stroke bagian kanan nya, apa bapak saya bisa berjalan dan bicara seperti semula dok??

Leave a Reply

Jawaban comment akan dikirim ke e-mail pribadi kamu.
Pastikan alamat e-mail yang tertulis sudah benar. Email tidak akan dipublikasikan.

Required fields are marked *

*