Tips Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

28 August 2015

Penderita diabetes memang sebaiknya membatasi konsumsi gula dan karbohidrat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Jadi, apakah makanan untuk diabetes harus selalu identik dengan rasa hambar?

 

Jawabannya tentu saja tidak. Penderita diabetes masih bisa menikmati manisnya rasa gula alami dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti lengkeng atau mangga memang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Namun, jenis buah lainnya seperti apel, jeruk, dan buah-buahan lain yang citarasanya tidak terlalu manis masih bisa dinikmati oleh para penderita diabetes.

 

Tidak seperti jus buah dengan tambahan gula atau buah-buahan yang dikeringkan, buah-buahan segar bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral bagi penderita diabetes. Serat tersebut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta tidak terlalu memberikan lonjakan gula darah yang tinggi. Jika Anda tergoda untuk meminum jus buah, buatlah jus buah alami tanpa gula atau tambahan bahan pelengkap lainnya.

 

Selain mengkonsumsi buah-buahan, pola makan diabetesi juga bisa diimbangi dengan konsumsi protein. Sumber protein yang baik bisa diperoleh dari ikan, daging rendah lemak atau susu rendah lemak. Pola makan sehat dan seimbang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Sekarang, Anda tentu sudah tahu kan kalau makanan untuk diabetes  tidak identik dengan rasa hambar yang tidak enak? Konsumsi buah-buahan masih bisa dilakukan oleh penderita diabetes, asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan turut diseimbangkan dengan konsumsi bahan makanan bergizi lainnya. Jangan jadikan diabetes sebagai halangan bagi Anda untuk menikmati hidup bersama orang-orang yang Anda cintai.

 

 

Sources :
everydayhealth.com/health-report/type-2-diabetes-treatment-diet-exercise/fruit-for-diabetes-diet.aspx
health24.com/Medical/Diabetes/Multimedia/Sponsored/Top-10-fruits-for-diabetics-20130221
Diakses pada : 7 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *