Menu Sehat Makanan untuk Diabetes

28 August 2015

Penderita diabetes memang sebaiknya membatasi konsumsi gula dan karbohidrat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Jadi, apakah makanan untuk diabetes harus selalu identik dengan rasa hambar?

 

Menyiapkan Makanan untuk Diabetes 

Jawabannya, tentu saja makanan untuk diabetes tidak harus melulu disajikan dengan rasa yang hambar. Penderita diabetes juga masih bisa menikmati manisnya rasa gula alami dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti lengkeng atau mangga memang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Namun, jenis buah lainnya seperti apel, jeruk, dan buah-buahan lain yang citarasanya tidak terlalu manis masih bisa dinikmati oleh para penderita diabetes.

 

Beberapa Rekomendasi Makanan untuk Diabetes 

Tahukah Anda bahwa ada sejumlah makanan yang diklaim baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes? Bahkan, beberapa di antaranya adalah makanan yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Nah, berikut ini adalah daftar makanan untuk diabetes yang sangat baik dikonsumsi oleh para diabetesi:

 

Dark Chocolate 

Anda mungkin sudah tahu bahwa beberapa jenis cokelat memang baik untuk kesehatan jantung. Namun, tidak semua cokelat memiliki manfaat yang sama. Pilih dark chocolate yang lebih tinggi kandungan senyawa flavonoid-nya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan kestabilan kadar gula darah. Namun, perlu diketahui bahwa dark chocolate mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga konsumsinya tetap harus dibatasi. Selain itu, periksa juga kandungan gula dari dark chocolate karena umumnya dark chocolate ditambahkan gula agar rasanya lebih disukai.

 

Brokoli 

Brokoli adalah sayuran yang penting dikonsumsi secara rutin. Seperti kale dan kembang kol, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang berperan sebagai anti-inflamasi yang diyakini dapat meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular yang menjadi komplikasi dari diabetes.

 

Blueberry 

Kaya akan antioksidan dan serat, semua buah beri tentu baik untuk kesehatan. Salah satunya, blueberry. Dalam sebuah studi yang diselenggarakan USDA, konsumsi 2 ½ cangkir jus blueberry setiap hari selama 12 minggu dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, memperbaiki kondisi depresi, dan meningkatkan daya ingat.

 

Oatmeal 

Makanan untuk diabetes yang satu ini sangat baik untuk diet dan memelihara kesehatan jantung. Ya, oatmeal merupakan makanan super untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dengan kata lain, makanan ini bisa dikonsumsi baik untuk mencegah maupun mengatasi diabetes. Rahasia di balik keampuhan oatmeal untuk mengatasi diabetes ini terdapat pada kandungan seratnya yang berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah.

 

Minyak zaitun 

Bagi Anda penderita diabetes, sudah saatnya untuk mengganti minyak goreng yang biasa Anda gunakan dengan minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

 

Bayam 

Sayuran berwarna hijau kesukaan tokoh kartun Popeye ini ternyata juga telah terbukti berkaitan dengan penurunan risiko diabetes. Mereka yang rutin mengonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya sebanyak lebih dari 1 porsi setiap hari diketahui memiliki risiko terkena diabetes yang lebih rendah, hingga 14%. Sayuran hijau yang mengandung vitamin K ini juga memiliki kandungan mineral, seperti magnesium, folat, fosfor, kalium, dan seng. Bayam juga merupakan sumber senyawa flavonoid yang baik.

 

Kayu Manis 

Beberapa studi mengatakan bahwa kayu manis dapat mengurangi gula darah. Diabetes Care mencatat bahwa sejumlah penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1 gram atau lebih kayu manis ternyata mengalami penurunan nilai hingga 30 persen pada tes gula darah puasanya dibanding diabetesi yang tidak mengonsumsi kayu manis. Mengapa kayu manis dapat memberikan efek positif untuk menurunkan gula darah? Kayu manis mengandung kromium, mineral yang dapat meningkatkan efek dari insulin. Kayu manis juga kaya dengan polifenol, jenis antioksidan yang dapat membantu membuang radikal bebas.

 

Kunyit 

Jenis rempah yang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan India. Namun, ternyata kunyit juga diyakini memiliki efek baik untuk menurunkan gula darah. Pasalnya, kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit diketahui dapat terlibat dalam mengatur metabolisme lemak dalam tubuh.

 

Tidak seperti jus buah dengan tambahan gula atau buah-buahan yang dikeringkan, buah-buahan segar bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral bagi penderita diabetes. Serat tersebut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta tidak terlalu memberikan lonjakan gula darah yang tinggi. Jika Anda tergoda untuk meminum jus buah, buatlah jus buah alami tanpa gula. Jika Anda ingin menambahkan rasa manis, gunakan pemanis rendah kalori.

 

Selain mengkonsumsi buah-buahan, pola makan diabetesi juga bisa diimbangi dengan konsumsi protein. Sumber protein yang baik bisa diperoleh dari ikan, daging rendah lemak atau susu rendah lemak. Pola makan sehat dan seimbang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Sekarang, Anda tentu sudah tahu kan kalau makanan untuk diabetes tidak identik dengan rasa hambar yang tidak enak? Konsumsi buah-buahan masih bisa dilakukan oleh penderita diabetes, asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan turut diseimbangkan dengan konsumsi bahan makanan bergizi lainnya. Jangan jadikan diabetes sebagai halangan bagi Anda untuk menikmati hidup bersama orang-orang yang Anda cintai.

 

 

Sources :

everydayhealth.com/health-report/type-2-diabetes-treatment-diet-exercise/fruit-for-diabetes-diet.aspx

health24.com/Medical/Diabetes/Multimedia/Sponsored/Top-10-fruits-for-diabetics-20130221

rd.com/health/healthy-eating/10-diabetes-super-foods/

diabeticlivingonline.com/food-to-eat/nutrition/top-25-power-foods-diabetes

Diakses pada : 7 Mei 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *