Siapa Bilang Diabetesi Tak Bisa Makan di Luar?

14 January 2016

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, penderita diabetes tentu harus membatasi konsumsi gula dan garam. Namun, hal tersebut bukan alasan untuk melarang diabetesi makan di luar rumah. Jika cermat dalam memilih makanan, para dibetesi tetap dapat menikmati hidangan di luar rumah.

 

Salah satu penyebab diabetes  adalah gula, tetapi konsumsi garam bagi penderita diabetes juga perlu dibatasi agar tekanan darah tetap normal dan tidak menimbulkan komplikasi pada penyakit lain. Sebagian besar restoran atau rumah makan menggunakan garam dan gula dalam jumlah yang mungkin cukup tinggi sebagai penyedap rasa makanan, sehingga selalu coba minta untuk kurangi penggunaan gula dan garam pada masakan yang Anda pesanAgar tetap dapat mengonsumsi makanan di restoran, penderita diabetes harus menerapkan tips berikut ini:

 

Makan Tepat Waktu

Tak jarang bila kita harus menunggu pesanan hingga 30-45 menit, padahal jam makan penderita diabetes harus tepat waktu. Sambil menunggu makanan disajikan, Anda dapat memesan menu pembuka, seperti roti gandum atau buah.

 

Jangan Malu untuk Bertanya

Ajukan beberapa pertanyaan pada pelayan restoran untuk memastikan makanan yang dipesan memenuhi rencana makan diabetesi seperti rendah gula, rendah garam, dll.

 

Pilih Restoran Berkonsep “Live Cooking”

Restoran dengan konsep live cooking atau memasak di depan pengunjung merupakan pilihan tepat bagi penderita diabetes. Pasalnya, Anda dapat melihat langsung proses pengolahan makanan dan bahan-bahan yang digunakan.

 

Pilih Menu yang Sehat

Cobalah untuk memilih menu sehat. Misalnya, makanan yang diolah dengan cara panggang, kukus, rebus, dll. Untuk dessert, Anda dapat memilih buah-buahan segar yang rendah gula atau minta dengan gula rendah kalori.

 

Mintalah untuk Mengurangi Gula dan Garam

Katakan kepada pelayan yang mencatat pesanan Anda untuk mengurangi penggunaan gula dan garam pada masakan yang dipesan.

 

Pisahkan Saus dari Hidangan Utama

Bila Anda memesan menu, seperti gurami asam manis atau ayam saus inggris, cobalah untuk memisahkan sausnya dari hidangan utama tersebut. Selanjutnya, konsumsi saus hidangan secukupnya saja.

 

Tips sehat saat makan di luar untuk penderita diabetes ini berguna untuk menjaga kadar gula darah  diabetesi agar tetap stabil. Hindari mengonsumsi fast food saat makan di luar, karena penggunaan gula dan garam pada fast food tidak dapat dikontrol.

 

 

Source:

everydayhealth.com/type-2-diabetes-pictures/eating-out-with-diabetes.aspx#01

webmd.com/diabetes/eating-out

mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-nutrition/art-20047665?pg=1

Diakses pada 15 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *