Serunya Berenang untuk Jantung yang Lebih Sehat

17 December 2015

Ada kabar baik bagi Anda yang menggemari olahraga berenang. Karena selain menjadi kegiatan yang ampuh untuk melatih otot dan membakar kalori, berenang juga efektif menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung.

 

Menurut studi yang dilakukan oleh State University of New York, berenang memiliki efek yang baik untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga agar peredaran darah tetap stabil. Sehingga, kedua hal tersebut berdampak pada kualitas jantung yang lebih sehat. Hasilnya, tentu saja Anda bisa meminimalkan risiko serangan jantung  jika rutin melakukan aktivitas berenang.

 

Tidak hanya memiliki efek positif bagi tekanan darah dan kelancaran aliran darah, berenang juga menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat menjaga kestabilan berat badan. Perlu diketahui, berat badan yang stabil juga menjadi salah satu faktor penentu yang mendukung kesehatan jantung. Mereka yang mengalami kelebihan berat badan biasanya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung karena terdapat peluang penumpukan plak pada pembuluh darah. Jadi, dengan melakukan aktivitas renang, Anda sudah menjalankan salah satu cara mencegah penyakit jantung  yang praktis dan menyenangkan.

 

Sebelum berenang, pastikan Anda berada dalam keadaan sehat dan sudah melakukan aktivitas pemanasan, ya. Hal ini tentu saja karena pemanasan akan meminimalkan risiko cidera saat berenang. Tak perlu tunggu waktu lama jika ingin mengajak orang-orang yang Anda cintai untuk berenang bersama. Mari berenang bersama dan dapatkan manfaat sehatnya dari sekarang!

 

 

Sources :

betterhealth.vic.gov.au/bhcv2/bhcarticles.nsf/pages/Swimming?open

consumer.healthday.com/encyclopedia/exercise-and-fitness-18/misc-health-news-265/heart-disease-and-exercise-647136.html

health.clevelandclinic.org/2013/08/swimming-joint-friendly-and-good-for-the-heart/

Diakses pada : 7 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *