Sering Mengonsumsi Makanan Manis?

2 September 2016

Lantaran ketenaran sosial media, khususnya di kalangan anak muda, terdapat beberapa tren unik yang muncul saat ini. Salah satunya adalah tren foto makanan! Terdengar asing? Tentu tidak! Kenyataannya, saat ini memang kalangan muda berlomba-lomba untuk mengunjungi berbagai restoran untuk ikut mengabadikan berbagai makanan baru yang sudah di-posting oleh temannya di sosial media. Sadar atau tidak, sambil mengikuti perkembangan zaman di sosial media, membuat orang mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

 

Beberapa makanan yang umumnya diunggah di sosial media adalah dessert atau makanan manis (kue dan pastry). Sebab, makanan ini ditata sedemikian rupa yang membuatnya sangat cantik untuk dibagikan di dunia maya. Foto - makan - foto – makan - dan seterusnya. Tanpa sadar, kita menjadi terlalu sering mengonsumsi makanan manis lho, dan bisa jadi konsumsi makanan manis sebagai makanan penutup sudah menjadi sebuah kewajiban saat ini.

 

Makanan atau minuman yang manis identik dengan gula. Dan perlu dingat bahwa konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes. Namun, pernahkah Anda menghitung atau mencari tahu berapa banyak gula yang terkandung pada makanan-makanan manis yang berbaris di timeline sosial media Anda?

No

Menu

Porsi

Kandungan gula

KonversI URT*

1

Red velvet cake

130 gram (1 slice)

58 gram

5 sdm

2

Cheesecake

103 gram (1 slice)

22 gram

2 sdm

3

Ice cream sandwich cookie

76 gram (1 pcs)

23 gram

2 sdm

4

Bubble milk tea

1 cup

46 gram

4 sdm

5

Pudding milk tea

1 cup

48 gram

4 sdm

6

Frozen dessert snow cone
+ cotton candy

1 serving

32 gram

2 ½ sdm

7

Kue cubit nutella

80 gram (5 pcs)

20 gram

1 ½  sdm

8

Martabak coklat keju

60 gram (1 pcs)

24 gram

2 sdm

9

Crepe chocolate filled

120 gram (1 pcs)

17.84 gram

1 ½  sdm

10

Chocolate eclair

234 gram (3 pcs)

15.44 gram

1 ¼ sdm

11

Dessert - Churros

54.37 gram (1 pcs)

19 gram

1 ½  sdm

12

Pastry s’mores
(roasted marshmallow)

52 gram (1 pcs)

19 gram

1 ½  sdm

Source : USDA & Health Canada (2016)

 

Nah, sekarang coba kita bandingkan kandungan gula makanan di atas dengan batasan asupan gula harian kita. WHO (World Health Organization) di tahun 2015 merekomendasikan untuk membatasi asupan gula hingga 25 gram (setara dengan 2 sendok makan) setiap hari, untuk memberikan manfaat kesehatan untuk orang dewasa. Anda bisa lihat, betapa mudahnya batas asupan gula terlampaui. Ini belum termasuk dengan minuman seperti teh atau kopi manis yang umumnya disantap sebagai “teman” kue-kue manis ini lho!

 

Lalu bagaimana solusinya? Salah satu cara membatasi asupan gula harian, adalah dengan mengganti gula ke gula rendah kalori. Saat ini telah tersedia Gula Rendah Kalori Tropicana Slim I-Sweet yang rasa manisnya seperti rasa manis gula, dan aman untuk kesehatan. Gula Rendah Kalori Tropicana Slim I-Sweet juga dikemas dengan kemasan dan warna yang unik bergaya muda! Dengan menggunakan gula rendah kalori, makanan dan minuman bisa tetap manis dan juga tetap sehat.


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *