Salad untuk Pola Makan Sehat

13 August 2015

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata “salad”? Apakah makanan yang satu ini cenderung dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet saja? Salad memang identik sebagai makanan untuk diet. Akan tetapi, salad juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi pola makan sehat. Di samping itu, makanan sehat ini juga dikenal sebagai makanan rendah kalori.

 

Jika dahulu salad hanya berisi buah-buahan dan sayuran, kini ada berbagai macam modifikasi salad dengan tambahan lauk. Lauk yang digunakan untuk salad adalah jenis makanan bernutrisi yang rendah lemak, seperti ikan salmon mentah atau panggang, hingga irisan dada ayam rebus atau panggang. Sehingga, tentu saja salad dengan campuran lauk rendah lemak ini semakin bermanfaat untuk mendukung pola makan sehat Anda.

 

Selain memilih kombinasi buah, sayur, dan lauk sebagai bahan utama salad, Anda juga perlu memperhatikan saus dressing untuk salad Anda. Anda bisa memilih saus yang rendah lemak dan gula untuk menjaga nutrisi salad agar tetap seimbang. Sebagai contoh, minyak zaitun dan minyak canola adalah beberapa bahan yang bisa dijadikan dressing salad sehat Anda. Hindari penggunaan saus dressing dari mentega atau mayones yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

 

Bahan-bahan salad yang baik untuk pola makan sehat

Nah, lantas bagaimanakah kriteria salad yang sehat untuk dikonsumsi? Mari simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Sayuran hijau

Cobalah untuk menggunakan sayuran hijau berwarna gelap sebagai bahan dasar untuk membuat salad yang sehat. Anda bisa menambahkan bayam, kemangi, oregano, selada berdaun hijau gelap (romaine), dan daun mint. Semangkuk salad berisi sayuran berwarna hijau ini akan memberikan banyak nutrisi penting untuk tubuh Anda.

 

2. Protein

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, saat ini salad bisa dimodifikasi dengan lauk untuk menambahkan kandungan protein. Namun, pilih lauk yang sehat dan rendah lemak, misalnya daging unggas tanpa kulit atau ikan salmon. Opsi lain yang bisa dijadikan lauk tambahan salad adalah sedikit telur ayam rebus dan keju. Jika Anda ingin menambahkan keju pada salad, pilihlah keju yang rendah lemak dan rendah yodium, seperti keju mozarella atau Swiss. Protein tidak hanya bisa diperoleh dari makanan hewani saja. Bila Anda adalah seorang vegetarian, maka tambahkan buncis atau kacang hitam untuk menjadi sumber protein dalam salad yang Anda konsumsi. Kacang tanah, almond, dan kenari juga bisa memberikan rasa crunchy untuk salad rendah lemak yang Anda konsumsi.

 

3. Buah-buahan

Tidak ada yang lebih nikmat dan segar selain mencampurkan buah ke dalam salad. Anda bisa mencampurkan buah dengan berbagai warna untuk memperkaya warna dan kandungan nutrisi pada salad yang akan dikonsumsi. Namun, hindari penggunaan buah-buahan kaleng yang sarat akan gula dan pengawet. Usahakan untuk selalu menggunakan buah-buahan segar agar Anda bisa memperoleh vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buah tersebut.

 

4. Tambahan sayuran lainnya

Di luar sayuran hijau, Anda bisa menambahkan sayuran lain untuk melengkapi salad sehat Anda. Jenis sayuran yang cocok untuk mengisi salad adalah wortel, mentimun, dan kembang kol. Ingin salad Anda terasa lebih sedap? Tambahkan bit, kentang, atau labu yang dipanggang.

 

5. Biji-bijian

Tahukah Anda bahwa biji-bijian tidak hanya membuat salad Anda terasa lebih gurih? Biji-bijian adalah makanan yang kaya protein dan sejumlah vitamin lainnya. Tambahkan gandum, barley, quinoa atau biji-bijian lain untuk membuat salad agar terasa lebih lezat dan sehat.

 

6. Dressing

Hindari menggunakan mayones jika Anda ingin membuat salad yang sehat. Pasalnya, mayones adalah dressing yang tinggi lemak dan natrium. Opsi lain yang bisa membuat rasa salad lebih lezat adalah menggunakan dressing berupa olive oil, bawang putih, dan air perasan jeruk. Saus ini tentu saja lebih sehat dan tidak kalah sedap dengan mayones atau jenis dressing

 

Mengapa Anda perlu menjalani pola makan sehat dengan konsumsi salad?

Bagi Anda yang masih ragu mengonsumsi salad untuk menjalani pola makan sehat, berikut adalah alasan mengapa Anda harus mulai mengonsumsinya:

 

1. Memenuhi kebutuhan serat

Dalam semangkuk salad terdapat begitu banyak buah dan sayur yang kaya serat. Oleh karena itu, salad dapat membantu memenuhi kebutuhan serat Anda sehari-hari. Serat bemanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, asupan serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

 

2. Mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan

Buah dan sayur yang digunakan untuk membuat salad tentu mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, buah seperti apel yang umumnya terdapat pada salad mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

3. Mengurangi asupan kalori berlebih

Salad bisa jadi aternatif makanan dgn kalori yang relatif rendah sehingga cocok untuk pola hidup sehat Anda.

 

 

4. Menjaga kesehatan mata

Kita semua tahu bahwa wortel adalah salah satu sayuran dengan kandungan tinggi Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, bayam atau selada merah juga sarat akan Vitamin A, Karotenoid, Zeaxanthin, dan Lutein untuk menjaga kesehatan kedua mata Anda. Semua jenis sayuran tersebut dapat Anda konsumsi dalam sajian yang sehat dan nikmat berupa salad.

 

5. Membuat kualitas tidur jadi lebih baik

Sering mengalami gangguan tidur seperti insomnia? Konsumsi salad ternyata bukan hanya memberi manfaat untuk mendukung pola makan sehat yang sedang Anda jalankan. Pasalnya, mengonsumsi salad yang mengandung selada bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Selada mengandung substansi tidur yang dapat mengobati insomnia. Semakin banyak selada dalam salad Anda, maka semakin baik kualitas tidur yang bisa Anda miliki.

 

6. Baik untuk pencernaan

Bagi Anda yang kerap kali memiliki masalah pencernaan seperti sembelit, konsumsi salad bisa membantu untuk melancarkan pencernaan Anda. Hal ini berkaitan dengan sayur dan buah yang kaya serat di dalam salad yang Anda konsumsi. Asupan serat yang tinggi dapat membantu buang air besar menjadi lebih lancar.

 

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bila sayur dan buah adalah makanan yang kaya antioksidan. Nah, konsumsi salad buah dan sayur bisa membantu meningkatkan asupan antioksidan untuk tubuh Anda. Antioksidan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

 

8. Memperkuat otot

Apakah Anda sedang menjalani program pembentukan otot? Untuk membentuk massa otot dibutuhkan otot yang kuat agar tidak mudah cidera. Salad yang mengandung sayuran hijau, seperti bayam, mengandung nitrat yang bertanggung jawab untuk meningkatkan produksi protein di dalam otot. Jika ingin memiliki otot yang kuat, tak perlu segan untuk menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke dalam salad Anda.

 

Di samping memberikan beragam manfaat kesehatan, salad juga termasuk hidangan yang sangat mudah dan praktis disiapkan. Bila Anda tidak sempat memasak makanan, membuat salad dari sayuran dan buah-buahan segar bisa menjadi solusi yang tepat untuk menu makan Anda hari ini.

 

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mengonsumsi salad? Makanan ini tidak lagi dikonsumsi oleh orang yang sedang diet saja, tetapi bagi Anda yang ingin menjaga pola makan sehat juga dapat mengonsumsinya. Selamat menjalani pola makan sehat!

 

 

Source:

webmd.com/food-recipes/features/4-healthy-reasons-eat-salad-today

thedoctorwillseeyounow.com/content/nutrition/art3738.html

heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/HealthyEating/SimpleCookingwithHeart/How-to-Make-a-Hearty-Healthy-Salad_UCM_445183_Article.jsp#.WAZF4I997IV

cancer.org/cancer/news/features/how-healthy-is-your-salad

skymetweather.com/content/health-and-food/10-amazing-benefits-of-eating-salad/

Diakses pada 20 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *