Saatnya Membongkar Kebiasaan Makan Tidak Sehat

5 January 2016

Pola makan yang tepat tidak hanya meliputi jenis makanan sehat  yang dikonsumsi saja, tetapi juga bagaimana cara dan kapan Anda mengonsumsi makanan tersebut. Padatnya aktivitas sehari-hari kerap kali membuat beberapa orang menganut kebiasaan makan yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa hal yang berhubungan dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, serta solusi untuk mengatasinya:

 

Melewatkan Makan Pagi

Terlambat atau diet merupakan dua dari sekian banyak alasan untuk melewatkan makan pagi. Padahal, makan pagi dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari.

Solusinya adalah bangun lebih pagi dan konsumsi makanan sehat yang mudah disiapkan, misalnya roti gandum atau oatmeal.

 

Makan Terlalu Cepat

Waktu makan yang terbatas dapat membuat Anda harus makan dengan cepat. Sebuah studi yang melibatkan para peneliti dari Jepang menyatakan bahwa makan terlalu cepat sangat berkontribusi pada obesitas.

Solusinya adalah makanlah secara santai dan perlahan. Kunyah makanan hingga halus dan bantu proses pencernaan makanan dengan cukup minum air putih saat dan setelah makan.

 

Kebiasaan Ngemil

Ngemil sepanjang hari atau pada malam hari dapat membuat berat badan meningkat. Pada umumnya, keinginan ngemil tersebut didasari oleh kebiasaan, bukan karena lapar.

Solusinya adalah kurangi kebiasaan ngemil secara bertahap. Dimulai dengan mengganti snack dengan makanan sehat, seperti yogurt atau buah.

 

Tidak Cermat dalam Belanja

Tergesa-gesa saat belanja membuat Anda kurang memperhatikan makanan apa saja yang sudah dibeli. Akibatnya, ada beberapa makanan kurang sehat yang terbeli dan terpaksa dikonsumsi.

Solusinya adalah luangkan waktu untuk berbelanja dengan santai. Saat berbelanja, cermati label informasi nilai gizi pada makanan yang hendak dibeli, serta perhatikan kehigienisan makanan tersebut.

 

Dalam menjalankan tips hidup sehat , tentu Anda harus menerapkan pola makan yang sehat juga. Salah satunya dengan mengubah kebiasaan makan yang tak sehat menjadi lebih sehat. Yuk, mulai terapkan kebiasaan makan sehat dari sekarang!

 

 

 

 

 

Source:

everydayhealth.com/january-jumpstart-challenge/reasons-you-cant-shake-those-last-five-pounds.aspx#01

everydayhealth.com/diet-and-nutrition-pictures/bad-eating-habits-and-how-to-break-them.aspx#01

Diakses pada 9 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *