Resep Olahan Beras Merah yang Lezat dan Sehat

20 August 2015

Salah satu alternatif asupan kalori yang baik bagi seseorang yang sedang menjalani diet sehat adalah beras merah. Mengonsumsi beras merah untuk diet rendah kalori adalah upaya yang tepat. Pasalnya, jumlah kalori yang terdapat dalam beras merah lebih sedikit dibanding beras putih. Namun, bagaimana cara mengolah beras merah agar makanan sehat ini tetap terasa nikmat?

 

Sebagian besar orang yang tidak terbiasa mengonsumsi beras merah akan langsung merasakan perbedaan rasa pada nasi merah dan nasi putih saat pertama kali mencobanya. Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsinya, rasa nasi merah tentu tidak selezat nasi putih. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir, dengan beberapa resep berikut, beras merah untuk diet akan tetap terasa lezat dan nikmat:

 

Nasi Merah ala Meksiko

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 400 gr beras merah, 700 ml kaldu ayam murni, 1½ sdm bawang putih cincang, 125 gram saus tomat merah alami, 1 buah paprika cincang, dan sedikit merica.

Cara membuatnya adalah panaskan sedikit minyak canola pada wajan. Lalu, tumis beras merah selama 5 menit. Tambahkan 200 ml kaldu ayam dan bawang putih cincang, lalu aduk sebentar. Masukkan sisa bahan-bahan lainnya, kemudian kecilkan api dan tutup wajan. Biarkan selama 20-25 menit. Setelah itu, tambahkan sedikit merica, lalu tuang nasi di atas piring saji. Nasi Merah ala Meksiko siap dihidangkan.

 

Spring Roll Beras Merah

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah kubis, 1 buah wortel cincang, 5 siung bawang merah cincang, 300 gr nasi merah matang, 1 sdm minyak jagung, 500 ml kaldu ayam murni, 1 sdm air jeruk lemon, ¼ sdt merica hitam, 150 gr keju mozarella low-fat diparut, dan 150 gr saus tomat merah alami.

Cara membuatnya adalah pertama-tama, rebus kubis hingga matang, lalu lepaskan daunnya satu persatu. Panaskan minyak jagung pada wajan, lalu tumis wortel dan bawang merah selama 5 menit. Setelah itu, tambahkan nasi merah, kaldu ayam, air jeruk lemon, dan merica hitam, lalu tutup wajan. Setelah 15 menit, matikan api, tambahkan keju parut, lalu aduk rata. Bungkus setiap 3-4 sdm nasi merah dengan selembar daun kubis. Panggang nasi merah yang sudah dibungkus daun kubis di dalam oven selama 30 menit. Tata Spring Roll Nasi Merah di atas piring saji, lalu siram dengan saus tomat. Hidangan pun siap disajikan.

 

Resep olahan beras merah untuk diet ini sangat sehat karena tidak menggunakan banyak lemak dan mengandung lebih sedikit kalori. Selain itu, untuk membuat cita rasa olahan beras merah tetap sedap tanpa menggunakan garam, Anda dapat membubuhkan merica atau bawang putih. Selamat mencoba!

 

 

Source:
webmd.com/food-recipes/quick-mexican-brown-rice-recipe
webmd.com/food-recipes/shrimp-brown-rice-wontons-recipe
everydayhealth.com/health-recipe/vegetarian-cabbage-rolls-with-brown-rice.aspx
Diakses pada 20 Januari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *