1

Puasa dan Diabetes

  

Penderita diabetes boleh berpuasa tidak ya?

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim untuk semakin mendekatkan diri pada Tuhan, termasuk juga oleh penderita diabetes. Namun, tidak jarang terbersit keraguan apakah orang dengan diabetes bisa berpuasa.

Jawabannya, Ya, asalkan mampu menjaga agar kadar gula darah berada dalam keadaan normal dan tubuh tidak lemas. Mau tahu lebih lanjut bagaimana cara menjalankan ibadah puasa dengan maksimal?
Yuk cek info di bawah ini :)

Tips Ampuh Supaya Kuat Puasa (Juga Untuk Diabetes)

1. Keep Fit!
Pastikan ketika menjelang bulan puasa kita berada dalam kondisi sehat dan bugar. Olahraga ringan seperti jogging, berjalan kaki, atau berenang masih boleh dilakukan saat puasa1. Supaya tidak kaget atau mudah lapar saat puasa Ramadan, perut bisa dilatih dengan melakukan puasa sunah 2 kali seminggu. Puasa ini pun dapat dilakukan orang yang hidup dengan diabetes :)

2. Cukup Makan dan Minum Air Putih
Pastikan mengkonsumsi cukup makanan dan air putih ketika sahur maupun berbuka puasa. Saat berpuasa kita tidak akan mengkonsumsi apapun selama delapan jam sehingga energi untuk beraktivitas serta kebutuhan cairan tubuh diambil dari cadangan yang tersimpan dalam tubuh2. Untuk panduan pola makan dan jadwalnya, bisa lihat di ulasan di bawah.

3. Vote for Fiber and Protein!
Makan makanan yang mengandung banyak serat seperti nasi merah, sayur, buah, atau oatmeal sangat disarankan ketika sahur karena serat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga kita lebih kuat puasa. Bonusnya lagi, serat bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang baik untuk manajemen diabetes.
Makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging, tahu, tempe, dan susu bebas lemak juga baik dikonsumsi untuk memberikan nutrisi ekstra dan membuat kita kuat berpuasa sepanjang hari.

4. Time – Wise
Lamanya jam puasa jadi tidak terlalu terasa bila diisi dengan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan positif seperti membaca buku, ngobrol bareng teman dan keluarga, menyiapkan hidangan, membaca Al-Quran, atau mendengarkan musik bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.
Apa kegiatan favoritmu?

Diabetes 101: Tips Agar Gula Darah Tetap Stabil Selama Puasa

Kunci mempertahankan kondisi yang optimal bagi penderita diabetes yaitu dengan manajemen 3J: Jenis, jumlah, dan jadwal. Hal ini berlaku pula ketika orang dengan diabetes ingin berpuasa.

Tips ampuh menjaga kadar gula darah stabil bagi diabetes selama bulan puasa:

  • Diabetes Tips #1: Jenis Makanan dengan Nilai Indeks Glikemik Rendah
    Glikemik indeks (GI) merupakan angka yang menunjukkan kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula darah3. Semakin tinggi angka GI, semakin besar kemampuan makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal bagi diabetes, disarankan memilih makanan dengan nilai Indeks Glikemik rendah.
    Contoh makanan dengan nilai Indeks Glikemik rendah:
    • Sereal gandum utuh
    • Ubi
    • Nasi beras merah
    • Buah (semangka, jeruk, apel, salak, pir, kiwi)
    • Sayuran hijau (bayam, kangkung, daun singkong, poh-pohan, mentimun)
  • Diabetes Tips #2: Jumlah
    Untuk memenuhi kebutuhan energi, bisa konsumsi makanan dengan perbandingan 40% energi untuk sahur, 10%-20% untuk berbuka puasa, dan 40% setelah tarawih.Tips: langsung berbuka dengan banyak makanan bisa berakibat kurang baik untuk penderita diabetes. Lebih sehat: berbuka dengan sedikit makanan baru dilanjutkan makan agak banyak setelah tarawih untuk mencegah kadar gula darah yang terlalu bervariasi. Setuju?
  • Diabetes Tips #3: Jadwal
    Jadwal untuk sahur dan berbuka sangat penting untuk menghindari kondisi hipoglikemi (gula darah sangat rendah) maupun hiperglikemi (gula darah berlebih).Tips menjaga jadwal makan untuk penderita diabetes yang berpuasa:

Diabetes Notes: Pengobatan

Perlu diperhatikan apakah penderita diabetes sedang mengonsumsi jenis obat diabetes yang memiliki efek menurunkan gula darah secara lambat. Hal tersebut meningkatkan risiko penderita diabetes mengalami hipoglikemi saat sedang berpuasa2. Sangat disarankan bagi orang dengan diabetes untuk secara berkala memantau kadar gula darahnya setiap hari ketika ingin berpuasa2.

Puasa? YA atau TIDAK Berpuasa bagi Diabetes

Sebaiknya penderita diabetes tidak memaksakan berpuasa jika mengalami salah satu dari kondisi di bawah ini1,2:

  • Mengalami hipoglikemik (gula darah sangat rendah) yang ditandai dengan pusing, berkeringat, dan kebingungan
  • Mengalami hiperglikemik (gula darah sangat tinggi)
  • Mengalami DKA (Diabetic Ketoasidosis) yaitu kelebihan senyawa keton yang ditandai dengan muntah-muntah atau dehidrasi
  • Mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk mendukung puasa kalian di bulan penuh berkah ini (juga untuk orang dengan diabetes). Amin :)

Baca lebih lanjut:


References
1. Diabetes Care 28 (9): 2305-2311.
2. Ramadan Health Guide: A Guide to Healthy Fasting. 2007.
3. Indeks Glikemik Pangan. 2004.

Tags: , , , , , ,

RELATED POST

Indahnya Dunia Lewat Mata Sehat
Sudah Cukupkah Tidur Anda?
Poached Pear

Comments are closed.