Pola Makan Sehat untuk Vegetarian

14 July 2015

Menjadi vegetarian bukan berarti sepenuhnya terbebas dari makanan yang berkalori tinggi. Terkadang, sulit untuk menemukan makanan rendah kalori  untuk vegetarian. Biasanya, ketika menjadi vegetarian, sebagian orang hanya mengganti lauknya saja. Jika dulu ia mengonsumsi daging, kini daging tersebut diganti dengan sayuran atau jenis olahan masakan vegetarian seperti gorengan sayur atau jamur yang masih tinggi kalori. Selain itu, asupan karbohidrat bagi vegetarian tetaplah nasi putih.

 

Meskipun telah menjadi vegetarian, terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh juga tidak baik. Sebaiknya, imbangi juga pola makan vegetarian dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Selain itu, para vegetarian juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini untuk menjaga pola makan sehatnya:

1. Pastikan makanan yang dikonsumsi sudah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama vitamin B kompleks.
2. Sumber protein yang biasanya berasal dari daging dan telur dapat diganti dengan mengonsumsi kacang, jamur, dan biji-bijian.
3. Ganti asupan karbohidrat dengan pilihan yang lebih sehat, seperti nasi merah dan oat.
4. Hitung jumlah kalori makanan yang dikonsumsi bila perlu.
5. Kurangi konsumsi makanan yang manis atau tinggi gula agar tidak kelebihan asupan kalori.

 

Tak hanya menghindari sumber makanan hewani, para vegetarian juga tetap harus mengontrol jumlah asupan kalori sehari-harinya. Memang tidak ada larangan khusus yang mengimbau para vegetarian untuk menjauhi makanan manis atau tinggi kalori. Akan tetapi, bila asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang, pola makan ala vegetarian yang dilakukan sama saja tidak menyehatkan.

 

 

Source:
everydayhealth.com/diet-nutrition/low-calorie-vegetarian-foods-for-weight-loss.aspx
healthline.com/health-news/food-vegetarians-vegans-lose-more-weight-keep-it-off-111513
Diakses pada 26 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *