Pola Makan Sehat = Disiplin Jam Makan

7 April 2015

Berbicara mengenai pola makan sehat, Anda pasti memikirkan sejumlah makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Tidak salah sih jika Anda memikirkan makanan-makanan tersebut. Tapi, ada hal penting yang perlu Anda ketahui bahwa pola makan yang sehat juga tergantung pada kedisiplinan Anda pada jam makan.

 

Karena gaya hidup modern serba instan dan fleksibel, banyak orang mengabaikan jam makan. Misalnya, tidak sempat sarapan karena harus terburu-buru berangkat ke kantor atau melewatkan jam makan siang karena ada meeting. Padahal, ada risiko kesehatan yang mengintai ketika Anda melewatkan jam makan. Berikut adalah beberapa fakta mengenai pentingnya disiplin jam makan:

a. Orang yang sering melewatkan waktu sarapan berisiko terkena diabetes 21% lebih tinggi karena mereka yang melewatkan sarapan akan cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak di jam berikutnya. Akibatnya, berat badan jadi meningkat dan risiko diabetes pun meningkat.

b. Waktu yang ideal untuk makan malam adalah 2-3 jam sebelum tidur. Jika waktu makan terlalu dekat dengan jam tidur, kualitas tidur Anda akan terganggu.

c.  Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi di atas jam 8 malam dapat meningkatkan risiko obesitas.

 

Anda perlu ingat bahwa pola makan sehat tidak hanya berhubungan dengan apa yang Anda konsumsi. Akan tetapi, pentingnya mematuhi jam makan juga menjadi kunci utama Anda menjalankan pola hidup sehat. Cobalah untuk menjalankan pola makanan sehat tinggi serat berikut ini:

Makan pagi : oat/roti whole grain dan susu rendah lemak

Makan siang : pasta saus tomat, sepiring salad dengan olive oil, dan buah-buahan.

Makan malam : nasi merah dengan ikan tim/panggang, tahu, tumis sayuran dan buah-buahan.

 

 

Susunan makanan sehat diatas dapat Anda variasikan sendiri sesuai selera. Jadi, siap berdisiplin pada jam makan Anda?

 

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/disiplin-makan-untuk-hidup-sehat

tropicanaslim.com/pola-hidup-sehat-ala-tropicanaslim-anti-diabetes-hipertensi

Diakses pada 12 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *