Penyebab-Penyebab Kolesterol Tinggi

16 July 2015

Kolesterol memang dibutuhkan dan diproduksi oleh tubuh. Namun, terlalu banyak kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan Anda. Kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh bisa berasal dari gaya hidup yang kurang sehat dan beberapa faktor lainnya. Lantas, masalah apa sajakah yang menjadi penyebab kolesterol tinggi? Mari cari tahu penjelasannya.

 

Dari mana kolesterol jahat dalam tubuh berasal? Pertanyaan tersebut sering muncul dalam benak Anda, bukan? Beberapa faktor berikut ini berkontribusi sebagai penyebab kolesterol tinggi:

1. Makanan yang dikonsumsi. Tanpa disadari, seringkali kita mengonsumsi makanan kolesterol tinggi yang mengandung lemak jenuh dan dapat mengakibatkan kolesterol dalam darah meningkat.

2. Berat badan. Obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya membuat penampilan Anda kurang maksimal. Akan tetapi, kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Kurang olahraga. Kurangnya aktivitas gerak dan berolahraga dapat mengurangi kadar kolesterol baik dalam darah.

4. Usia. Ketika seseorang memasuki usia 20 tahun, kadar kolesterol dalam darah akan terus naik jika tidak didukung dengan haya hidup sehat.

5. Penyakit. Beberapa penyakit seperti ginjal dan lever terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah bila tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

6. Konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan berkontribusi meningkatkan trigliserida, serta mengurangi kolesterol baik.

 

Beberapa faktor lain, seperti kebiasaan merokok dan riwayat anggota keluarga yang memiliki kolesterol tinggi juga dapat menjadi penyebab utama kolesterol Anda meningkat. Oleh karena itu, selalu rutin melakukan pemeriksaan kolesterol agar Anda dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

 

 

Source:
webmd.com/cholesterol-management/tc/high-cholesterol-cause
healthline.com/health/high-cholesterol-causes
Diakses pada 27 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *