Penyebab Diabetes Melitus

10 June 2015

Diabetes melitus atau kencing manis merupakan gangguan kesehatan yang mempengaruhi kerja tubuh dalam menggunakan gula sebagai sumber energi. Ada 3 jenis diabetes melitus, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Semuanya memiliki kesamaan, yaitu adanya gangguan kerja insulin yang merupakan hormon penting untuk mengelola kadar gula dalam darah. Akibatnya, kadar gula darah menjadi tinggi dan dapat menyebabkan komplikasi.

 

Penyebab diabetes melitus  berbeda-beda sesuai dengan jenis diabetesnya. Berikut adalah penyebab diabetes melitus berdasarkan masing-masing jenisnya:

 

Diabetes tipe 1

  1. Penderita diabetes tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin karena mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kerusakan sel pankreas. Penyebab pasti dari diabetes tipe 1 belum diketahui dengan jelas, namun diduga berkaitan dengan:
  2. Faktor genetik. Penyakit diabetes melitus tipe 1 seringkali bersifat menurun. Apabila Anda memiliki keluarga inti dengan riwayat penyakit diabetes tipe 1, Anda pun memiliki risiko yang lebih tinggi.
  3. Infeksi virus. Infeksi virus merupakan salah satu faktor yang diduga memicu gangguan sistem kekebalan tubuh dan kemudian mengganggu fungsi pankreas pada penderita diabetes tipe 1.

 

Diabetes tipe 2

  1. Obesitas. Kegemukan disinyalir menjadi penyebab diabetes tipe 2. Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan resistensi insulin, yakni kondisi dimana insulin kurang sensitif sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengatur kadar gula darah.
  2. Gaya hidup. Pola hidup yang tidak sehat juga dapat memicu risiko diabetes tipe 2. Pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi gula, lemak, dan kalori yang tinggi dapat mengakibatkan obesitas dan diabetes tipe 2. Apalagi, jika pola makan tidak sehat didukung dengan kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, atau tidak pernah berolahraga.

 

Diabetes gestasional

Kehamilan. Perubahan hormon pada masa kehamilan bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Tingginya kadar gula diabetes pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayi sehingga harus dikendalikan dengan baik.

 

 

Diabetes merupakan penyakit kronis. Oleh karena itu, cegah diabetes dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjaga agar gula darah tetap normal. Lakukan manajemen berat badan, pemantauan nutrisi dan olahraga untuk menghindari risiko diabetes melitus.

 

 

Source:

webmd.com/diabetes/types-of-diabetes-mellitus

who.int/mediacentre/factsheets/fs138/en/


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *