Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati

18 January 2017

Pada tahun 2014, penyakit jantung termasuk ke dalam 10 penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data yang dirangkum oleh WHO (World Health Organization) dan CDC, sakit jantung adalah penyebab kematian utama di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

 

Kasus Penyakit Jantung di Indonesia

Tak hanya di berbagai negara, penyakit jantung juga pernah menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Berdasarkan banyak data yang dikumpulkan, ada sekitar 35% kasus kematian di Indonesia yang disebabkan oleh sakit jantung. Penyakit ini disebut sebagai silent killer karena secara tiba-tiba dan tanpa gejala yang jelas si penderita bisa mengalami serangan jantung yang mengakibatkan kematian.

 

Penyebab Sakit Jantung

Setiap orang berisiko terkena penyakit mematikan yang satu ini. Akan tetapi, ada beberapa faktor penyebab sakit jantung yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab sakit jantung secara umum dan penyakit jantung koroner.

 

Penyebab Penyakit Jantung Secara Umum

Dewasa ini, faktor terbesar penyebab sakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok, stres, dan obesitas adalah beberapa hal utama pemicu sakit jantung. Namun, ada juga beberapa penyebab umum yang membuat seseorang bisa terkena penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tidak dikontrol dengan baik, dan penyakit diabetes. Selain itu, faktor genetika atau riwayat anggota keluarga yang pernah terkena penyakit jantung juga berkontribusi dalam meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang.

 

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi karena aliran darah menuju jantung terhambat oleh lemak. Lemak atau plak pada arteri koroner ini umumnya disebabkan oleh timbunan kolesterol. Akumulasi plak pada arteri koroner menyebabkan jantung kekurangan asupan oksigen. Sama seperti penyebab sakit jantung secara umum, penyakit jantung koroner ini juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan hipertensi.

 

Gejala Penyakit Jantung

Baik tua maupun muda bisa saja terkena serangan jantung. Seringkali, gejala yang dialami oleh penderita penyakit jantung tidak disadari dan ditanggapi serius hingga berakibat fatal. Bahkan, banyak kasus dimana penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena penyakit jantung hingga mendapat serangan jantung yang pertama.

 

Gejala sakit jantung umumnya ditandai dengan rasa sakit di dada. Rasa sakit di bagian dada tersebut juga dilengkapi dengan rasa tidak nyaman di area belakang bahu. Bahkan, gejala penyakit jantung ini sering membuat penderitanya mengalami sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan merasa mudah lelah. Tak sampai di situ saja, gejala sakit jantung seringkali juga ditandai dengan nyeri di bagian ulu hati yang sering disangka sebagai penyakit maag.

 

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang kita ketahui, risiko penyakit jantung ditingkatkan oleh beberapa faktor yang sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Itu artinya, kita masih bisa melakukan cara mencegah penyakit jantung secara tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit jantung:

- Menghentikan kebiasaan merokok
- Mengontrol berat badan karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung
- Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol
- Berolahraga secara teratur adalah cara mencegah penyakit jantung yang paling sederhana
- Mengelola diabetes
- Menurunkan tekanan darah tinggi dengan membatasi konsumsi garam dan pola hidup sehat
- Mengelola stres

 

Cara Mengobati Sakit Jantung

Cara mengobati penyakit jantung tentunya harus dilakukan melalui serangkaian penanganan secara medis. Dalam beberapa kasus, dibutuhkan berbagai macam obat yang dapat mengurangi penyumbatan pada arteri jantung, menurunkan tekanan darah, atau membantu kerja jantung. Di beberapa kasus penyakit jantung, ada pula tindakan pemasangan ring untuk memperluas arteri jantung atau operasi lainnya untuk mengatasi permasalahan pada jantung. Perlu diingat bahwa semua tindakan ini baru akan efektif jika diikuti dengan perubahan gaya hidup si penderita.

 

Dengan mengetahui segala hal tentang penyakit jantung, diharapkan kita menjadi lebih waspada dan bisa menghindari faktor-faktor penyebab penyakit silent killer ini. Ingatlah bahwa penyakit jantung juga dapat terjadi pada usia muda. Melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat adalah cara mencegah penyakit jantung sekaligus merupakan cara menangani penyakit jantung secara alami dan efektif.

 

 

Sumber:

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-treatment-care

healthline.com/health/heart-disease/prevention#Overview1

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-symptoms-types

medicinenet.com/heart_disease_coronary_artery_disease/page2.htm

medicalnewstoday.com/articles/237191.php

republika.co.id/berita/koran/medika/15/05/25/nowbk617-sepuluh-penyakit-penyebab-kematian-tertinggi

Diakses pada 18 Mei 2016


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *