Penyakit Jantung: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati

18 January 2010

Pada tahun 2014, sakit jantung termasuk ke dalam 10 penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data yang dirangkum oleh WHO (World Health Organization) dan CDC, penyakit jantung adalah penyebab kematian utama di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

 

Kasus Sakit Jantung di Indonesia

Tak hanya di berbagai negara, penyakit jantung juga pernah menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Berdasarkan banyak data yang dikumpulkan, ada sekitar 35% kasus kematian di Indonesia yang disebabkan oleh sakit jantung. Penyakit ini disebut sebagai silent killer karena secara tiba-tiba dan tanpa gejala yang jelas si penderita bisa mengalami serangan jantung yang mengakibatkan kematian.

 

Penyebab Sakit Jantung

Setiap orang berisiko terkena penyakit mematikan yang satu ini. Akan tetapi, ada beberapa faktor penyebab sakit jantung yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab sakit jantung secara umum dan penyakit jantung koroner.

Penyebab Penyakit Jantung Secara Umum

Dewasa ini, faktor terbesar penyebab sakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok, stres, dan obesitas adalah beberapa hal utama pemicu sakit jantung. Namun, ada juga beberapa penyebab umum yang membuat seseorang bisa terkena penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tidak dikontrol dengan baik, dan penyakit diabetes. Selain itu, faktor genetika atau riwayat anggota keluarga yang pernah terkena penyakit jantung juga berkontribusi dalam meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi karena aliran darah menuju jantung terhambat oleh lemak. Lemak atau plak pada arteri koroner ini umumnya disebabkan oleh timbunan kolesterol. Akumulasi plak pada arteri koroner menyebabkan jantung kekurangan asupan oksigen. Sama seperti penyebab sakit jantung secara umum, penyakit jantung koroner ini juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan hipertensi.

 

Gejala Penyakit Jantung

Baik tua maupun muda bisa saja terkena serangan jantung. Seringkali, gejala yang dialami oleh penderita penyakit jantung tidak disadari dan ditanggapi serius hingga berakibat fatal. Bahkan, banyak kasus dimana penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena penyakit jantung hingga mendapat serangan jantung yang pertama.

 

Gejala sakit jantung umumnya ditandai dengan rasa sakit di dada. Rasa sakit di bagian dada tersebut juga dilengkapi dengan rasa tidak nyaman di area belakang bahu. Bahkan, gejala penyakit jantung ini sering membuat penderitanya mengalami sesak napas, kehilangan nafsu makan, dan merasa mudah lelah. Tak sampai di situ saja, gejala sakit jantung seringkali juga ditandai dengan nyeri di bagian ulu hati yang sering disangka sebagai penyakit maag.

 

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang kita ketahui, risiko penyakit jantung ditingkatkan oleh beberapa faktor yang sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Itu artinya, kita masih bisa melakukan cara mencegah penyakit jantung secara tepat. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit jantung:

1. Menghentikan kebiasaan merokok
2. Mengontrol berat badan karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung
3. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol
4. Berolahraga secara teratur adalah cara mencegah penyakit jantung yang paling sederhana
5. Mengelola diabetes
6. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan membatasi konsumsi garam dan pola hidup sehat
7. Mengelola stres

 

Cara Mengobati Sakit Jantung

Cara mengobati penyakit jantung tentunya harus dilakukan melalui serangkaian penanganan secara medis. Dalam beberapa kasus, dibutuhkan berbagai macam obat yang dapat mengurangi penyumbatan pada arteri jantung, menurunkan tekanan darah, atau membantu kerja jantung. Di beberapa kasus penyakit jantung, ada pula tindakan pemasangan ring untuk memperluas arteri jantung atau operasi lainnya untuk mengatasi permasalahan pada jantung. Perlu diingat bahwa semua tindakan ini baru akan efektif jika diikuti dengan perubahan gaya hidup si penderita.

 

Dengan mengetahui segala hal tentang penyakit jantung, diharapkan kita menjadi lebih waspada dan bisa menghindari faktor-faktor penyebab penyakit silent killer ini. Ingatlah bahwa penyakit jantung juga dapat terjadi pada usia muda. Melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat adalah cara mencegah penyakit jantung sekaligus merupakan cara menangani penyakit jantung secara alami dan efektif.

 

 

Sumber:

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-treatment-care

healthline.com/health/heart-disease/prevention#Overview1

webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-symptoms-types

medicinenet.com/heart_disease_coronary_artery_disease/page2.htm

medicalnewstoday.com/articles/237191.php

republika.co.id/berita/koran/medika/15/05/25/nowbk617-sepuluh-penyakit-penyebab-kematian-tertinggi



Comments

  1. dwishiren

    February 6, 2014, 4:46 pm

    Dok, dada saya nyeri dan jika saya mengambil nafas panjang, itu terasa berat dan sakit, dan itu juga menjalar ke dada kanan. Apa itu PJK?

  2. Sudirman Ahmad Rasidin

    February 12, 2014, 10:59 pm

    Terimakasih Artikel tentang penyakit-jantung-koroner-Hasil pengalaman saya Penyebatnya adalah Pola makan yang tidak benar dan tidak pernah olahraga Saya dulu Pernah kena Serangan Stroke tahun 1997 bilan Oktober dan tubuh saya mati sebelah. Berat badan saya waktu stroke 97 kg tinggi 168 cm. Jadi saya menyadari akibat pola makan yang tidak benar dan tidak berolah raga, kesalahan saya ,Pagi2 sudah minum kopi dan teh manis dan makan nasi uduk di tambah goreng2gan 4 jam kemudian makan lagi sop kambing dan sate, sore makan lagi dan malam makan,dan ngopi 4x hari Rokok 3 bungkus, ahirnya kolestrol saya tinggi sampai 280, tengsi tinggi 160/ 95 inilah kesalahan, Allhamdulillah sekarang sehat dan Bugar walaupun umur sekarang 60 tahun waktu kena stroke umur 43 tahun .Allhamdulillah untung saya masih punya semangat ingin hidup sehat, saya robah cara pola makan yang benar dan aktif jalan pagi walaupun di tuntun sama Istri yang Tercinta, waktu stroke benar2 tersiksa coba bapak dan ibu bayangkan lebih diri saya ini seperti Bayi yang beratnya 97 kg Makan disuapin mau Bab di cebokin mau jalan di tuntun , dan terus dirobah pola pikir jangan terlulu Setres hidup apa adanya, waktu stroke saya berdo’a kepada sang pencipta do’a saya Ya Allah ya Tuhan kalo beguna hidup saya bagi Keluarga anak dan Istri sembuhkanlah saya, Ya Allah Ya Tuhan kalo berguna hidup saya bagi sahabat teman2 sembuhkanlah saya Ya Allah Ya Tuhan kalo berguna hidup bagi anak bangsa dan Negara sembuhkan lah saya, Allhamdulillah 3 malam saya berdo’a berturut turut Ahirnya dapat petunjuk, secara speritual 1: Jangan Mengeluh – 2: Jangan Menuntut – 3: Jangan Merasa Memiliki,- 4: Jangan Cari2 kesalahan orang, 5: Jangan Meng Iri dan dengki, di tahun 1977 sampai 1997 secara Ekonomi lebih dari cukup sayavdi julukan Pengusaha Muda yang Sucses oleh teman2 punya kariawan Lebih dari 100 orang, sekarang hanya pas pasan saja tapi Happy, sekarang rutin olahraga dan belajar senam tera Tai chi dan ikut latihan Senam Pernafasan Merpati Putih Kalo Senam Tai chi saya sambung latihan di Hong Kong dan saya dapat sertfikat Pelatih Tera/ Tai Chi dan saya dengan Ihlas melatih orang2 pernah kena Stroke dan kolestrol tinggi dan diabet,karena dengan do’a tadi dikabulkan sama Allah says tidak pernah mintak bayaran Alias geratis , bagi teman2 yang ikut latihan selalu saya ingatkan pola makan yang benar, saya bilang kalo anda ingin sahat dan Bugar arus ikut pola makan sehat, dan mau minuman yang manis jangan pakai gula pasir karens bisa akibatnya kadar gula bisa tinggi / diabet jadi gantilah pakai gula pengati yang manis nya sama Ya itu TROPICANA SLIM ,itulah sekelumit cerita saya,

  3. wulan

    February 13, 2014, 3:13 pm

    dok, saya berusia 24 tahun. sehari-hari sbg tenaga pengajar. setiap harinya selalu berbicara di depan kelas dan dengan suara yang lantang, sehingga seringkali bagian atas perut / tepat di tengah pada bawah payudara sering terasa pengap dan kadang sakit hingga sulit bernafas. apa itu juga termasuk dalam gejala PJK ?? terima kasih.

  4. Joe Aldi

    March 3, 2014, 9:28 pm

    Sudah beberapa bulan terakhir ini dada saya di bagian tengah terasa seperti kesemutan, apakah itu gejala PJK..? bagaimana pendeteksian nya dan cara mengurangi resiko PJK nya..?

  5. puspita bayu

    March 17, 2014, 6:56 am

    Dok, saya irt 25tahun. Beberapa bln lalu saya merasa nyeri dan sesak dibagian bawah dada tepat di tengah2,,,saya kira itu hanya masuk angin. 2hr yg lalu saya melakukan perjalanan dgn sepeda motor selama 4jam, selama diperjalanan dada saya terasa berat seperti ditekan sampai ke leher itu kadang datang kadang hilang, sampai sekarang masih seperti itu. Mohon dijelaskan apakah itu termasuk gejalan pnyakit jantung dok?? Terima kasih

  6. siti maryam

    March 30, 2014, 6:33 am

    Sy wanita usia 35 th Dok dah sekitar 2 bulanan lengan kiri , jari kelingking sebelah kiri , leher sebelah kiri , dan bahu kiri sy sakit tapi kalau dada sebelah kiri tepat di bawah leher sbelah kiri sy kadang2 aja sakit apakah ini gejala sakit jantung ? Trmis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *