Penyakit Jantung Koroner: Mengapa Ditakuti Banyak Orang?

18 January 2010

 

Seringkali kita mendengar kabar atau bahkan mungkin mengalami sendiri ada keluarga, teman atau tetangga yang tiba-tiba meninggal ”tanpa sebab”. Terlebih jika mereka masih tergolong muda dan sebelumnya kelihatan ”sehat-sehat” saja. Sebenarnya apa yang menyebabkan kematian mendadak ini? Apakah itu sakit jantung?

 

Serangan Sakit Jantung Terus Meningkat

Jumlah penderita penyakit ini tiap tahun semakin meningkat bahkan data WHO tahun 2002 menyebutkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian di dunia. Tercatat 16,7 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau sama dengan 30% dari total kematian di seluruh dunia. Dari semua jenis penyakit kardiovaskuler yang ada, penyakit jantung koroner, sebagai salah satu after effect dari hipertensi, menyumbang angka yang paling besar. Ironisnya, penyakit ini lebih banyak disebabkan oleh faktor-faktor yang seharusnya dapat kita hindari atau dicegah.

 

Global Mortalitas Penyakit Kardiovaskuler

Jenis PenyakitJumlah
Penyakit Jantung Hipertensi0.9 juta
Penyakit Jantung Inflamasi0.4 juta
Penyakit Jantung Rematik0.3 juta
Penyakit Jantung Lainnya2.4 juta
Penyakit Jantung Koroner7.2 juta

 

Kenali Gejala Sakit Jantung

Walau besarnya hanya sekepalan tangan Anda, jantung merupakan organ yang memegang fungsi yang sangat vital. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Agar dapat mejalankan fungsinya dengan baik, asupan darah yang kaya oksigen harus terpenuhi. Darah yang mengandung oksigen biasanya mengalir melalui pembuluh darah arteri. Penyakit Jantung Koroner (PJK) berawal dari penimbunan lemak pada pembuluh darah arteri yang mensuplai darah ke jantung. Akibat dari proses ini pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras, sehingga jantung kekurangan pasokan darah yang kaya oksigen. Akibatnya fungsi jantung terganggu dan harus bekerja sangat keras. Penyakit ini sering juga disebut dengan istilah artherosklerosis.

Gejala awal dari adanya PJK ialah nyeri dada yang khas di dada sebelah kiri yang dapat menjalar ke lengan kiri atau ke leher atau ke punggung. Nyeri dada ini bersifat sangat subjektif, ada yang merasa seperti ditekan benda berat, panas seperti terbakar, sakit seperti tertusuk jarum, rasa tidak enak di dada dan ada yang mengatakan seperti masuk angin. Lokasinya bisa juga terjadi di pertengahan dada, di leher saja, punggung, dada kanan, dan bisa juga di ulu ati seperti sakit maag. Oleh karena itu, waspadalah jika Anda sering merasakan gejala tersebut.

Bila penyempitan pada pembuluh arteri telah mencapai 80-90%, dapat menimbulkan masalah yang lebih parah lagi yaitu serangan jantung. Data statistik menyebutkan bahwa sepertiga orang yang mengalami serangan jantung dapat meninggal. Sebagian besar meninggal dalam dua jam pertama serangan jantung. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui gejala serangan jantung dan mencari pertolongan segera.

 

Siapa yang Berisiko

Penyakit jantung koroner tak mengenal usia. Meski penyakit ini banyak menyerang yang berusia lanjut, namun tak sedikit juga yang mengalami gangguan jantung di usia muda. Di bawah ini ada beberapa faktor risiko cobalah cek, apakah Anda termasuk salah satu diantaranya :

 

Faktor yang Dapat Diubah

  1. Hipertensi
  2. Merokok
  3. Obesitas
  4. Stres
  5. Kadar kolesterol tinggi
  6. Jarang berolahraga

Faktor yang Tidak Dapat Diubah

  1. Umur
    Lebih dari 83% penderita penyakit ini dialami setelah berusia 65 tahun ke atas
  2. Gender
    Pria lebih berisiko dibandingkan wanita. Namun setelah wanita menopause tingkat risikonya lebih tinggi dibandingkan pria
  3. Genetik
    Mereka yang memiliki orangtua yang pernah mengalami penyakit ini akan memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi
  4. Ras :
    Pada ras-ras tertentu seperti Mexico Amerika, Amerika Indian, Hawai dan beberapa Asia Amerika memilki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyakit ini

 

Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, berarti semakin besar pula kemungkinan Anda menderita penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai satu atau lebih dari faktor risiko di atas, segeralah lakukan tindakan berikut sebagai cara mencegah penyakit jantung :
1. Stop Merokok
2. Kontrol Tekanan Darah
3. Kontrol Kadar Kolesterol Darah
4. Aktifitas Fisik
5. Kontrol Berat Badan
6. Pola Makan yang baik
7. Menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan aktif berolahraga



Comments

  1. dwishiren

    February 6, 2014, 4:46 pm

    Dok, dada saya nyeri dan jika saya mengambil nafas panjang, itu terasa berat dan sakit, dan itu juga menjalar ke dada kanan. Apa itu PJK?

  2. Sudirman Ahmad Rasidin

    February 12, 2014, 10:59 pm

    Terimakasih Artikel tentang penyakit-jantung-koroner-Hasil pengalaman saya Penyebatnya adalah Pola makan yang tidak benar dan tidak pernah olahraga Saya dulu Pernah kena Serangan Stroke tahun 1997 bilan Oktober dan tubuh saya mati sebelah. Berat badan saya waktu stroke 97 kg tinggi 168 cm. Jadi saya menyadari akibat pola makan yang tidak benar dan tidak berolah raga, kesalahan saya ,Pagi2 sudah minum kopi dan teh manis dan makan nasi uduk di tambah goreng2gan 4 jam kemudian makan lagi sop kambing dan sate, sore makan lagi dan malam makan,dan ngopi 4x hari Rokok 3 bungkus, ahirnya kolestrol saya tinggi sampai 280, tengsi tinggi 160/ 95 inilah kesalahan, Allhamdulillah sekarang sehat dan Bugar walaupun umur sekarang 60 tahun waktu kena stroke umur 43 tahun .Allhamdulillah untung saya masih punya semangat ingin hidup sehat, saya robah cara pola makan yang benar dan aktif jalan pagi walaupun di tuntun sama Istri yang Tercinta, waktu stroke benar2 tersiksa coba bapak dan ibu bayangkan lebih diri saya ini seperti Bayi yang beratnya 97 kg Makan disuapin mau Bab di cebokin mau jalan di tuntun , dan terus dirobah pola pikir jangan terlulu Setres hidup apa adanya, waktu stroke saya berdo’a kepada sang pencipta do’a saya Ya Allah ya Tuhan kalo beguna hidup saya bagi Keluarga anak dan Istri sembuhkanlah saya, Ya Allah Ya Tuhan kalo berguna hidup saya bagi sahabat teman2 sembuhkanlah saya Ya Allah Ya Tuhan kalo berguna hidup bagi anak bangsa dan Negara sembuhkan lah saya, Allhamdulillah 3 malam saya berdo’a berturut turut Ahirnya dapat petunjuk, secara speritual 1: Jangan Mengeluh – 2: Jangan Menuntut – 3: Jangan Merasa Memiliki,- 4: Jangan Cari2 kesalahan orang, 5: Jangan Meng Iri dan dengki, di tahun 1977 sampai 1997 secara Ekonomi lebih dari cukup sayavdi julukan Pengusaha Muda yang Sucses oleh teman2 punya kariawan Lebih dari 100 orang, sekarang hanya pas pasan saja tapi Happy, sekarang rutin olahraga dan belajar senam tera Tai chi dan ikut latihan Senam Pernafasan Merpati Putih Kalo Senam Tai chi saya sambung latihan di Hong Kong dan saya dapat sertfikat Pelatih Tera/ Tai Chi dan saya dengan Ihlas melatih orang2 pernah kena Stroke dan kolestrol tinggi dan diabet,karena dengan do’a tadi dikabulkan sama Allah says tidak pernah mintak bayaran Alias geratis , bagi teman2 yang ikut latihan selalu saya ingatkan pola makan yang benar, saya bilang kalo anda ingin sahat dan Bugar arus ikut pola makan sehat, dan mau minuman yang manis jangan pakai gula pasir karens bisa akibatnya kadar gula bisa tinggi / diabet jadi gantilah pakai gula pengati yang manis nya sama Ya itu TROPICANA SLIM ,itulah sekelumit cerita saya,

  3. wulan

    February 13, 2014, 3:13 pm

    dok, saya berusia 24 tahun. sehari-hari sbg tenaga pengajar. setiap harinya selalu berbicara di depan kelas dan dengan suara yang lantang, sehingga seringkali bagian atas perut / tepat di tengah pada bawah payudara sering terasa pengap dan kadang sakit hingga sulit bernafas. apa itu juga termasuk dalam gejala PJK ?? terima kasih.

  4. Joe Aldi

    March 3, 2014, 9:28 pm

    Sudah beberapa bulan terakhir ini dada saya di bagian tengah terasa seperti kesemutan, apakah itu gejala PJK..? bagaimana pendeteksian nya dan cara mengurangi resiko PJK nya..?

  5. puspita bayu

    March 17, 2014, 6:56 am

    Dok, saya irt 25tahun. Beberapa bln lalu saya merasa nyeri dan sesak dibagian bawah dada tepat di tengah2,,,saya kira itu hanya masuk angin. 2hr yg lalu saya melakukan perjalanan dgn sepeda motor selama 4jam, selama diperjalanan dada saya terasa berat seperti ditekan sampai ke leher itu kadang datang kadang hilang, sampai sekarang masih seperti itu. Mohon dijelaskan apakah itu termasuk gejalan pnyakit jantung dok?? Terima kasih

  6. siti maryam

    March 30, 2014, 6:33 am

    Sy wanita usia 35 th Dok dah sekitar 2 bulanan lengan kiri , jari kelingking sebelah kiri , leher sebelah kiri , dan bahu kiri sy sakit tapi kalau dada sebelah kiri tepat di bawah leher sbelah kiri sy kadang2 aja sakit apakah ini gejala sakit jantung ? Trmis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *