Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!

21 September 2012 Kenali gejalanya Gejala serangan jantung yang paling umum adalah nyeri pada dada atau angina. Nyeri ini umumnya berlokasi di tengah atau bagian kiri dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang kemudian muncul kembali. Rasa nyeri ini dapat berupa rasa ditekan, sesak, atau rasa sakit yang parah, dan terkadang mirip nyeri ketika Anda mengalami sakit maag. Beberapa gejala lainnya yang juga mungkin muncul adalah:
  • rasa tidak nyaman di salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut bagian atas
  • nafas pendek-pendek, yang dapat terjadi bersamaan atau sebelum nyeri dada
  • pusing tiba-tiba, mual, muntah dan berkeringat dingin
  • masalah tidur, lelah dan letih yang tidak bisa dijelaskan
Faktanya, tanda-tanda serangan jantung tidak sama bagi semua orang. Banyak serangan jantung yang diawali dengan nyeri ringan, sementara beberapa orang lain tidak mengalami gejala sama sekali. Serangan jantung yang terjadi dengan gejala yang sangat ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali disebut silent heart attack. Bahkan, jika Anda pernah mengalami serangan jantung, gejala serangan jantung kedua mungkin berbeda dengan yang pertama, akan tetapi ada pula kemungkinan gejala yang sama. Perhatikan bahwa, semakin banyak gejala yang Anda alami, maka semakin besar kemungkinan Anda benar-benar mengalami serangan jantung. Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1 pada orang dewasa di dunia. Sebagian orang yang meninggal karena serangan jantung adalah akibat tidak mendapatkan pertolongan dalam 1 jam setelah mengalami gejala pertama serangan jantung, sebelum mencapai rumah sakit. Oleh karena itu, kenali tanda-tandanya dan segera hubungi nomor darurat, misalnya ambulans gawat darurat di nomor 118 atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera. Akan lebih baik lagi apabila kita mencegah datangnya penyakit jantung sedini mungkin, mulai dari sekarang. Salah satunya dengan : Perbanyak juga makanan yang baik untuk jantung berikut : Yuk terus hidup sehat, demi jantung yang sehat!   Baca juga artikel lainnya : http://www.tropicanaslim.com/penyakit-jantung-bukan-hanya-mlik-pria http://www.tropicanaslim.com/enam-jam-waktu-emas-penanganan-serangan-jantung

References

National Heart Lung and Blood Institute, US DHHS. 2011.


Comments

  1. agus nugroho

    September 24, 2012, 6:49 am

    Kalau ada gejala tsb, cek darah apa aja yg hrs diperiksa?

    =====================================================
    Tropicana Slim:

    Dear Agus,
    Jika kamu mengalami gejala-gejala tsb maka hal pertama yg dapat kamu lakukan adalah melakukan cek tekanan darah. Jika ingin yang lebih lengkap dapat lakukan general medical check up.

    Salam,
    Tropicana Slim

  2. alvin andika

    February 9, 2013, 9:06 pm

    CRP itu penyakit atau cek kesehatan???
    tkss

    1. admintropicana

      February 11, 2013, 6:27 pm

      @Alvin : penjelasannya kami kirim via emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  3. Freling

    September 30, 2013, 3:21 pm

    saya mengalmi gejala itu setiap kali
    apa yang saya lakukan agar tidak dapt terserang penyaki itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *