Pentingnya Tidur untuk Hidup Sehat

8 July 2011 Pentingnya Tidur untuk Hidup SehatTidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kurangnya istirahat di malam hari karena aktivitas yang sangat padat dapat menyebabkan depresi, menurunnya fungsi otak sehingga sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi, sampai kenaikan berat badan. Tidur yang kurang juga dapat menurunkan sistem imun sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, penyakit jantung diabetes, atau hipertensi1. Risiko obesitas juga meningkat pada orang-orang yang tidak cukup tidur setiap malamnya. Penelitian menunjukkan, mereka yang tidur 5 jam semalam memiliki risiko obesitas 73% lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Meningkatnya risiko obesitas ini dipengaruhi oleh fungsi hormon yang terganggu sehingga seseorang akan lebih cepat merasa lapar2. Tidur adalah waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Baik hormon maupun sistem imun bekerja dengan cara yang berbeda saat Anda tidur. Itulah sebabnya sepadat apapun aktivitas harian Anda, tetaplah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup. Walaupun dipengaruhi oleh umur, kondisi kesehatan, dan aktivitas sehari-hari, rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya3. References:
  1. Takana, Hideki and Shuichiro Shirakawa. 2004. Sleep health, lifestyle and mental health in the Japanese elderly: Ensuring sleep to promote a healthy brain and mind. Journal of Psychosomatic Research vol. 56(5): 465 – 477.
  2. Chang, Louise. 2010. The Benefits of Good Night Sleep. http://www.webmd.com/sleep-disorders/sleep-benefits-10/healing-power-sleep?page=2 [16 Mei 2011].
  3. Arlet V. Nedeltcheva et al. Insufficient Sleep Undermines Dietary Efforts to Reduce Adiposity. Annals of Internal Medicine 2010; 153 (7):435-441.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *