Pentingnya Sarapan Pagi Sehat

26 May 2015

 Di jaman modern saat ini, seringkali orang melupakan sarapan karena berbagai macam alasan. Padahal, beberapa tips hidup sehat  menganjurkan bahwa setiap orang setidaknya harus menyempatkan diri untuk makan pagi. Sarapan atau makan pagi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda. Namun, apa sih makanan sehat yang baik dikonsumsi pada saat sarapan pagi?

Nah, tips hidup sehat berikut akan mengajak Anda untuk mengenal menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Kriteria menu makan pagi yang sehat ialah kaya serat alami dan bernutrisi. Sarapan pagi yang sehat juga harus rendah gula, garam, dan lemak. Akan tetapi, masyarakat Indonesia sering menganggap bahwa menu sarapan pagi yang sehat harus yang mengandung banyak karbohidrat, seperti nasi atau roti. Padahal, menu tersebut rendah serat dan protein.

Memang tak ada salahnya jika sesekali mengonsumsi nasi atau roti sebagai menu sarapan pagi. Namun, jika Anda dapat mengkreasikan sarapan yang sehat dengan mudah, tentu akan lebih baik untuk Anda konsumsi. Bila Anda masih bingung untuk membuat menu sarapan sehat, berikut adalah beberapa rekomendasi tips hidup sehat untuk menu sarapan sehat yang dapat diolah dengan mudah:

- 1 potong roti gandum ditambah telur dadar dan potongan selada, timun, serta tomat
- Oatmeal dimasak dengan ¾ cangkir susu low-fat. Kemudian, beri topping irisan buah segar, seperti pisang atau stroberi, sebagai pelengkapnya.
- Smoothie sehat juga dapat menjadi pelengkap bagi menu sarapan sehat Anda. Siapkan 6 ons yoghurt rendah lemak, 1 cangkir buah-buahan segar dan ½ cangkir susu kedelai atau low-fat. Blend semua bahan tersebut hingga siap disajikan.

Tidak hanya sehat, menu sarapan pagi di atas juga mengandung nutrisi yang seimbang. Dengan menu sarapan sehat, Anda dapat menjalani rutinitas sehari-hari dengan lancar. Jadi, sesibuk apapun, sempatkanlah untuk selalu menyantap sarapan yang sehat.

 

 

Source:
medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=173765
webmd.com/food-recipes/features/healthy-breakfast-ideas-and-recipes
Diakses pada 15 Oktober 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *