Pentingnya Mengetahui Tanda-Tanda Penyakit Jantung

5 May 2015

Serangan jantung dapat terjadi apabila pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan darah ke jantung mengalami penyumbatan. Terganggunya aliran darah menuju jantung dapat merusak otot jantung dan akan berakibat fatal bila tidak segera ditangani dengan tepat. Maka dari itu, penting mengetahui tanda-tanda awal dari serangan jantung.

Apa sajakah tanda-tanda penyakit jantung? Sebenarnya, gejala serangan jantung yang terjadi pada setiap orang bisa berbeda-beda. Tingkat gejalanya pun bervariasi, dari ringan hingga berat. Beberapa tanda-tanda yang perlu diwaspadai antara lain:

  1. Nyeri di bagian dada tengah atau kiri
  2. Sesak nafas
  3. Rasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas, misalnya lengan, punggung, pundak, leher, atau bagian perut atas
  4. Berkeringat dingin
  5. Merasa sangat lelah selama berhari-hari tanpa adanya alasan yang jelas
  6. Mual dan muntah
  7. Lemas, pusing, atau sakit kepala

Semua gejala tersebut dapat muncul secara tiba-tiba dan berlanjut hingga beberapa hari. Gejala berupa rasa nyeri di bagian dada bisa bertahan hingga beberapa menit dan hilang, kemudian timbul lagi secara berulang. Semakin banyak gejala yang dialami, kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung pun lebih besar. Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gejala-gejala di atas, segeralah bertindak dengan menghubungi dokter. Semakin cepat ditangani, efek negatif yang mungkin timbul dari serangan jantung pun dapat ditekan.

 

References:
nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/heartattack/signs.html
mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-attack/basics/symptoms/con-20019520


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *