Penggemar Makanan Asin Wajib Baca Ini

13 April 2015

Makanan asin atau makanan yang mengandung garam memang perlu dibatasi konsumsinya. Sudah menjadi rahasia umum bila garam identik dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bagaimana sebenarnya hubungan garam dan hipertensi? Mari cari tahu kebenarannya.

 

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh bisa mengganggu kinerja ginjal yang pada akhirnya akan menyebabkan hipertensi. Hal ini karena ginjal yang sudah tidak berfungsi optimal tidak akan mampu membuang kelebihan garam di dalam tubuh sehingga menyebabkan volume darah meningkat. Saat volume darah meningkat, proses pengaliran darah ke seluruh tubuh yang dilakukan jantung menjadi lebih berat. Volume darah meningkat, tekanan ke pembuluh darah pun tentu menjadi lebih tinggi. Itulah alasan mengapa garam menjadi pantangan darah tinggi bagi penderitanya.

 

Tidak hanya makanan dengan rasa asin yang pekat saja, makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari juga bisa saja mengandung garam yang berlebih. Solusinya adalah dengan membatasi penggunaan garam dalam makanan. Berikut adalah tips sehat untuk mencegah dan mengatasi hipertensi:

  1. Saat Anda berkunjung ke rumah makan, mintalah juru masak untuk mengurangi garam pada makanan yang Anda pesan.
  2. Jika Anda memasak makanan sendiri, mengatur jumlah konsumsi garam tentu akan lebih mudah.
  3. Kurangi konsumsi makanan siap saji seperti sosis, ikan kaleng, nugget yang umumnya mengandung kadar sodium yang berlebih.
  4. Kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi minuman beralkohol dan rokok jika Anda ingin terhindar dari risiko terkena hipertensi.

 

Bumbu dapur yang satu ini memang sangat diandalkan dalam urusan memperkaya rasa masakan. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan tentu tidak baik. Mengurangi asupan garam harian akan menjadi langkah awal yang baik bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sumber:

tropicanaslim.com/batasi-garam-cegah-hipertensi

tropicanaslim.com/all-you-need-to-know-about-hypertension

Diakses pada 13 Agustus 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *